Sabtu, 17 September 2016

Menyekolahkan Anak Terlalu Dini...


Baru-baru ini di grup lagi getol ngomongin soal anak-anak yang terlalu cepat dimasukkan sekolah, atau yang disuruh orangtuanya belajar berbagai macam hal padahal umur mereka masih sangat muda. Banyak yang memberi contoh dari anak-anak tetangga atau anak murid yang kami ajar.

Tapi nggak lama kemudian, gue menemukan gambar ini di facebook.


Lalu gue sadar, gue mungkin termasuk salah satu anak yang terlalu cepat masuk sekolah. Dulu sih nggak paham bahayanya. Pokoknya cuma pengin ikut kakak masuk SD aja, titik. Soalnya, di TK itu gue sering dibuli. Elah anak TK aja mainnya buli xD Nggak segitunya, sih. Gue cuma sering diisengin sama satu anak cewek yang brutal banget. Jadi, begitu gue yang di TK Kecil harus naik ke TK Besar dan melihat kenyataan kalau kakak gue yang di TK Besar lulus dan bakal pindah sekolah ke SD, gue langsung pengin ikutan pindah.

"Tapi kamu belum TK Besar..." kata nyokap gue waktu itu.

"Biariiin... Lagian di TK kan cuma main-main aja...Pokoknya aku mau masuk SD!" belagu banget gue waktu TK yak.

Sejujurnya orangtua gue nggak setuju gue masuk SD di umur empat tahun lewat beberapa bulan. Buset, lima tahun aja belum ada. Saat itu batas minimal masuk SD adalah 6 tahun. Dan kakak gue pas banget baru ulang tahun yang ke-6. Tapi entah dorongan dari mana, gue maksa banget mau masuk SD meski belum cukup umur.

Akhirnya nyokap gue pun membawa gue ke SD tempat kakak gue belajar. Niatannya sih supaya gue ditolak langsung sama kepala sekolahnya. Tapi yang terjadi adalah, gue nangis meraung-raung di depan kepala sekolah sambil guling-gulingan di lantai dan minta dia masukin gue ke SD. Bukan cuma nyokap gue yang pusing, tapi pak kepala sekolah ikutan pusing.

Akhirnya, kepala sekolah bilang gini, "kalau mau masuk SD, kamu harus bisa baca, lho. Kamu mau dites baca?"

Gue mengangguk.

Dan entah keajaiban dari mana, gue bisa baca soal yang dikasih kepala sekolah meski belum sempurna mungkin karena komik-komik dan majalah bobo yang numpuk di rumah. Padahal katanya itu akal-akalan dia doang supaya gue nggak masuk SD. Soalnya dulu untuk masuk SD nggak ada tes begituan. Semua murid baru mulai belajar baca "INI BUDI" dan "INI IBU BUDI" ya di kelas satu.

Akhirnya karena nggak punya alasan untuk menolak, gue pun boleh masuk SD kelas satu. Kakak gue waktu itu sempet bingung kenapa gue jadi seangkatan ama dia. Wahahaha. Untungnya kelas kami beda. Dia di kelas A dan gue di kelas B. Nyokap yang minta kepala sekolah supaya kami nggak berada di kelas yang sama.


Nah, begitu baca soal BLAST (Bored Lonely Angry Stress Tired), gue langsung keingetan kasus gue sendiri. Sebenernya, pernah nggak ya gue kena salah satu dampak negatif gara-gara sekolah kecepetan?

Seinget gue sih, gue lumayan nangkep pelajaran awal-awal di SD. Karena sebelum gue masuk SD, kepala sekolah bilang ke nyokap kalau gue boleh masuk dengan status 'percobaan'. Artinya, kalau gue nggak bisa ngikutin, ya gue harus keluar dari SD. Buset anak SD aja pake status percobaan segala. Tapi pada akhirnya gue nggak pernah dikeluarkan karena bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Mungkin, satu-satunya kemunduran belajar yang gue alami itu waktu kelas 3-4. Entah kenapa waktu itu gue blank banget. Rasanya mau belajar apa pun percuma. Denger penjelasan guru aja rasanya kayak masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Nilai gue pun anjlok. Ulangan beberapa kali dapet nilai nol yang berarti gue nggak ngerti sama sekali apa yang gue pelajarin. Nilai raport gue pun banyak yang merah. Rasanya bisa naik kelas aja udah beruntung.

Tapi untungnya, gue nggak tambah stress karena orangtua gue nggak pernah maksa gue dapet nilai bagus. Yang seangkatan sama gue pasti tau soal pemberlakuan UAN untuk lulus SMA (waktu itu nilai minimalnya 4,01) yang bikin murid-murid pada stress sampe pada ikut les tambahan, ngadain doa bersama sebelum UAN, sampe yang bela-belain bayar mahal demi kunci jawaban. Tapi waktu itu nyokap gue malah bilang "kalau misalnya kamu nggak lulus, nggak usah stress ya. Mama nggak marah, kok." Laah... kan aye bingung harus seneng ato sedih....

Ya pokoknya gitu, deh. Nyokap dari dulu emang nggak pernah maksa gue harus pinter apa, ikut les apa, pokoknya asal lulus sekolah aja, deh.... Wait--barusan gue nulis beliau juga nggak akan marah andai waktu itu gue nggak lulus SMA. orz

Ya intinya, nyokap nggak pernah membebani gue dengan tuntutan yang macem-macem. Semuanya terserah dan tergantung gue sendiri. Jadinya, waktu gue mogok belajar pas SD.... Dibilang mogok, nggak juga sih. Gue tetep belajar, tapi sama sekali nggak ada yang masuk. (Belajar yang gue maksud itu masuk sekolah dan bengong liatin guru jelasin dan nulis di papan tulis, ya. Gue jarang banget belajar di rumah, apalagi kalau deket-deket kasur).

Mungkin gara-gara itu juga abis itu gue membaik. Setelah kelas lima, gue hampir nggak punya masalah dalam pelajaran.

KECUALI KIMIA! DAN BIOLOGI! DAN FISIKA! DAN.... DAN....

AH SUDAHLAH....

Dari semua pelajaran itu emang kimia yang bikin gue rada traumatis, sih...
Abisnya pas masuk SMA dan diperkenalkan sama pelajaran yang namanya kimia, bu guru bilang begini di hari pertama kami belajar. "Kalian hapalkan tabel periodik ya. Minggu depan ibu tes..."

Bu guruuu... tabel periodik itu apaa? Kenapa harus diapalin? Kenapa bentuknya asimetris gini? Kenapa ada warna pink-kuning-ijo-biru? Kenapa banyak kode-kodenya? Kenapa banyak angka-angkanya? Kenapaaaa? Apa faedahnya buat hidup saya buuuuu?

Abis itu gue nggak pernah paham pelajaran kimia karena otak gue keburu bikin benteng duluan saking traumanya.

Yaudah ini kenapa melenceng jauh banget?

Intinya sih, mungkin gue pernah mengalami yang namanya BLAST itu, meskipun nggak dalam waktu yang lama. Dan untungnya berhasil diatasi dan udah nggak ada masalah lagi sampe sekarang. Buktinya sekarang gue tumbuh menjadi anak yang sehat dan ceria. Hahahaha :'D

Tapi gue setuju sama pendapat pakar psikologi kalau anak sebaiknya mulai sekolah di umur yang cukup, untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan timbul nantinya. Kalau ketemu anak yang ngeyel masuk sekolah belum pada waktunya kayak gue, perlu dipertimbangkan masak-masak anaknya beneran mampu apa nggak. Soalnya kasian juga kalau minatnya emang belajar tapi dihalangi. Nggak boleh terlalu dipaksa dan dituntut ini-itu. Intinya sih tiap anak beda-beda, makanya treatmentnya juga pasti beda-beda. Kayak rambut.... Aku? Jadi duta shampo lain? *lalu dilempar ke black hole*

Yaudah gitu aja...


5 komentar:

  1. NGAKAAAKKK. WKWKWK.
    AKU? KESULITAN BELAJAR? HAHAHAHA. IYAAAAA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katup mulut kau... belajar yang bener sanah~

      Hapus
  2. NGAKAAAKKK. WKWKWK.
    AKU? KESULITAN BELAJAR? HAHAHAHA. IYAAAAA

    BalasHapus
  3. Gue rasa sih ini masalah beda zaman. Entah kenapa gue ngerasa zaman sekarang tuh level kesetresan itu cepet banget masuk ke fase tinggi. Yah, gue hanya merasa, iya... hasil penerawangan mata batin gueh. -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena orangtuanya kan rata-rata udah sarjana, tentu banyak yang nuntut anaknya lebih tinggi dari itu. Akhirnya bikin tingkat stress lebih tinggi deh... Lo kebanyakan pake mata batin seh...

      Hapus