Minggu, 04 September 2016

Why I Stop Postcrossing

Dari dulu gue punya BANYAK BANGET hobi. Nah, salah satunya adalah berkirim surat dan kartu pos. Kesannya kampungan banget emang. Tapi sumpah, perasaan saat nerima kiriman surat atau kartu pos lengkap dengan perangkonya itu... sulit digambarkan. POKOKNYA BAHAGIA BANGET!

Hobi ini udah mulai sejak gue SD dan udah bisa nulis mulai dari gaya ceker ayam sampe gaya nulis sambung yang dulu dibilangnya nulis bagus. Dulu yang gak nulis sambung itu berarti nulis jelek. Padahal tulisan sambung gue lebih jelek daripada....ah sudahlah, kenapa jadi bahas tulisan?

Intinya, sejak bisa nulis, gue suka banget ngirim surat. Dulu sih yang jadi sasaran ya redaksi majalah bobo dan redaksi tabloid fantasia. Kalau bobo, biasanya gue nyari teman pena, dan nulis surat pembaca. Kalau fantasia, gue mengincar hadiah dengan ikutan kuis-kuisnya :) Semakin nambah umur, gue makin rajin nulis surat. Terutama sama temen-temen gue di Malang yang kayaknya sedih banget gue tinggal ke Jakarta (atau itu cuma perasaan gue doang). Saat itu belum jaman yang namanya email. SMS bisa sih, tapi gue belum dibeliin HP karena masih SMP dan saat itu HP masih mahal banget.

Hobi ini sempet berhenti begitu teknologi melesat begitu cepat. Gue udah pernah cerita sebelumnya betapa gue membenci kecepatan berkembangnya teknologi di sini. Bukan gue yang mau berhenti surat-suratan sebenernya. Tapi temen-temen gue yang masih mau surat-suratan lah yang mendadak hilang D: Sediiiiihh....

Sampai akhirnya gue nemu web bernama Postcrossing
Dan gue TERGILA-GILA!!

Sistem di web itu oke banget! Intinya setelah daftar, kita bisa request alamat random sampai 5 kali. Alamat random ini tersebar di seluruh dunia. Jadi dari Amerika, sampe Zimbabwe, ada! Terus, kita tinggal kirim kartu pos ke alamat yang dituju. Setelah kartu pos kita diterima sama pemilik alamat random itu, saatnya kita yang menunggu KEJUTAN. Orang lain dari negara yang entah di mana, akan mengirimkan kartu pos untuk kita. Dan kita nggak akan pernah bisa nebak akan dapet kartu pos dari siapa, dan negara mana. HOW EXCITING!!

Dan selama kurang lebih satu tahun, hati gue selalu berbunga-bunga tiap dapet kartu pos random di kotak pos gue. Kadang kartunya biasa aja, tapi tulisannya bagus. Kadang kartunya kece banget, tapi tulisannya acakadut. Tapi intinya, tiap kartu pos punya keunikannya sendiri. Dan mengingat kartu pos itu asli dan dikirim langsung dari negara yang berbeda-beda, selalu membuat gue merasa punya temen di negara itu dan dikasih hadiah langsung dari sana. Gimana gue nggak berbunga-bunga? :)

Bahkan gara-gara tuker-tukeran kartu pos ini, gue sampe temenan sama tukang posnya saking seringnya doi mampir ke rumah gue nganterin kartu pos. Gue juga temenan sama pak pos yang ada di kantor pos deket rumah.

Tapi hobi ini akhirnya harus berhenti gara-gara suatu hal. Bukan, bukan negara api yang menyerang...

Tapi karena harga BBM naik...

Harga perangko ikutan naik...

Awalnya sih masih nyoba-nyoba ngirim dengan perangko yang agak mahal sedikit dari biasanya. Kalau biasanya gue kasih perangko 5000-an semua, gue ganti jadi 7000. Sayangnya, lima kartu pos yang kebetulan harusnya dikirim ke Eropa itu akhirnya jadi bumerang. BALIK LAGI KE RUMAH GUE. *nangis*

Gue udah bayar perangko mahal-mahal dan itu kartu pos enggak ada yang sampe. Saking kecewanya, gue mencoba menenangkan diri dan nggak ngirim kartu pos untuk beberapa lama. Setelahnya, gue sempet dapet 1-2 kartu pos dari Thailand dan Belanda. Kartu pos itu cakep banget! Jadi, gue memutuskan untuk nggak berhenti gitu aja. Karena gue masih mau dapet kartu pos lain yang lebih cakep lagi.

TAPIIII...

Meski gue udah pakein perangko 10.000, kartu pos gue tetep balik ke rumah...
MAMAAAAAAAAA.....
Duit gue 70.000 buat beli kartu pos dan perangko semuanya sia-sia....

Ngeluarin segitu tiap kali ngirim 5 kartu pos itu nggak gampang. Bisa dibilang, ini hobi gue yang cukup nguras kantong, sih.

Dan akhirnya gue memutuskan untuk berhenti karena keuangan gue saat itu tidak memungkinkan (T____T) Maunya lanjut lagi kalau udah punya duit banyak. Tapi entahlah...

Selama Pos Indonesia sistemnya masih kacau begini, kayaknya nggak deh. Gue masih trauma. Paling sih ngirim surat ke Okaasan di Jepang aja. Sama ngirim ke beberapa temen di sana. Untungnya kalo ke Jepang baru gagal sekali (tetep aja ada gagalnya, dan ini gak balik ke alamat gue juga. KESEL!).

Barusan juga baca tulisan dari orang Slovakia yang pernah ke Indonesia dan protes karena tarif perangko untuk pengiriman kartu pos di tiap kantor pos beda-beda. Udah gitu ada tukang pos yang nggak tau tarif perangko, pula. Di webnya pun nggak ada tarif perangko yang pasti. Kan apa banget... (._____.)

Masalah-masalah ini belum termasuk paket yang terkadang dibuka seenaknya dan (kadang) diambil juga isinya.

Duh, semoga Pos Indonesia bisa lebih profesional lagi deh. Kalau masa itu tiba, mungkin gue bakal ikutan postcrossing lagi. Kangeeeeennn....

Di postingan ini ada foto-foto saat gue kebanjiran kartu pos di kotak pos tercinta gue...
http://chocobanana99.blogspot.co.id/2012/09/banjir-kartu-pos-dan-kotak-surat-buatan.html

5 komentar:

  1. Seruuuuu banget siiih. Kuh juga mauk ah~~

    BalasHapus
  2. Seruuuuu banget siiih. Kuh juga mauk ah~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruuuu, apalagi kalo dapet kartu pos random dari negara yang bener2 langka *____*

      Tapi ya itu... Hobi ini mahhal!!

      Hapus
    2. Mau juga dong dapet kartu pos ari elu na :v

      Hapus
    3. Hahahaha~ bayar dulu sini buat perangkonya. Udah dibilang naik tuh harga perangko +____+

      Hapus