Sabtu, 01 Juni 2013

Ikut Jokowi Blusukan, Capek!

Dua hari kemaren gue ketemu Jokowi, setelah minggu kemarennya ketemu Ahok. Kalo gue ngomong ke jurnalis lain pasti gue dicengin. Secara banyak yang udah liat Jokowi-Ahok tiap hari ampe bosen. Apalagi jurnalis yang ngetem di Balai Kota. Ya maklumilah, gue kan anak baru yang masih imut dan tanpa cela #cuih

Jadi, pertama kali gue ketemu Jokowi itu waktu dia bagiin Kartu Jakarta Sehat (KJS) di Puskesmas Pasar Rebo. Dan itu masyaallah... gue... keder. Baru dateng langsung dikerubungin ibu-ibu. Padahal salaman udah, poto udah, teteup aja pada nempel. Jurnalis yang pada pengen ngambil poto + rekaman jadi susah. Gue aja gak ambil rekaman sama sekali gara2 gak bisa mendekat. Padahal dulu gue dikenal tukang 'nyelip', apalagi waktu beli makanan di kantin. Gak gue sangka yang lain jauh lebi expert dari gue.

Ternyata, itu masih gak ada apa-apanya dibanding kedua kali gue ngintilin Jokowi. Tiba-tiba aja gue ditelpon temen kalo Jokowi mau blusukan ke Kampung Srikandi yang baru digusur minggu lalu. Berhubung itu di Jakarta Timur dan masih wilayah gue, pergilah gue kesana. Untung aja waktu ditelpon, gue gak jauh dari lokasi.

Singkat cerita, gue dan temen gue yang namanya Ali, langsung ke lokasi penggusuran itu. Waktu nyampe sana, ternyata Jokowi belum dateng. Udah ada beberapa wartawan wilayah Timur yang juga lagi nungguin. Gak lama kemudian, Jokowi dan para ajudannya pun dateng pake 2 mobil. Kita ngejar2 mobil yang mulai masuk gang. Abis itu Jokowi mulai keluar dan jalan di atas puing-puing penggusuran. Asal tau aja, puing-puing itu masih gede-gede banget. Secara yang digusur itu rumah gede-gede. Jalan di puing-puing itu gak gampang. Kayak ninja Hattori. Mendaki gunung lewati lembah.... Tapi, ajibnya, Jokowi tu jalannya cepet banget dengan muka masih lempeng. Sementara ajudannya yang lain aja jatuh bangun. Wartawan? jangan ditanya. Sama aja kayak ajudan Jokowi yang lain. Berjatuhan. Hahaha xD

Tiba-tiba aja, si Ali nyeletuk di samping gue.

"Jokowi suplemennya apa, sih? Jalannya cepet banget. Gue pengen coba deh suplemennya."

Gue ngakak.

Terus, kejadian itu malah iseng gue bikin berita karena gue pikir lucu aja :)

Eh, malah berita iseng-iseng gue itu yang jadi trending di web. berita lain tentang Jokowi blusukan yang langsung gue tulis mati-matian (sambil jalan ngintilin Jokowi. Yep, gue nulis berita sambil jalan, macem orang sms-an) view-nya malah gak gitu banyak.

Waktu gue tunjukin berita itu sambil terimakasih ke Ali (karena berkat dia berita gue trending), dia ngomel-ngomel. Katanya dia bukan komoditas berita. Ahahaha. Tapi sambil ngakak juga sih dia. Gak nyangka omongannya bakal jadi berita :p (Terimakasih sama gue lo, Li!) xDD

Ini beritanya : Jokowi Suplemennya Apa, Sih? 

Ini nih yang gue suka dari berita online. Gak cuma aktual, tapi juga menarik. Kalo berita media cetak kan ngedepanin "detail" dan rata-rata jadinya gak menarik. Karena emang khusus untuk orang yang cari "berita". Kalo media online, selain untuk berita, ada unsur hiburan juga yang nyelip. Meskipun, yah.... banyak berita simpang siur ketimbang media cetak.

Ngomong-ngomong, hampir semua postingan terakhir gue tentang kerjaan yak. Tapi susah juga sih, sebagai pekerja 6-1 (masuk 6 hari, libur 1 hari) yang gue lalui ya soal kerjaan. Gue malah bingung kalo disuru nulis hal lain untuk sekarang. Tapi gue bersyukur kok bisa jadi jurnalis xD tiap hari tantangannya beda. Meskipun kerjaannya sama aja, nulis juga. Rasanya tiap hari gue disuguhin kegiatan yang belum pernah gue rasain sebelumnya. Sebelumnya, gue gak bakal ngira cuma dalam waktu 2 bulan gue ngerasain nungguin depan kamar jenazah, ngeliat penggrebekan & penangkapan langsung, liat sidang, ngobrol sama pelaku kejahatan, ketemu orang-orang penting, ngejar-ngejar Jokowi-Ahok, melawan lautan manusia waktu demo dll dsb. Rasanya 2 bulan ini cepet, tapi lama banget.

Berhubung mulai hari ini gue resmi jadi jurnalis olahraga, mungkin gue gak bakal ngerasain debaran-debaran sial waktu gue ngeliput peristiwa. Paling parah, muka gue bakal kena bola salah sasaran (ato mungkin 'tepat'). Seenggaknya, kalo bikin salah waktu nulis berita olahraga, efeknya gak bakal sefatal kalo salah tulis di berita metro. Salah nulis jabatan aja bisa kena somasi -____-

Jadi, dengan ini gue menyatakan....

Dadah berita kriminaal!

Dadah kecelakaan lalu lintas!

Dadah para napi dan polisi!

Dan, selamat datang atlet-atlet keceeee!

:D :D :D :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar