Jumat, 21 Juni 2013

Follow Your Passion!! :D

Nah nah nah..... setelah akhirnya gue dapet istirahat abis turnamen Djarum Indonesia Open, gue mau nulis lagiiii!!! (Cuma libur sehari, sih) Emang nasip lah udah.

Itungannya berarti, sejak tanggal 1 Juni sampe sekarang tanggal 20, gue baru dapet libur 2 hari. Mabok? So pasti. Gimana enggak? Mulai dari persiapan, latihan sampe final DIO, gue selalu siap siaga. Terlebih waktu turnamennya sih. Gue standby dari jam 8 pagi sampe pertandingan selese. Babak kualifikasi sampe babak kedua itu ampe hampir tengah malem. Terpaksalah lagi-lagi gue nginep tempat Ruru (berhubung gue gak didanai hotel ye...) biar gak telat pagi-paginya.

Gue pikir, dengan jadi jurnalis olahraga, gue bakal bebas nonton pertandingan tepok bulu se Istora itu. Ternyata.....

Emang iya! Ahahahaha *digampar*

Sebenernya emang gitu, tapi sebagai jurnalis pan punya tanggung jawab. Ya harus nulis berita dooongg~ Nah, gimana bisa nulis kalo gue kerjaannya nonton doang? Jadi, kenyataan memang tak seindah yang gue bayangkan cukup indah sih (plin-plan banget sih elu, Na!). Ya intinya ada indahnya, ada enggaknya. Indahnya adalah, gue bisa mantengin muka atlet cuma beberapa senti dari muka gue jerawat gue keliatan, deh. Gak indahnya, abis wawancara, gue kudu ngebut nulis, balik lagi wawancara, nulis lagi, ke lapangan nonton bentar, balik lagi wawancara, nulis lagi (diulang ampe sekitar 20x sehari). Gimanalah gue bisa konsen nonton pertandingan? Ya paling yang bener2 seru aja sih (lempar semua kerjaan dan gue pergi ke lapangan buat nonton xD) kalo editor gue tau, gue bakal digampar.

Lulusan desk megapolitan yang paling maksimal gue nulis 7 berita sehari, sekarang di desk olahraga gue bisa nulis 13 berita dalam setengah hari. Ajib gak tuh? Itu setengah hari karena pertandingannya emang baru mulai jam 12 (pas kuarter final). Dari editor yang selalu nagih berita, sekarang dia minta gue berhenti nulis karena mabok ngeditnya. "Kamu nulis kayak kesetanan, istirahat sana," katanya lewat watsapp.

Berangkat jam 7, pulang jam 11. Nulis berita gak berenti-berenti dan mau wawancara kudu lari-lari dari lapangan ke media center. Kok gue masih idup ampe sekarang?

Ya karena ini passion gue :)

Gak kebayang deh akhirnya beneran bisa langsung berhubungan sama atlet-atlet yang super kece itu. Apalagi gue kerjanya nulis. Kerjaan yang selalu gue impikan dari dulu. Kalo dipikir-pikir, ada beberapa hal yang bikin gue ngerasa cocok banget sama kerjaan ini.

1. Dunia olahraga. Meskipun gue bukan atlet dan gak mungkin deh kayaknya jadi atlet kecuali atlet catur kalo gue mau, tapi gue suka banget liat olahraga. Meskipun gue paling suka tepok bulu & basket, gue juga suka nonton pertandingan olahraga yang lain (sayang aja gue belun pasang TV kabel, jadi gak bisa puas nontonnya). Dan sebenernya, bulu tangkis itu bikin gue gak pengen berhenti sebagai 'penggemar' doang. Bulu tangkis bikin gue pengen terjun langsung kesana, meski sekali lagi bukan sebagai atlet. Bulu tangkis bagi gue kayak gerbang masuk ke dunia jurnalistik olahraga. Kalo gue doyan bulu tangkisnya biasa-biasa aja, gak bakal kepikiran deh gue jadi jurnalis olahraga. Tapi gue doyannya udah melewati 'freak', sampe mantengin live score gara-gara gak ada siaran bahkan streamingan pertandingannya.

2. Nulis. Dari dulu gue emang suka nulis. Dan selalu berandai-andai dapet duit dari hasil tulisan gue. Awalnya gue sempet ragu, nulis? dibayar? Kayaknya susah nyari kerjaan begitu. Tapi ternyata ada, kok :) Gue juga bisa diterima di tempat yang sekarang karena gue punya dasar untuk nulis. Gue sering nulis. Dan waktu tes skill, hasil tulisan gue lolos. Jadilah gue satu-satunya pelamar yang masuk waktu itu. Meski, jurusan gue gak nyambung gitu....

3. Jam dan hari kerja. Waktu kerja jurnalis emang gak tentu dan super gak pasti. Kalo lagi sibuk, naujubilah. Kalo lagi gaada apa-apa, ya teteup cari-cari bahan. Kadang hari ini gue liputan pagi, besoknya bisa aja gue liputan sore. Kadang gue liputan sambil leha-leha, kadang kayak dikejar anjing. Kadang gue dapet libur, tapi tiba-tiba ada liputan dadakan, ya harus tetep pergi. Karena semuanya serba enggak pasti, mungkin banyak yang enggak bisa dengan tekanan kayak gini. Gue, sebaliknya. Gue enggak terlalu suka kerja yang monoton. Udah tau jadwalnya, jam 8 pagi sampe jam 5 sore. Kalo kayak gitu, biasanya gue super males. Karena gue udah tau jamnya, dan jadi kepikiran terus, harus siapin ini-itu sebelum masuk. Nah, kalo jam kerjanya gak pasti kayak gue sekarang, gue gak punya waktu buat mikirin harus nyiapin apa. Tinggal jalan ajalah udah. Apa yang terjadi nanti ya terjadilah. Jadinya, pikiran gue lebi sante dan gak cemas.

4. Jalan-jalan! Uhuy~ Pasti taulah kalo jurnalis itu pasti akan sering liputan kemana-mana. Kayak gue sekarang, status masih freelance, tapi ditugasin liputan ke Bali. Yeay! Gretong tentu sajaaaa~ Meskipun di Bali nanti gue kerja, tapi bisalah ya nikmatin hotel + pemandangannya juga :)  Gue berangkat besok pagi-pagi buta, dan sampe jam segini gue belun peking-peking gara-gara baju yang pengen gue bawa masih di jemuran semua, belon pada kering. Parah. Makanya nih gue niat begadang aja. Toh kalo gue tidur, pasti keblabasan. Entar ketinggalan pesawat lebih heboh lagi urusannya.

5. Bahasa Jepang gue gak sia-sia. Kata siapa ilmu bahasa Jepang gue sia-sia kalo jadi jurnalis? Enggak kok. Buktinya gue banyak dapet hasil wawancara dari atlet-atlet Jepang kemarin :) Bisa ngobrol sama wartawan Jepang lain juga. Gue rasa kemampuan bahasa asing untuk jurnalis itu mutlak. Bahasa Inggris wajib. Bahasa asing lain jadi nilai tambah. Andai gue juga bisa mandarin.....ato Danish......

Nah itu 5 hal yang gue suka jadi jurnalis olahraga. Gak enaknya tentu ada. Banyak juga malah. Tapi kalo dibandingin 5 hal itu, gak ada apa-apanya deeehh. Gaji? Buat gue gaji emang penting. Tapi gue bahkan berani bilang, gue rela gak digaji kalo kerjaan gue ngeliput pertandingan olahraga tapi makan tetep harus dibayarin dong ya. Passion emang nomer satu, tapi urusan perut juga nomer satu. Ahahahaha.

Biasanya, gue kerja tuh gampang bosen dan gak betah. Kecuali waktu ngajar bahasa Jepang. Karena itu sambilan dengan gaji gede tanpa resiko dan tantangan yang berarti (jadi gak gue anggep itu kerja, cuma sampingan aja). Kerjaan yang bener-bener gue lakuin adalah waktu jadi penerjemah. Gaji sebenernya guede banget, sayang gue gak 'klik' sama kerjaannya dan gue udah memutuskan untuk enggak nerusin kerjaan itu. Kecuali nanti ada yang nawarin sampingan nerjemahin komik/novel Jepang, gue masih minat :) Terjemah lisan? Aduh, enggak deh. Makasih.

Sekarang karena gue udah ngerasa pas banget sama kerjaan ini. Gue mau berusaha mati-matian disini. Biar gue bisa cepet dikontrak dan gaji gue naik :D Kerjaan menyenangkan, gaji oke, wew~ begitu baru nikmat :)

Jadi, intinya gue mau nulis apa tadi? Oh iya. FOLLOW YOUR PASSION, FELLAS! Biar gue cuma dapet libur 5 hari seminggu, gaji masih tergolong minim, tapi gue BAHAGIA.  
Gimana gue gak bahagia dapet nomer hapenya Oom Iyus sama Dedek Pras sekaligus??? Gimana gue gak bahagia diinget dan disapa sama Simon? Gimana gue gak bahagia disalamin dan disenyumin sama Oom Gita? (Sori, alesan yang ini emang super subjektip :p)

Dedek Pras dengan luka di dahi yang menawan.... #salahfokus Ehem... oke diulang. Dedek Pras yang berhasil merebut gelar Rookie of the Year berkat three point shotnya yang super duper bikin penonton merinding saking seringnya

Kakak Oki bareng Oom Iyus yang lagi menatap kamera gue! Ehem....lagi-lagi salah fokus. Oke, ini dua lagi jagoan three point shooternya ASPAC. Kalo kakak Oki berhasil bikin gue jatuh cinta dengan three point shoot yang seolah bikin waktu berhenti berjalan, oom Iyus berhasil bikin gue cinta basket Indonesia karena tipe permainannya yang super cepet dan rada slengean (bikin lawannya kesel dan ngelakuin pelanggaran, hahaha :D)

7 komentar:

  1. Anjriiiiiit!!
    Iri se-iri-irnyaaaaa....
    Sumpah, sumpaaah, gue iri parah!
    Betapa banyak kebahagian yang lo dapet naaaaa!
    Gue bener-bener pengen follow passion gue....
    tapi kadang gue gak yakin sama hal yang benar-benar menjadi passion gue.

    Tulisan lo bikin gue iri sekaligus semangat!
    Hoh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kelamaan gak yakin ntu lah yang kudu diilangin. Yakin dong ama diri sendiri maunya apa, baru diperjuangkan, hoho.

      Sengaja banget ya gue bikin orang iri xD Niatnya sih kasi semangat biar semua kerja sesuai keinginan, bukan tuntutan :p

      Hapus
  2. I.R.I.

    Tapi bener, Ru masih bingug.
    Passion: nulis. That's it. Tapi kalo nyante di rumah saya ga bisa nulis *ditabok* Tapi kerja pun akhir-akhir ini nggak bisa nulis. *sigh* And I'm bored....

    Saya masih mencari jalan keluar.. *angin berhembus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue rasa gapapa loh jadi editor sekaligus penulis. Gue tau kok elu bisa batesin yang mana 'terinspirasi' dan yang mana 'plagiat'. Dan kata2 mbak Yanti emang bener. Mending kerja sambil nulis. Kalo gue dari awal emang punya keinginan gitu, sekalian jadinya xD

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Nanaaaaaaa... Hisashiburiii.. sejak ga ada MP, gw jadi jarang baca tulisan2 inspiratif. Gw pindahnya ke WP sih. Ternyata lo di sini tohhh!

    Mantap bgt Na.. bahagia bgt sekarang! Alhamdulillah ya.. Gw jadi ikutan terpacu nih semangatnya. Kerasa banget MY PACE lo!!! Huahahaha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hisashiburiii *pelok cipok* iya nih, kapan terakhir kali kita ketemu? gue ampe lupa.

      Blog ini sebenernya udah lama. Cuma dulu gak keurus karna ada MP. Jadi gue pindah kemari aja daripada bikin lagi xD

      Hoho, iya doong... kapan lagi gue bisa nonton pertandingan sambil jalan2 gratis coba? :p

      Hapus