Jumat, 24 Mei 2013

Jurnalis Amatir Menjawab Pertanyaan Masyarakat (Halah)

Dari kemaren sebenernya gue pengen cerita dalem-dalemnya dunia jurnalisme. Tapi sayang liputan memakan waktu gue dan bikin gue gak bisa tidur nyenyak. Iyalah, sehari paling 5 jam doang.

Emang sih, gue belum lama jadi jurnalis. Gue belum tau banyak. Gue belum ngerasain pait-paitnya macem bentrok sama polisi atau nara sumber. Intinya, gue belum ada apa-apanya. Tapi gue teteup mau cerita. Ini udah jadi kebutuhan pribadi gue untuk nulis, sih.

Dulu, gue juga enggak mau jadi wartawan. Apalagi wartawan infotainment. Kerjaannya ngegosipin orang. Dan gue pikir, ngapain sih ngurusin kehidupan pribadinya public figure? Itu kan urusan mereka? Apalagi, wartawan sering banget disebelin sama orang-orang gara-gara super kepo nanya-nanya mulu. Gak liat situasi pula, orangnya masih trauma/sedih teteup aja ditanyain.

Sekarang (teteup gak mau jadi wartawan infotainment sih gue), gue udah tau cara kerja wartawan dan gue udah dapet jawaban dari pertanyaan-pertanyaan gue di masa lalu.

Banyak yang bilang, kok media ini subjektif banget, sih? Kok beritanya gini, sih? Kok berita enggak penting gini pake ditulis? Kok beritanya selalu berita buruuuk terus, kayak enggak ada berita bagus aja. Dan masih banyak kok, kok, kok lainnya.

Soal subjektif atau enggak, mungkin itu dari cara pandang masing-masing. Setiap orang bisa beda. Contohnya aja, dua pihak berseteru, tapi yang diberitain media cuma satu pihak aja. Subjektif? Belum tentu.

Ada kalanya emang cuma satu pihak (biasanya yang ngerasa yakin bener) yang mau diwawancarain sama media. Pihak satunya gak mau diwawancarain dan lebih memilih menghindar. Alasannya bisa macem-macem, mungkin takut salah ngomong atau memang ngerasa enggak perlu dukungan dari pemberitaan. Kalau udah begini, wartawan gak bisa berbuat banyak. Maksa pihak satunya untuk ngomong? Itu ngelanggah hak asasi mereka dong. Paling mentok, nyoba mancing-mancing biar dia ngomong. Tapi kalo gak mau ngomong juga, ya apa boleh buat. Kalo ini, gue pernah ngalamin. Tuh, kasusnya sengketa blok A Tanah Abang. Cuma satu pihak yang mau ngomong. Satunya lagi, begitu sidang dia langsung ngacir kabur ke mobil. Huh.

Ada lagi kasus dimana pihak yang satu ngedeketin media supaya berita dia gencar dan dapet dukungan masyarakat. Sedangkan pihak satunya enggak ambil pusing karena toh mereka enggak ngerasa salah. Nara sumber yang gencar nyari media ini kadang menguntungkan tapi juga menyebalkan. Menguntungkan karena, kita bisa dapet berita gratis, tanpa susah-susah ngejar nara sumber. Menyebalkannya? Ini narsum narsis amat setiap ngelakuin apa-apa minta diliput. Padahal penting juga kagak deh. Nah, yang ini juga gue pernah ngalamin. Gak mau gue sebut kasusnya ah. Nanti diteror gue ama pengacaranya.

Ada juga yang masih mempertanyakan berita-berita di media online yang semuanya kayak gosip emang. Mungkin banyak yang enggak tau, media online sama cetak itu bedanya jauuuh. Media online dituntut selalu cepet, sedangkan wartawan media cetak punya deadline yang jelas sebelum korannya naik cetak (biasanya sampe maghrib). Dituntut selalu cepat, gak semua media online punya waktu untuk konfirmasi, nanya pihak lain, supaya beritanya jelas. Sistemnya itu, satu berita langsung naik meskipun itu cuma gosip dari satu nara sumber. Setelah berita naik, wartawan punya napas untuk konfirmasi lagi ke pihak-pihak lain. Hasil konfirmasi dan verifikasi ini jadi berita lanjutan dari berita pertama. Untuk mencari kebenaran dari satu berita/kasus, pembaca memang harus jeli. Tugas wartawan hanya memberitakan omongan dari nara sumber (entah dia jujur apa enggak) tanpa bisa ngerubah omongan mereka. Kita kan netral dan cuma menyampaikan pendapat masing-masing pihak. Pembacalah yang nilai mana yang bener. Bedanya, kalo media online, biasanya, beda pihak beda berita. Untuk cetak, satu berita/kasus itu satu kolom, jadi minimal harus ada quote dari dua pihak disitu. Kadang ada yang bilang judulnya provokatif banget. Loh, enggak cuma berita, semua tulisan kalau judulnya datar, siapa yang mau baca? Judul emang sengaja dibuat begitu. Kalau mau nilai, bacalah ampe abis itu berita, baru nilai.

Soal kenapa berita itu banyakan yang negatif. Hmmm.... gak usah nutup mata deh. Selama ini emang berita negatif yang lebih banyak dibaca sama orang. Misalnya aja ada berita kecelakaan dan kejuaraan di satu tempat yang sama. Yang bakal lebih banyak dibaca pasti berita kecelakaan. Kenapa? Banyak alesannya. Yang pertama ya karena pengen tau. Kedua, pertanyaan yang timbul di otak kayak, siapa korbannya? gimana keadaan mereka? kok bisa sampe ada kecelakaan gitu? ada penanganan enggak? dan masih banyak lagi pertanyaan yang ada di benak pembaca yang harus dipuaskan sama pemberitaan dari wartawan.

Baca berita buruk, bukan berarti berpikiran buruk. Kita baca berita itu untuk menghindari terjadinya kejadian yang sama (terutama untuk diri sendiri). Alesan lain pasti ada, lah. Tapi kira-kira yang pengen gue bilang sih itu. Gue sendiri juga enggak suka nulis berita buruk. Tapi apa boleh buat. Permintaan untuk pemberitaan akan suatu peristiwa (biasanya berita buruk) itu selalu tinggi. Misalnya aja si A dapet kabar-kabar dari orang lain kalau besok ada demo deket kantor. Otomatis dia nyari2 beritanya, dong. Minimal, dia bisa tau jalan-jalan mana aja yang bisa dia lewatin untuk sampe ke kantor.

Untuk nanya-nanya sama korban yang masih trauma/sakit, maaf, kita TERPAKSA. Ya aselinya gue juga enggak tega harus nanya-nanya korban yang masih trauma gitu. Tapi setiap hari deadline menunggu. Apalagi kalo korlip (koordinator liputan) udah nyuruh ngeliput tentang itu. Mau gimana lagi? Berita pantauan doang (nulis keadaan sesuai yang diliat) tanpa ada pernyataan nara sumber, dianggap enggak valid. Minimal, kalo korban bener-bener enggak bisa ditanya, ya nanya sama keluarga/kerabatnya. Sekadar minta keterangan supaya wartawan enggak salah tulis berita. Kalo narsum enggak mau ngomong, terus wartawan nulis berita sesuai yang dia liat, eh tau2 narsumnya protes gara-gara pemberitaan salah, lah itu gara-gara siapa?

Masih banyak sebenernya yang mau gue tulis. Tapi lanjut kapan-kapan deh. Besok gue liputan pagi euy~

4 komentar:

  1. gue cuma bisa menghela nafas panjang... kehidupan jurnalis itu berat banget tantangannya. kalo gue sih kayaknya ga siap mental, Na. haha... gila aja.. itu orang yang masih trauma mau ga mau mesti diwawancarain. yang ada malah gue usir-usirin tuh jurnalis. :p
    ayo semangat terus buat liputannya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha xD emang bener, mentalnya kudu kuat buat jadi jurnalis. Pan nanya2 orang yg masi trauma juga ada caranya, biar dia gak tambah sedih :p

      Hapus
  2. Dan ada juga rahasia umum kalo media itu dipegang oleh...... (silakan isi sendiri)

    Hihihi...
    Semangat! Ayo belajar baca peta, Na! Biar ga nyasar2 mulu =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iyak. gue lupa banget faktor yang atu itu, ahahahaha xD abisnya sebenernya masi banyak yang pengen ditulis. tapi capek orz

      Hapus