Minggu, 12 Mei 2013

Salah Satu Pilihan Terberat Dalam Hidup Gue.....

Harusnya gue nulis postingan ini dari pagi atau siang lah paling enggak. Taunya abis baca novel yang bikin gue penasaran pengen terus baca sampe selese, gue ngantuk. Dan rasanya halo hari Minggu ini enggak gue manfaatin buat tidur sepuasnya, bakal sia-sia banget. Karena gue gak tau deh kapan bisa tidur dengan nyaman dan pules lagi.

Oke, jadi ceritanya sekarang gue dihadapkan dengan dua pilihan sulit. Yah, seperti yang pernah gue bilang. B itu banyak membuka kesempatan buat masa depannya. Bingungnya pikirin nanti. Dan gue sekarang lagi bingung..... atas kemungkinan-kemungkinan yang gue ciptakan sendiri.

Sejak seminggu lalu gue udah ikut tes di media lain untuk jadi reporter olahraga. Daan.... ternyata sepertinya berjalan baik. Gue tinggal melalui satu tes lagi, yaitu tes langsung kerja selama 3 hari disana. Berhubung untuk masuk kerja 3 hari itu gue gak mungkin bolos dari media yang sekarang, gue langsung berniat resign dari media tempat gue kerja. Tempat dimana gue masih kerja sebagai wartawan megapolitan yang super naujubilah tantangannya berat banget. Ya gue tanpa segan-segan langsung mengajukan resign dong ke editor gue. Secara emang dari awal gue pengennya kerja di desk olahraga.

Nah, masalah mulai muncul saat gue dipanggil redaktur sehari setelah gue ngajuin resign ke editor. Gue dateng ke kantor, dan oom redaktur pun cerita ke gue kalo sebenernya gue emang pengen dipindah ke desk olahraga. Nah lo. Tapi.... dia emang harus naro gue di megapolitan dulu. Katanya biar tau medan, biar sering keliling-keliling, biar kenal beberapa orang penting yang mungkin nantinya bisa membantu. Katanya gue paling hanya akan ditempatin di megapolitan sekitar 2-3 bulan, sebelum dipindah. Saat itu juga gue langsung bimbang. Karena oom redaktur sempet nyinggung-nyinggung soal tim liputan untuk Indonesia Open nanti. Butuh 4 orang tim yang solid, katanya. Dan rencananya gue emang mau dimasukkin tim itu.

Dem. Ngeliput Indonesia Open secara langsung itu emang impian gue sejak lama! Istilah kasaranya, "I would do anything for that!". Redaktur gue tau banget gimana harus ngiming-imingin gue. Belum lagi ngeliput langsung ke KONI atau pelatnas. Gimana gue gak tergiur?

Jadilah redaktur ngasih gue waktu sekitar 3 hari untuk pikir-pikir lagi. Mau tetep pindah atau tetep di tempat sekarang, bertahan sebentar lagi di megapolitan  sebelum pindah ke desk olahraga. Waktunya cuma sampe besok, Senen. Dan gue sebenernya masih agak bimbang.

Yang jadi pertimbangan gue sebenernya cuma satu. Jam kerja. Kalau di media yang baru, gue cuma akan kerja selama 8 jam sehari. Di luar itu enggak. Karena dia dibagi 3 shift sehari, masing-masing 8 jam. Meskipun gajinya sama kayak yang sekarang, gue masih bisa cari sambilan kerja lain seperti yang biasa gue lakukan dulu. Ngajar atau nerjemah. Sedangkan, di kantor gue yang sekarang, jam kerjanya itu tak terprediksi dan bisa dibilang, super gila. Gue bisa liputan mulai dari jam 9 pagi sampe jam 9 malem, kadang juga lebih. Belum lagi stress kalo pergi ke satu tempat tanpa hasil berita yang bisa ditulis. Sehari gue bisa pindah tempat sampe 3 kali. Dan yang paling parah. Jujur aja, gue muak berhubungan dengan berita kriminal dan politik. Gue gak suka nulis berita kriminal. Gue..... gak suka nulis berita buruk (yang berarti gue juga harus dicoret dari desk entertainment).

Sedangkan, masalah di media yang baru, gue belun ada kepastian untuk ngeliput bulu tangkis secara langsung. Karena mereka cerita kalo reporter olahraga lebih sering di kantor dan nerjemahin berita dari luar negeri, jadi emang dicari yang pinter bahasa inggrisnya. Masalah lainnya, kontraknya setahun, bok.

Sebelumnya, kalo gue ditanya, "Mau gak, ngeliput Indonesia Open, tapi sebelumnya harus jadi wartawan megapolitan dulu 3 bulan?". Gue pasti tanpa mikir langsung jawab "Mau". Sekarang gue udah tau kerjanya di megapolitan kayak apa. Sampe saat-saat terakhir sebelum gue minta resign aja gue harus bela-belain ke ruang jenazahnya RS Polri, minta keterangan soal jenazah terduga teroris yang ditembak mati. Adeuhhh....kenapa sih RS Polri mesti ada di Jakarta Timur? Kenapa sih Jakarta Timur itu tingkat kriminalitasnya paling tinggi? Kenapaaaaaaa??? Berkat pengalaman yang tidak menyenangkan itu, gue jadi tau bau mayat kayak gimana. Dan sumpah, gak bisa digambarin dengan kata-kata. Pasar yang paling kotor aja kalah baunya sama itu. Padahal gue gak pengen jadi dokter kayak cita-cita kecil anak-anak lain karena ditakut-takutin harus dikurung di kamar mayat. Eh, sekarang gue harus ngadepin juga. Takdir, memang.....

Oleh karena itulah (ceilah) gue gak bisa bilang iya lagi dengan mudah. Kalaupun nanti gue akhirnya memutuskan untuk tetep di kantor yang sekarang, itu pasti dengan banyak pertimbangan, curhat sana-sini, guling-guling, berdoa selesai shalat, gak tidur biar gak cepet-cepet ganti hari dan sebagainya.....Tapi ngomong-ngomong sekarang aja gue udah ngantuk (=_=). Gue emang bukan tipe orang yang bisa disuruh mikir lama-lama.

Berhubung gak asik kalo di postingan itu gak ada foto/gambarnya, ini gue pajang kucing baru gue. Nama sementaranya bunny a.k.a. kelinci karena dia hobi lompat-lompat macam kelinci, bahkan lebih parah dari kelinci. Nama officialnya belun ada karena pada males mikir bukan karena mau dijadiin makanan darurat yang sengaja gak dikasih nama biar gak ada hubungan emosi, kok. Biarpun foto dan postingannya gak nyambung, gapapa dah, daripada harus gue kasih foto mayat terduga teroris. Ngeri amat.

1 komentar:

  1. Si Kelinci super hiperaktif! Hahahaha... Asli Na, itu kucing masukin sirkus aja sekalian!
    Eh, kok jadi ngomen yang itu? Hihihi...

    Okaay, jadi sekarang udah bikin keputusan ya. Good luck! Semoga sukseeeees!

    BalasHapus