Rabu, 15 Mei 2013

Disangka Preman? Oh. God. Why.

Hari ini adalah pengalaman pertama gue ngeliput olahraga. Oh please, kalo gue bisa cuma ngomongin itu pasti bahagia banget rasanya. Sayang, abis konferensi pers tentang triathlon di cafe yang super nyaman, gue harus tetap bertolak ke Timur buat ngeliput berita kriminal dan peristiwa.

Sejak pulang dari liputan di cafe itu, segala sesuatunya memburuk. Gue seharusnya liputan di Pintu Air Cawang. Tapi setiap orang yang gue tanya, GAK ADA YANG TAU PINTU AIR CAWANG! Gue pikir, oke, gue harus ngerubah cara gue nanya jalan. Gue punya satu klu lagi yaitu info bahwa pintu air cawang itu deket lampu merah Jatinegara. Gue pikir bakal cepet nemu tempatnya, ternyata dugaan gue super duper meleset. Hampir semua orang yang gue tanya pintu air cawang selalu nunjukin ke arah cawang, tapi pas gue nanya lagi lampu merah jatinegara, mereka ngasih tau arah sebaliknya. Ya ke arah Jatinegara.... Selama satu jam lebih gue muter-muter Cawang-Jatinegara sampe akhirnya nyasar ke Manggarai dan berakhir di Matraman. Mendadak gue pengen pingsan.

Selanjutnya, temen gue yang nyuruh gue duluan ke TKP dan dia mau nyusul, TERNYATA NYAMPE DULUAN! Kampret! Dia cuma sekali jalan dan langsung nemu. Dunia ini memang tidak adil.....

Okelah, sekarang harusnya perjalanan jadi lebih gampang kalo ada yang udah di TKP. Ternyata eh ternyata, walaupun dia udah ngasih petunjuk jalan, GUE MASIH NYASAR DONG! Astagfirullah..... Mana sekali salah jalan, muternya jauh banget. Mana susah banget nyari orang yang sangat ngebantu pas ditanya jalan. Temen gue bilang dia di Polsek Jatinegara. Sedangkan saat itu gue emang udah di Jatinegara, deket Polres Jakarta Timur. Gue nanya orang, dijawabnya selalu ke arah Polres, bukan Polsek. Kenapa? Karena Polsek Jatinegara adanya di Cawang. CAWANG! MEN! Atas dasar apa mereka namain itu Polsek jadi Jatinegara padahal dia ada di Cawang???

Barulah gue akhirnya bisa sampe itu polsek pas udah di Cawang dan nanya Polsek "Terdekat" dari situ. Soalnya kalo gue nanya Polsek Jatinegara, orang-orang akan nyuruh gue kembali ke Jatinegara dan kembali ketemu Polres Jaktim. Mereka taunya Polsek Jatinegara itu "Polsek Cawang". Nah, kan!

Gue yang seharusnya bisa nyampe sana jam 12, baru nyampe jam 3. Berkat hal tersebutlah gue puyeng dan keder setengah mati. Nulis berita jadi gak nyambung, manggil editor gue yang cewek jadi "Mas", disuruh kirim ulang berita guenya lupa, dan lain sebagainya.....

Sekitar Jam 5, gue dan temen gue udah bertolak kembali ke Kampung Rambutan karena katanya ada razia preman. Saat nyampe, razianya udah selesai dan katanya yang dijaring dibawa ke Polsek Ciracas. Berhubung saat itu temen gue dapet tugas lain dari redaktur, dia enggak bisa ke Polsek Ciracas. Jadilah kita bagi tugas. Gue yang ke Polsek Ciracas, dia ke Kampung Makasar nggarap berita lain.

Di Polsek Ciracas inilah kejadian tak menyenangkan kembali mengusik kehidupan gue yang tentram dan damai (apaan....)

Awalnya gue bengong-bengong depan Polsek sambil lirik-lirik nyari wartawan lain yang mau liputan juga. Abis itu, ada dua ibu-ibu di samping gue yang ngobrol. Satu ibu ternyata lagi nungguin anaknya yang kejaring razia, satu lagi kayaknya emang orang polsek, entah petugas atau apa. Nguping obrolan mereka, ternyata orang-orang yang katanya preman itu masih didata di dalem. Jadilah gue memberanikan diri minta izin liputan ke dalem. Untung langsung dibolehin.

Di atas, gue gak liat ada preman. Yang ada cuma remaja-remaja cungkring, bapak-bapak yang gak jelas kerjaannya apa, sama anak-anak cowok yang kayaknya pengamen jalanan. Mana premannya? Emang sih mereka ada yang tatoan. Tapi kalo disebut preman kayaknya..... kurang serem. Gue akhirnya duduk-duduk sambil nungguin humas polisinya keluar dan ngasih keterangan. Waktu lagi asik bengong, tiba-tiba ada salah satu dari mereka pinjem pulpen ke gue buat ngisi data. Ya gue kasih lah.... Mereka disuruh ngisi data berupa ciri-ciri tubuh masing-masing. Tiba-tiba, cowok itu nanya ke gue, "Tinggi saya berapa ya, mbak?"

Heh?

Gue heran sesaat sebelum akhirnya gue bilang "Tulis aja gak tau, belum diitung."

Dan dia nulis sesuai apa yang gue bilang.....


....

....

Gue gatau harus ngomong apa.

Belon selesai gue bengong, ada lagi temennya yang nanya sama gue, "Kena dimana, mbak?"

Otak gue meloading itu pertanyaan selama beberapa detik.

1,2,3,4..... Hah?

MASA TAMPANG IMUT DAN INOSEN MACAM GUE INI DISANGKA IKUT DICIDUK POLISI BARENG SAMA MEREKA????

Somfret!

Sambil nahan emosi, gue bilang gue bukannya kena razia. Eh, terus mas-mas yang tadi pinjem pulpen gue nyeletuk, "Ooo... pantes gak nulis data, gak kena razia toh?"

Sekali lagi. Somfret!!


Udahlah gue langsung nanya-nanya polisi yang ada disitu dan langsung keluar. Pulang-pulang gue bakal mandi pake baby oil biar tambah baby face.

Pas keluar, gue ketemu ibu-ibu tadi yang masih nungguin anaknya. Gue bilang aja mereka bakal dibolehin pulang hari itu juga selesai di data. Si ibu langsung lega. Abis itu, gue tanya-tanya sama dia. Selain karena emang kepo, lumayan lah buat gue bikin satu berita lagi. Selesai ngobrol, si ibu nanya ke gue.

"Mbak jangan-jangan wartawan, ya?"

Gue diem. Kok si ibu ini bisa tau? Padahal kartu persnya gue sengaja sembunyiin dalem jaket.

Abis itu dia bilang, "Tampang mbak pinter sih, ada wibawa gitu. Beda sama orang-orang lain. Keliatan lah mbak kalo orang yang pinter mah,"
Abis itu gue pulang dengan tampang yang enggak bete-bete amat. Seumur-umur baru kali ini muka gue dibilang keliatan pinter. Padahal biasanya dibilang muka bantal (nempel langsung molor).

6 komentar:

  1. Aduuuuh, Nanaaa... Bikin pengen ngakak parah nih bacanya. Wakakakakakakakakakakak.. *nulis yang panjang, berhubung aslinya nggak bisa ngakak karena lagi di kantor*

    *pats* Dunia memang kejam, Sista.. Tapi aneh juga itu preman ngira kau kena razia juga, padahal kau pake jilbab gitu. Trus, emang ada preman cewek yang kerazia juga di situ? Wakakakak.. Nana..Nana... Makanya besok-besok pake baju yang pink-pink trus rok ya :p

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ya, dunia ini memang kejam.... kasian gue yang buta peta....

    Gue pake jaket pink yang biasa itu looooo~ Kurang cewek apa lagi gueee??? Ada sih satu ibu-ibu disitu, tapi dia dipanggil jadi saksi doang.

    BalasHapus
  4. bwakakkakakkak
    *ngakak guling2*
    *kejedot tembok*

    Betewe gue mau nanya ya? Kenapa lo bisa NYASAR terus sihhh???
    Mengkhawatirkan banget sih lo!!! -__-

    BalasHapus
  5. hihihihihiiii... *ketawa ala kunti pagi2*
    nana... maaf ya, ga ada maksud buat tertawa di atas penderitaan org lain kok. tp sumfah gigi ana mpe kering ga bisa mingkem.
    muahahahaaa...


    ud beberapa hari jadi silent reader semenjak nemu blog pisang cokelat ini, akhirnya bisa komen juga. aaahh.. indahnya... *nariuburubur*

    ps: kangensamanana (apasihgue :p)

    BalasHapus
  6. @zu : Gue udah jarang nyasar.... cuma ke tempat yang belun pernah gue datengin ajeee -__-

    pidut : aku juga kangeeeennn~ :DD gapapa silent reader, asal komen #lah

    BalasHapus