Kamis, 02 Mei 2013

Liputan di Bundaran HI dan Masih Suebel Sama Demo Buruh

Kemaren gue merasakan enaknya kerja floating. Floating tuh dimana gue harus ngeliput langsung di lapangan, bukan ngepos di suatu tempat.

Buat yang gatau, kemaren gue ngeliput demo buruh di Bundaran HI. Sebenernya dibilang enak juga enggak sih. Lebih tepat dibilang, menderita! (lah, kontras amat). Pokoknya sejak berangkat sampe di Bunderan HI sono ditagih berita macem-macem, gue super menderita! Untungnya ada hal yang bikin gue bisa pulang ke rumah dengan senyum yang merekah bak bunga di pagi hari (anjir! geli mampus). Iya gue emang menderita, tapi seenggaknya gue gak menderita sendirian. Itulah yang bikin gue bahagie. Iyes pren, happiness is simple (mulai besok gue siap jadi motivator).

Mungkin bisa gue jelaskan penderitaan gue dalam satu paragraf penuh. Karna gue gak mau buang-buang space cuma nyeritain penderitaan gue. Kayak gue belon cukup dicela orang aje.

Pertama gue dateng ke Bundaran HI tanpa motor dan ternyata macet parah, gue terlambat standby di sana. Dateng-dateng udah rame dan gue udah dikejar deadline, whatsapp dan berbagai peer dari redaktur terus berdatangan tak kenal ampun. Saat berita beres dan foto siap kirim, ternyata sinyal internet ilang (karena kbanyakan orang ato emang provider gue yg bapuk, gatau). Gue stress karna udah mesti laporan byk tapi gak bs ngirim apapun. Belon lagi itu aslinya demo buruh bikin gue gedek.Mereka nuntut 8 jam kerja, 8 jam istirahat dan 8 jam rekreasi dalam sehari. MENURUT LOOO? Terus kalo buruh kerjaanya seenak itu, gue apa dong? Kerja rodi? Bener kata temen gue. Wartawan itu buruh tinta. Dan yang paling mengesalkan adalah, 2 berita (hard news) yang gue tulis susah-susah, GAK KESIMPEN! Dan gue harus nulis ulang. Otomatis jadinya telat....jadi gak hard news lagi.....Amsyong emang.

Ramenya kayak gini coba? Gimana gue gak stress disana?
 Untungnya, gue gak sendiri. Dan beberapa wartawan disana (kebanyakan baru kenal) juga mengalami masalah yang sama.Sama-sama keilangan sinyal, sama-sama mencaci buruh yang demo, sama-sama disuruh macem-macem sama redaktur dan sama-sama keilangan berita yang udah ditulis karena kecelakaan. Karna menderita bersama, gue jadi lega. Ahahaha :D

Abis maghrib kita sama-sama menghentikan liputan. Iya, kepengaruh buruh yang minta kerja 8 jam doang. Kita langsung ngafe di salah satu cafe bergaya betawi (nama cafe disamarkan meskipun kayaknya ketauan juga) dan cuma pesen es teh manis, kopi susu, ada satu yang pesen rawon sih, dan menggebrak-gebrak meja cafe saking kebanyakan ketawa.

Dari situ juga gue denger langsung cerita-cerita soal wartawan bodrex dan jale. Sebelumnya sih gue pernah denger. Wartawan bodrex tuh wartawan yang nerima uang (jale) dari nara sumber untuk bikin berita yang menguntungkan si narsum itu. Biasanya sih yang jale-nya kenceng itu di bagian ekonomi & politik. Kayak gak tau aje, politisi-politisi yang mau numpang nama di berita.

Kita sama-sama ngecengin temen gue yang kerja di salah satu media berbahasa Inggris di Jakarta (taulah ya) kalo dia mah gampang pastinya nolak jale, karena gajinya kan pake dolar. Wahahaha xD

Oh iya, gue balik lagi nyinggung buruh. Gini deh ya oom tante yang jadi buruh dan nuntut macem-macem. Situ kerja aja gak terlalu make otak kayak kita-kita. Jam kerjanya juga gak kayak kita-kita (yang kalo diperlukan harus 24 jam siap siaga). Libur juga jelas, sedangkan kita liputan ya super gak pasti juga waktunya. Ya kalo gue sih dari dulu sudah bersahabat sama ketidakpastian (tsaah). Gajinya? Meenn.... Gaji buruh itu sekarang udah 2,2 juta! Dan katanya ada yang sampe 3 juta! Lah.... masih pake protes pula. Kalo mau sejahtera ya jangan jadi buruh atuh. Nabung..... terus uangnya buat wirausaha ato apa kek. Bedanya, meskipun buruh tinta macam kita-kita ini gajinya gak seberapa, kita mah gak ada yang protes-protes banget. Soalnya ini tentang passion sih. Nah, mana ada sih yang passionnya mau jadi buruh? Itu doang sih bedanya.

Oh iya, ada salah satu temen gue kemaren yang ternyata juga mau jadi jurnalis olahraga kayak gue. Cowok. Eyalah. Sampai saat ini gue belun nemu cewek yang mau jadi jurnalis olahraga. Pokoknya, apapun rubriknya, sebenernya jadi jurnalis itu menyenangkan dan banyak juga untungnya. Kemaren gue hampir kena tilang, tapi tiba-tiba polisinya jadi baik begitu gue bilang lagi buru-buru mau liputan ke daerah Karet dan gak tau jalan. Ahahahaha. Terus temen gue bilang kalo gue terlalu 'membagus-baguskan' kerjaan jurnalis. Yaa.... gue kan lagi berusaha membahagiakan diri sendiri biar gak sengsara-sengsara amat. Dia bilang, dia cuma ngingetin biar gue gak terbang ketinggian dan ngomongin realita. Oke. Secara keseluruhan, jadi wartawan itu memang menyengsarakan sih (balik lagi deh).

Tapi, rasanya tuh kayak gue balik lagi ke jaman sekolah. Sekolah itu gak enak, tapi lo tetep seneng dateng ke sekolah karena temen-temen. Gue juga gitu. Bedanya, gak setiap hari gue bisa ketemu temen wartawan yang sama. Tiap hari gue bisa kenal orang yang berbeda.

Kemaren ada momen-momen dimana jalan di Bundaran HI ditutup dan kita bisa bebas foto-foto di jalan. Asek juga. Jadi gue sebar ah fotonya dimari, hehehehe. Semoga temen-temen gue gak keberatan fotonya ikut dipajang. Tapi kalo liat sifatnya yang pada narsis akut sih kayaknya oke-oke aja.  

Lega banget beneran ini, sama sekali gak ada kendaraan lewat. Kapan lagi bisa poto begini, ahahaha

2 komentar:

  1. Asyik yee...

    Kenalin temen-temenmu dong~ Hahaha...
    Anyway, gimana kalo kita ketemuan minimal dua minggu sekali jam pulang kantor. Melepas stress sambil tuker-tukeran buku bacaan (udah pada dibaca belom buku-buku yang mau Ru pinjem?). Kayaknya saiah masih sulit semingguan kerja tanpa maen keluar... .__.

    BalasHapus
  2. Antara asyik dan sengsara, Ru XD

    Sini gue kenalin.... tapi rata-rata cowok semua :p

    Eh, Hari ini mau ketemuan kaga? Mumpung gue libur. Lo di watsappin ga bales2

    BalasHapus