Kamis, 28 Maret 2013

Apa Sekarang Sudah Selangkah Lebih Dekat?

Mungkin gue udah cerita ke beberapa orang soal ini. Tapi kayaknya seru juga kalo gue cerita lagi di blog.

GUE DITERIMA JADI JURNALIS DI KOMPAS GRAMEDIA, BOK!

Gue kira impian gue yang satu ini beneran bakal jadi sekedar mimpi. Kenapa? Karena dari setiap lowongan jurnalis yang gue temuin, syaratnya selalu harus lulusan jurnalis atau minimal punya pengalaman dalam bidang jurnalisme minimal 1 tahun. Lah gimana caranya gue bisa lolos kalo gitu? Secara gue lulusan bahasa Jepang, pengalaman kerja juga yang berhubungan sama bahasa Jepang semua. Ada sih yang enggak, jadi guru les matematika & bahasa Inggris. Lebih enggak nyambung lagi. Nah, kalo gue kuliah lagi, kelamaan dong tante..... keburu tua.

Eh, waktu iseng-iseng liat lowongan, ternyata Kompas Gramedia buka lowongan untuk freelance journalist dengan syarat yang gak terlalu berat dan minimal punya minat di bidang jurnalisme. Langsung lah gue poles CV & bikin portofolio sebelum ngelamar kesana. Terus, gue duduk di bawah jendela yang menghadap ke laut dan berharap sambil menatap matahari tenggelam. Ini rumah siapa yang gue manfaatin?

Beberapa hari berharap, gue sempet ketemuan sama Nad di Jobs Fair. Dan pas gue tanya, alamat email yang dipake buat apply lamaran ngaruh apa enggak, dia dengan lempengnya kalo itu ngaruh banget. Bendungan! (Dam!) Gue ngirim pake imel gue yang sepanjang jalan kenangan >> choco.banana.99@gmail.com

Karna gue gak pengen keliatan bodoh, gue bilang aja sama Nad "Yah, kalo perusahaannya gak bisa terima alamat email selain nama asli si pelamar, berarti perusahaan itu gak terima yang namanya kreatifitas. Gue gak mau masuk ke perusahaan yang terlalu kaku." Anjiir.... belagu banget gue. Tapi yasudah, kalo emang begitu adanya, bisa ngomong apa gue? Itu kan kebijakan perusahaan masing-masing. Sebenernya, selain ke Kompas Gramedia, gue juga ngelamar ke beberapa perusahaan lain, tapi ternyata yang manggil gue untuk wawancara cuma Kompas Gramedia, dan posisi freelance journalist adalah posisi yang paling gue harapkan.

Gak nyangka gue lolos semua tesnya selang 2 hari setelah psikotest & skill test. Padahal punya ilmu-ilmu teori tentang jurnalistik aja enggak. Gue cuma berharap dari hasil tulisan yang  gue bikin hasil dari banyak baca koran dan berita-berita.

Dulu, jurnalistik bukan tujuan gue. Tapi ada seseorang yang berpengaruh besar dalam hidup gue sampe bisa ngebelokin bidang ilmu yang gue jalanin dari bahasa Jepang jadi jurnalistik. Orang itu adalah.... JENG JENG JENG


Ada yang gak tau makhluk kece ini? Aduh, kurang gahol sekali.....
SIMON SANTOSO, meeeennn..... pada kemana aja?

Dan apa hubungannya koko Simon sama cita-cita gue jadi jurnalis? Hemm.... kalo diitung-itung udah lebih dari 8 tahun gue ngepens ama koko Simon. Sejak dia masih 19 taun dan dianggep culun sama orang-orang lain. Sempet dihina juga sama beberapa pens betminten gara-gara saat penentuan di ajang Thomas Cup dia malah kalah. Tapi dibalik itu semua Simon itu pemain paling lempeng dan gak emosian yang pernah gue liat. Sampe sejauh inipun gue belun ngejelasin hubungannya, yah? Oke, mari fokus. Jadi, berhubung gue ngepens udah lama dan cuma pernah salaman, SEKALI (itu juga pas dia kalah tanding), gue langsung memikirkan cara gimana supaya bisa ketemu dia face-to-face dan minimal, ngobrol gitu.....Jadi atlit juga itu udah out of questions banget. Kalo gue punya bakat main betminten, udah dari dulu gue daftar ke pelatnas.

Jadilah gue berpikir untuk jadi jurnalis bulutangkis. Kayak beberapa orang jurnalis bulutangkis di twitter yang selalu bikin gue iri berat karena mereka bisa ikut para atlet tepok bulu itu kemanapun mereka pergi turnamen. Mau gue, sekalian ngeliput, sekalian gue cari tau soal bulu tangkis lebih dalem supaya nantinya bisa gue pake buat referensi nulis gitu. Kan ahseek book!

Masalahnya adalah, jadi jurnalis tepok bulu itu gak gampang, apalagi kalo emang dasarnya bukan dari bidang itu. Nah, gue berpikir, kalo gue bisa jadi jurnalis dulu deh minimal, nantinya gue bisa minta ke bagian olahraga. Meskipun masih umum, tetep bisalah harusnya ngeliput soal badminton. Demi koko Simon lah ini semua....

(sebenernya ini tulisan udah ngendon lama di draft, tapi gak gue posting2 -_- dan baru diposting sekarang. Agak telat seh sebenernya.... tapi berhubung koko Simon unyuu, jadi tetep gue post. Apa hubungannya?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar