Selasa, 02 April 2013

Hari Pertama Jadi Jurnalis

Waktu itu bulan Desember gue pernah posting di blog tentang pengalaman pertama jadi penerjemah. Sekarang, gue mau cerita pengalaman pertama gue jadi jurnalis/wartawan di media resmi. Super random sekali memang hidup gue. Entah kapan itu gue pernah posting juga pengalaman jadi pengajar Matematika & Bahasa Inggris meski status gue masih mahasiswa. Bahasa Jepang pula. Keinget deh muka bengong murid-murid yang memandang gue dengan tatapan gak percaya. Mungkin mereka mikir gue terlalu pinter ato emang absurd dan gak kompeten.

Ah, sudahlah, kenapa gue jadi ngomongin itu?

Karena ada yang minta gue cerita hari pertama gue jadi jurnalis gimana, ya gue cerita deh. Anyway, kantor gue minta alamat blog gue juga waktu itu. Kalo sampe ini blog dibaca, dipecat gak ya gue?

....

Gue ngomong yang baik-baik aja deh kalo gitu.

Jadi, pertama kali gue dateng ke kantor di Palmerah, gue dikenalin sama salah satu editor dan dia langsung minta gue untuk nyusul satu wartawan lain di Polda Jaksel, depan Semanggi setelah tanya-tanya dikit soal kerjaan wartawan. Katanya sih, gue gak perlu tiap hari ke kantor juga. Kalo harus ngumpulin absen (2 minggu sekali) atau pas lagi pengen aja datengnya. Wets. Nikmat sekali. Tapi ternyata enggak juga. Gue emang gak disuruh ke kantor tiap hari, tapi dari keterangan si Robert, wartawan yang jadi mentor gue (halah, mentor. Bahagia dunia akherat pasti dia kalo tau gue nulis begini di blog *dihajar*) ternyata biasanya wartawan yang ditugasin di rubrik Megapolitan kerjaannya emang ngendon di Polda. Nungguin rilis berita dan wawancara langsung sama orang yang jalanin pemeriksaan di Polda. Gak perlu di kantor, tapi di Polda. Lebih ngeri ini ceritanya.

Oh iya, untuk pakaian sama sepatunya sih gue seneng banget. Soalnya terserah, yang penting sopan. Senyamannya aja. Waktu hari pertama sih gue tetep jaga-jaga, pake kemeja rapih, meskipun sepatunya kets putih (buat ngeliput seh, masa gue pake pantopel ber-hak?). Etapi sodara-sodara, ternyata di kantornya aja, orang-orang super santai. Banyak yang pake heels, kaos, yah pokoknya sesukanya deh! Tapi kalo di kantor sih pada rapih-rapih. Kalo para wartawan yang pada ngendon di Polda ya gak rapih-rapih amat. Yang penting nyaman aja. Banyak banget yang bener-bener pake jins+kaos+kets doang.

Soal pakaian dan sepatu emang enak, tapi soal kerjaan..... Gak usah ditanya. Capek. Karena semuanya berangkat dari ketidakpastian. Kita nulis ya nunggu rilis berita. Kalo lagi banyak rilis berita di Polda sih kerjaan jadi gampang. Lah kalo lagi gak ada rilis apa-apa gimana? Itu dia masalahnya. Wartawan tetep dituntut kirim berita. Jadi kita harus nyari berita itu sendiri. Ini dia nih yang kayaknya agak susah untuk wartawan pemula kayak gue. Secara untuk dapet informasi itu gak gampang. Lo harus punya banyak koneksi, terutama koneksi ke orang-orang penting. Dan itu kan gak gampang. Fuuu..... gue masih harus banyak belajar....dan banyak nambah koneksi.

Soal nulis beritanya sih buat gue gak terlalu masalah. Gue udah baca beberapa buku teorinya. Dan lumayan sering baca berita juga. Paling di hari pertama itu gue belajar format penulisan dari kantor, baru mulai nulis. Tapi pas berita yang gue tulis terbit di internet, ternyata lumayan banyak editan juga orz

Agak nyesek ya emang udah mikir keras buat nulis yang bagus terus dieditnya banyak banget. Tapi, yah apa mo dikata. Gue kan masih belajar. Jadi, dari berita-berita yang gue tulis, gue bandingin sama hasil editannya dan gue belajar mana yang salah dan gimana biasanya gaya penulisan berita.

Yang jadi masalah banget buat gue waktu pertama kali ngeliput adalah.... karena gue gak apdet berita. Apalagi gue masih ditempatin di Megapolitan (wartawan pemula rata-rata ditempatin di megapolitan) jadi berita-beritanya adalah berita kriminal yang masuk ke Polda atau politik dan semacamnya. Jadi, waktu ngeliput salah satu kasus pelecehan seksual di SMA, gue keder. Karna berita ini berita lanjutan. Kasusnya udah dari bulan lalu, dan kemaren itu ngeliput perkembangannya. Jadi, super bengong lah gue. Gak ikutan tanya-tanya kayak wartawan lain. Sementara gue ikut dengerin sambil nyatet aja. Terus, gue nulis laporan beritanya jadi agak lama karna gue harus mempelajari dulu kasusnya dari awal. Super sekali lah. Dan gak cuma satu kasus ini. Beberapa kasus yang lain juga rata-rata kasus lanjutan. (PS Di hari kedua gue jadi terlalu apdet gara-gara berita yang sama cuma diulang-ulang di tipi ato wartawan yang ngomongin).

Soal temen-temennya, sampai hari kedua gue cuma kenal beberapa orang. Itu juga belun bisa ngobrol akrab, karena sama-sama sibuk. Dan gue agak susah nyari celahnya, karena ini bener-bener dunia baru buat gue. Gue masih gatau mau ngomongin apa sama yang lain.

Gue bener-bener menantikan hari dimana gue bakal beneran jadi jurnalis tepok bulu (olahraga deh, minimal!)

2 komentar:

  1. Hai Nana...salam kenal yaa...baca blogmu jadi bikin aku terkenang2 sama masa2 aku jadi jurnalis di detikcom dulu..nongkrong di polda, mabes..sampe akhirnya dapet pos di DPR hahaha... tapi sekarang aku udah nggak di media lagi sih, meski masih suka kangen juga sama suasananya... semoga impianmu jadi jurnalis tepok bulu bisa segera tercapai ya :) semangaaat!

    BalasHapus
  2. Halo astrid, salam kenal juga :) Oh, dari detik.com. Disini juga ada nih dari detik, tapi lupa namanya XD Emang sekarang dimana? Kok berhenti dari media?

    Amiiinnn~ semoga beneran bisa cepet jadi jurnalis tepok bulu :)

    BalasHapus