Jumat, 22 Maret 2013

Book Review - Negeri van Oranje

Aduh.... gue lupa apa aja data-data buat ngeresensi buku. Kalo di blog yang lama sih udah ada fasilitas sendiri khusus buat resensi buku, sayang di blogspot gak ada (´・_・`)
Baiklah, saatnya nyontek kalo gini caranya mah.

Judul : Negeri van Oranje
Author : Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana
Genre : Komedi, Romance, Historical
Rating : Pokoknya masih untuk manusia


Iya gue tau gue telat banget baru review buku ini sekarang padahal terbitnya udah dari 2009. Berapa tahun yang lalu tuh? 4 tahun yang lalu? Ya maklum, 4 tahun yang lalu gue masih dalam cangkang jejepangan, belum belandaan. Ini Endonesa udah merdeka dari kapan tau tapi kok gue terkesan masih terjajah gini sih? Kenapa gue sukanya justru sama dua negara penjajah itu yak? Harusnya gue sukanya negara-negara keren macam UK atau apalah gitu....Eh, dia juga pernah ngejajah kita yak? Ah, sudahlah gak usah dipikirkan. Toh kecintaan gue pada negara Endonesa ini masih teteup nomer 1 (ღ˘⌣˘ღ) Lagian, kalopun gue suka sama orang Jepang ato Belanda, gue suka orang yang cinta sama Endonesa-ku. Ahahaha, ujung-ujungnya Endonesah jugalah! (。・ω・。)ノ♡

Dan ini kapan masuk ke review bukunya deh?

Jadi buku ini menceritakan tentang petualangan 5 sahabat di negeri kincir demi cita-cita mereka masing-masing. Lintang, Geri, Wicak, Daus dan Banjar, kelima sahabat itu harus menghadapi berbagai macam rintangan sebelum akhirnya masing-masing dari mereka meraih gelar master di 5 universitas berbeda di Belanda. Dari yang awalnya mengalami culture shock sampai akhirnya malah keasyikan di negeri kincir ini. Hubungan persahabatan yang kocak, cinta yang njelimet membuat buku yang penuh dengan tips & trik tinggal di Belanda ini semakin oke. Menurut gue sih buku ini emang lengkap banget. Bukan cuma tips&trik untuk mahasiswa beasiswa yang bakal studi disana aja, sejarah dan budaya dari daerah-daerah utama di Belanda juga dibahas, dan yang paling penting, cara ngebahasnya itu lewat cerita, jadi lebih enak untuk dinikmati. 

Gue sih gak bakal cerita secara keseluruhan (yah namanya juga resensi, kalo semua namanya copas), kalo mau tau mending beli, terus dibaca deh pelan-pelan. Aseli. Pelan-pelan aja bacanya. Gue ini termasuk pembaca super cepat, tapi khusus buku ini gue bacanya pelan-pelan. Pengen dihayati sampe sedalam-dalamnya. Soalnya rasanya sayaaaang banget kalo cepet selesai. Buat yang tertarik sama kebudayaan Belanda, atau tertarik sama Indonesia di mata Belanda (kayak gue) buku ini oke banget lah buat bacaan.

Menurut gue, yang paling menyentuh dari buku ini itu waktu mereka akhirnya di wisuda. Gue enggak ngerasa ada yang spesial waktu gue wisudaan S1 karna bayar wisudanya mahal gila dan itu gue bayar pake duit sendiri. Nyesek. Gue malah ngerasa lebih spesial saat skripsi gue dinyatakan lulus dengan nilai A. Karena perjuangan gue buat nulis skripsi itu gak kira-kira. Duit, otak, waktu tidur, waktu main, waktu mandi dan sebagainya dan sebagainya. Gembel banget lah gue waktu ngerjain skripsi. Tapi, ngebaca perjuangan mereka berlima nyelesein thesis di Belanda, itu 2 ato 3 kali lebih susah dan butuh pengorbanan yang gak tanggung-tanggung demi dapet pengakuan dari profesor masing-masing. Gue sampe nangis terharu waktu baca saat-saat wisudaan itu. Gue juga pengen kayak mereka. Masalahnya, kira-kira, bisa gak ya gue kayak mereka? Tujuan gue universitas Groningen.....atau Leiden (gara-gara baca di buku itu kalo jurusan linguistik disana oke dan perpusnya super lengkap). Tapi sebelum gue bisa kesana, gue harus berjuang dulu untuk ngumpulin duit dan ikut ujian IELTS yang super mahal. Berjuang untuk dapetin nilai diatas 6.5 dan berjuang untuk memperebutkan beasiswa jurusan linguistik (atau jurnalistik). Masih banyak banget yang harus gue pikirin sebelum gue mikirin gimana supaya dapet gelar master disana nanti. Fiuuu~ perjalanan masih panjang. Untung gue forever young, forever twenty *tebar kembang tujuh rupa*   

Cita-cita gue bisa bahasa Jepang udah tercapai. Dapet beasiswa ke Jepang juga udah. Jadi penerjemah juga udah kesampaian meskipun belum dapet kesempatan jadi penerjemah komik/novel. Sekarang gapapa dong gue punya cita-cita baru dan berjuang keras demi itu. Gue gak puas cuma bisa bahasa Jepang doang. Gue pengen tau semua bahasa di dunia makanya gue ngebet banget pengen masuk linguistik. Dan kenapa gue milih pengen di Belanda, ya karena disana masih banyak hal-hal berbau Indonesia, dan gue suka itu (。♥‿♥。) ikatan selama 350 tahun kan bukan jenis ikatan yang gampang dilupakan (ngomong apa sih lo, Na!).

Oh iya, berhubung gue baru kenalan sama seseorang bernama Jane dan dia bilang blog gue yang masih sepi komen ini bagus, postingan di blog ini buat dia yang maniak Oranje. Dank je wel, Jane (。・ω・。)ノ♡ (bisa kebetulan gini pas gue mau posting soal buku ini)

Kapan blog gue bisa rame yah, anyway.....
Buat yang nge-blogspot juga, kasih-kasih link yaa~ lumayan buat nambahin temen di blog :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar