Sabtu, 09 Maret 2013

Bahasa Indonesia. Gampang? Susah? Atau tingkat kesulitan tak terdeteksi?

Okey. Jadi gue mau cerita tentang kegiatan gue akhir-akhir ini. Berhubung gue lagi getol-getolnya belajar bahasa Belanda, gue mencari teman yang bisa ngajarin gue bahasa Belanda. Baiklah, mungkin kalo bukan guru bahasa Belanda gak bakal bisa ngajar secara sistematis dari yang paling mudah sampe yang tingkat dewa. Tapi paling enggak, gue nyari temen yang bisa ngasih tau gue mana yang bener dan mana yang salah. Kalo dia mau jelasin secara detil, bakal lebih tertolong lagi deh, gue.

Karena kenal banyak orang, gue jadi kenal orang-orang yang mau dan lagi belajar bahasa Indonesia juga. Berhubung gue seneng bereksplorasi di bidang bahasa (bahasa kerennya, linguistik), gue tentu saja dengan senang hati berbagi ilmu ke mereka. Tapi, ternyata emang ngajar bahasa (apapun itu) gak bakal semulus jalan Pantura (mulus gak ya, itu? Pantura dimana sih, btw?). Banyak hal-hal tentang bahasa Indonesia yang mereka tanya dan gue juga bingung harus jawab apaan. Antara speechles dan pusing, campur aduk.

Padahal gue kira bahasa Indonesia itu gampang, karena gak banyak pake partikel dan polanya juga gak susah-susah amat. Ternyata.....@!%#@^!#@%$#^*&(*^

Coba deh jawab pertanyaan tentang bahasa Indonesia dari orang-orang di bawah ini....

1. Orang Indonesia sering menggunakan angka di tengah-tengah tulisan. Sebenarnya apa maksud angka-angka tersebut?

Nah, mau jawab apa coba? Mau bilang, ooh.... itu tuh bahasanya anak alay, gak usah diikutin. Terus nanti dia bakal nanya lagi, anak alay itu apaan, gimana cara nulis kayak gitu, dan gimana mereka bisa saling mengerti komunikasi sesamanya. Wah, panjang urusan. Nah, kalo dijawab beneran? Misalnya i=1, s=5, g=9, a=4 ?? Wah ini lebih panjang lagi urusannya. Antara dia bakal nganggep semua orang Indonesia alay atau terlalu kreatif. Meskipun kemungkinan kedua mustahil banget, sih. Pokoknya, jawab pertanyaan kayak gini itu serba salah. Gak dijawab juga tambah salah. Imej orang Indonesia dipertaruhkan disini.

Yang gue heran adalah. Kenapa orang ini nanya tentang begituan? Kenapa Dia harus liat tulisan yang dicampur aduk sama angka? Kenapa orang Indonesia masih ada yang kejebak masa-masa alay? Misteri ilahi....
WHY......JUST, WHY?

2. Saya sudah lama belajar bahasa Indonesia, tapi saya sama sekali tidak mengerti jika mendengar orang Indonesia berbicara.


Mampus. Ini gimana jawabnya coba? Kalo dipikir secara logika, emang bener banget. Orang yang cuma bisa bahasa formal Indonesia, gak bakal ngerti bahasa sehari-hari yang kita pake. Coba dibandingin aja....

Formal : Apa yang kamu bicarakan?
Sehari-hari : Kamu ngomongin apa, sih?

Kalo orang asing dikasih pelajaran kayak gini. Yakin reaksi mereka pertama kali pasti.....

DAFUQ WITH THIS LANGUAGE!

Ya, mau gimana lagi? Gue tanya deh sekarang, ada enggak sih yang sehari-harinya bener-bener pake bahasa formal? Gue yakin, enggak. Kalaupun ada, pasti di dalemnya tetep keselip bahasa sehari-hari. Minimal, intonasinya. Misalnya "sampai" jadi "sampe", "benar" jadi "bener" dst, dsb. Susah untuk ngilangin pengaruh bahasa sehari-hari itu. Dan ingat, ini masih bahasa sehari-hari, loh. Belum masuk ke tingkatan yang lebih dewa, BAHASA GAUL!

Iya, bahasa Indonesia itu sebenernya emang random banget. Ngomongnya sesuka-suka masing-masing orang. Dan karena udah terbiasa, kita jadi terlatih untuk mengira-ngira omongan orang meskipun bahasa yang dipake orang itu kacau balau. Bukan cuma di keseharian aja, bahkan dalam tulisan pun bahasa Indonesia sudah terbagi dengan sendirinya. Pernah ikutan lomba menulis blog, karya ilmiah atau semacamnya? Biasanya ada beberapa jenis syarat penulisan yang diajukan oleh penyelenggara lomba, seperti berikut:

1. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Nah, ini maksudnya bahasa baku atau formal. Bener-bener gak boleh ada campur tangan bahasa sehari-hari atau bahasa gaul.

2. Boleh menggunakan bahasa populer
Ini maksudnya bahasa sehari-hari atau boleh juga pakai bahasa gaul dalam taraf yang bisa diterima manusia (tetep bukan bahasa gaul ala alay).

3. Boleh ditulis menggunakan bahasa sendiri
Kalo yang ini..... panitianya bego. Istilah 'bahasa sendiri' itu terlalu RANDOM. Hei, siapa tau ada alien yang ikutan lomba dan mereka nulis dalam bahasa Mars =_=

See? Bahkan untuk Lomba Menulis aja, bahasanya ditentuin duluan supaya yang ikutan lomba gak salah kaprah waktu nulis.

Belum lagi, masalah bahasa gaul yang berkembang terlalu pesat di Indonesia. Kayaknya orang-orang Indonesia ini terlalu gaul sampe-sampe cara berbahasa aja tiap taun beda gaya. Istilah-istilah yang sering kita gunakan sehari-hari pun terus berganti. Gue sebutin contohnya deh....

A: Liat, baju pesta gue. Gimana?
B: Cakep.
A: Tapi kayaknya kurang pas deh.... Roknya kepanjangan....Agak longgar di bagian perut tapi sempit di bagian dada.....Tangan gue juga jadi gak bebas bergerak.....
B: Yaudah sih!

Istilah 'yaudah sih' ini kayaknya dulu gak pernah ada. Yang ada itu 'yaudahlah'. Dan dua istilah ini, meskipun maknanya gak beda jauh.... tetep aja kesannya beda.Yang satu lebih kayak menenangkan atau terkesan pasrah, sedangkan yang satu lagi sarkastik. Tapi, namanya juga bahasa gaul seenak-enaknya, istilah ini bisa dipake macem-macem. Contohnya....

A: Lo kok gitu banget sama gueee.....
B: Yaudah sih!

Yaudah sih ya kalo lo emang gak mau. Gue gak maksa.

Kesannya, istilah ini hanya digunakan untuk menyudahi pembicaraan tanpa alasan yang berarti.

Contoh lain lagi.....

Yakali libur dua hari tugasnya segunung gini....

Ini gak jelas banget acara jadi apa enggak. Yakali dicancel kayak waktu itu.

Yakali bisa ngafalin dalam waktu sehari, seminggu aja belum tentu.

Cewek manis itu paling susah dilupain sama cowok. Yakali.

Nah, liat deh tuh contoh di atas. Penggunaannya beda-beda dan seenaknya, tapi samhaw kita ngerti maksudnya apa. Nah sekarang, gimana kalo lo harus jelasin beginian ke orang asing? Ya mati.

Pokoknya masih banyak banget pertanyaan-pertanyaan tentang bahasa Indonesia yang diajukan dan kita (sebagai orang Indonesia) belum tentu bisa jawab. Gue gak bilang kalo bahasa lain gak punya bahasa sehari-hari atau bahasa gaul. Gue yakin setiap bahasa pasti ada. Tapi, gue belum pernah nemu bahasa lain yang antara bahasa tulisan dan percakapan bedanya bagai langit dan bumi kayak bahasa Indonesia. Sampe-sampe, kalo ngomong ke orang lain yang belajar bahasa Indonesia, kita harus maksain diri pake bahasa formal (meskipun tedengar sangat aneh) supaya orang itu ngerti kita ngomong apa.

Intinya, bahasa Indonesia itu gampang-gampang susah, karena bahasanya super random, apalagi bahasa percakapannya (untuk bahasa tulisan aja banyak banget pengecualian meskipun tetep ada aturannya). Dengan berinteraksi sama orang-orang yang belajar bahasa Indonesia, gue jadi makin tertarik untuk belajar linguistik dan menyelami bahasa gue sendiri, bahasa Indonesia, dengan lebih mendalam. Supaya, nantinya gue bisa ngasih penjelasan tentang bahasa Indonesia ke temen-temen baru gue dengan lebih detil dan gampang dicerna, hehe. 

Postingan blog gue kali ini ringan tapi berat (maksutnyah?). Yah, maklumlah.... maniak bahasa.... Hal-hal kayak gini menarik banget buat gue :)

5 komentar:

  1. Kamu lucu banget sih huahahahahhaha betewe salam kenal dan salam bloggers ya :D saya liat blog dan tulisan kamu di BigBlogExchange! yuk saling vote :D http://www.bigblogexchange.org/blog/256002

    main juga ke blog saya yaaaa kemalife.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Waah, makasih komennya :D
    Salam kenal juga, Kemal :)

    Udah vote blog ku?
    Nanti ku vote blog mu juga, hehe

    BalasHapus
  3. mungkin alasan-alasan kenapa gue tertarik dengan blog ini adalah salah satu kesamaan si Nana dan Jane adalah sama-sama Random girl... hahahahahah... btw elo tinggal di Jakarta Timur jugak? whattt a coincidence :p

    BalasHapus
  4. Elu super random juga? Welcome to the random world!! *joget*

    Yup, daerah Pasar Rebo. Emang lo dimana?

    BalasHapus
  5. Tidak hanya bahasa indonesia. Bahasa inggris pun punya bahasa alay. Kalo gak percaya coba deh mainin plant vs zombie. Contoh:
    Night jadi Nite.
    Love jadi Luv.
    You jadi U.

    Bahkan bahasa yg saya pelajari yaitu bahasa jepang, memiliki 3 tingkatan. Bahasa sangat sopan, bahasa resmi/sopan dan bahasa gaul.
    Orang jepang pun juga alay., contoh:
    39 = Sankyuu. Artinya Terima kasih.
    4679 = Yoroshiku. Artinya bisa macam2. Sama-sama, maaf merepotkan, dll.

    BalasHapus