Minggu, 07 November 2010

Mau sehat itu susah dan mahal

Internet saya baru saja kembali (dengan berbagai usaha) dan tiba2 kepikiran untuk nulis ini, berkat beberapa kejadian yang bikin saya agak pilih2 makanan dan minuman. padahal dulu, enggak segini nya....

mulai dari mana ya?

mungkin pertama kali, soal ini.

1. sambel
saya yakin kebanyakan suka make sambel buat makan, pasti. Gak termasuk saya tentunya. Alhamdulillah dari kecil emang ga doyan pedes XD dimulai dari tayangan TV yang membeberkan cara membuat saos sambel yang biasanya disajikan hampir di semua tempat makan menengah ke bawah. Jujur saya langsung lega pas liat tayangan itu.... untung aja nggak pernah pake sambel gituan... beberapa temen saya sih ada yang berhenti abis liat tayangan itu. tapi banyak juga yang toh tetep cuek, karena mereka nggak merasakan dampaknya secara langsung.

2. gorengan
setelah denger dari berbagai sumber yang melihat secara langsung cara abang-abang gorengan ini membuat dagangannya, saya enggak pernah lagi mau beli gorengan sembarangan. Pernah denger kan masalah minyak panas yang ditambah plastik (kresek ato botol minuman) supaya gorengannya tetap garing sampe lama?
Akhirnya saya cuma berani beli gorengan di abang2 langganan depan rumah yang jelas2 ga pake macem2 (udah di cek sendiri sama kaka saya yang kurang kerjaan XD). yah, kalo kepaksa, laper banget maksudnya, dan yang ada cuma jajanan itu, ya shouganai ^^; akhirnya makan juga, hehe.

berkurang satu list jajanan gue....

3. tahu, tempe
tahu yang pake pengawet, dan tempe yang pake pewarna kain. Ckckck, sampe tempe aja harus pake pewarna. Dan emang bener, tempe itu dikasih pewarna kuning sedikit, supaya enggak keliatan kalo sebenernya itu dibuat dari kacang kedelai berkualitas jelek.

4. minuman yang berwarna warni
nggak usah disebut kali ya.... mungkin waktu itu ada yang pernah dapet sms nya. tentang beberapa merek minuman yang dianjurkan untuk jangan dikonsumsi karena pengawetnya yang berlebihan. Ini lagi ngomongin minuman seceng-an dengan berbagai rasa, termasuk juga minuman berbentuk jelly.

sebelumnya saya masih minum minuman ini, meski enggak sering2 banget. secara depan rumah itu warung, mau nyolong gampang banget. tapi sejak itu, stop, sama sekali, saya enggak minum begituan dan berganti nyolong yang laen.... yaitu.... TEH.

5. teh kemasan
sebenernya teh itu gampang dibuat, tapi entah kenapa merk teh kemasan itu banyak banget, karena pembeli nya juga banyak. Ini juga sasaran colongan saya kalo lagi aus di rumah dan males bikin teh. entah itu teh kemasan berbetuk gelas, kotak, ato bahkan yang botol sekalipun, ternyata....

pernah ngeliat teh yang menggumpal??
sebelumnya saya enggak pernah, makanya kaget pas liat sendiri. salah satu teh dengan kemasan botol beling (dan mereknya cukup terkenal), ternyata bisa menggumpal. dan gumpalannya enggak tanggung2, sebesar koin 100-an yang lama (yang biasa buat kerokan). ngeliat kayak gitu, otomatis udah enggak ada yang mau coba. waktu itu... kirain cuma teh botol aja... ternyata, kemasan yang lain juga kayak gitu.

saya gak sengaja minum teh gelas, entah kenapa rasanya... bitter? (gimana tuh bahasa indonesianya?) terlalu aneh, teh basi juga kayaknya enggak segitunya deh. pas dibuka kemasannya, ternyata tehnya emang menggumpal.

oke, coret semua teh kemasan dari sasaran colongan

berkat informasi2 diatas... saya enggak bisa nyolong apapun dari warung sendiri, kecuali air mineral dingin ==;
oke, kadang2 emang nyolong po*ari de el el (minuman yang harganya diatas 5rb)
tapi kalo nyolong tiap hari, bisa dilempar kulkas sama nyokap ^^;

sebenernya masih banyak makanan & minuman yang memang enggak bagus untuk kesehatan....
tapi, saya mau makan apa kalo semuanya enggak boleh? TAT

ini aja udah cukup membuat saya menderita...

makan di jalanan (terutama yang murah), khawatir dimacem-macemin....
makanan yang udah bermerek pun ternyata belun tentu aman... (ada yang udah liat video M*D?)

intinya, sehat itu memang mahal~ jadi, jaga kesehatan terus ya ^^
ah, gaje banget ni postingan....
maklum malem2 #gangaruhjugakale

6 komentar:

  1. nggg susah sih iya, tapi soal mahal kayaknya gak dah...

    BalasHapus
  2. Klo sambel gw lebi demen sambel ulek drpd yg uda jadi2 ky gt xDD

    Ktauan ni org pasti abis nntn siaran tv yg ngebahas penjual2 nakal yaa xD *dsepak*

    BalasHapus
  3. mending mahal sedikit yg penting ga berbahaya buat kesehatan...hohoho

    BalasHapus
  4. jagoantengkorak : kalo udah begini, mau nggak mau, uang juga ngaruh sih ^^

    ruru : salaaahhh~ gw kan masi ga punya tv XDD huahahaha~
    ini gara2 teh ajaib yang ga sengaja keminum... argghhh~

    setsu : heeh~ emang gitu sets, mau enggak mau ^^

    BalasHapus
  5. untung aku gak begitu suka jajan, wkwkwk *plak* tapi teh kemasannya gak tahan gak minum Dx

    BalasHapus
  6. iyaaaaaa~ eh terus ada gosip lagi... air mineral kemasan banyak yang bahaya juga....
    AAAAAAAAAA~ musti beli minuman apa lagi yang aman coba?? *dilema*

    BalasHapus