Rabu, 10 Agustus 2016

Menghargai Profesi Orang Lain

Setelah beberapa postingan blog gak jelas sebelum ini, akhirnya kepala gue kepentok lagi dan jadi waras. Jadi, sekarang saatnya membuat postingan blog yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Sebenernya udah lama mau ngebahas ini, tapi sayangnya waktu itu udah keburu terlena sama kegiatan-kegiatan selain menulis. Dan mendadak gue hilang ingatan mau nulis apaan di blog.

Waktu itu, gue baru aja selesai servis motor yang menghabiskan hampir setengah juta karena harus bongkar mesin dan ganti macem-macem onderdil yang sampe sekarang pun gue gak tau namanya apa. Motor gue butuh penanganan lebih karena tampaknya sekarat banget. Bahkan, bengkel yang harusnya tutup sebelum maghrib, jadi tutup menjelang isya karena ngurusin motor gue doang. Padahal gue ke bengkel sekitar jam 3 sore dan udah beberapa kali bolak-balik ke rumah.

Main hape udah sampe baterenya sekarat, dan sayangnya gue juga enggak nenteng buku buat ngabisin waktu. Akhirnya gue ngeliatin aja tukang servisnya ngubek-ngubek motor gue. Untung abangnya enggak nganggep gue terpesona sama dia. #EH

Lama merhatiin, ternyata dia adalah tukang servis yang menurut gue cukup jago. Semua masalah motor gue dia bahas dan kenapa bisa begitu, sampai ke penanganannya, juga onderdil apa aja yang harus diganti. Tapi gue enggak bisa merekam semua yang dia bilang karena kan gue cuma bengong sambil ngangguk-ngangguk doang. Kayak boneka yang ada di dashboard mobil itu lo. Biar keliatan enggak bego-bego banget, gitu.

Yang ada di pikiran gue saat itu adalah, "Wah, dia pinter banget ya soal beginian. Belajarnya di mana, ya?"

Gue biar bisa ngomong bahasa Jepang aja perlu kuliah dulu empat tahun. Dia sampe bisa ahli banget ngurusin bodi motor gitu perlu belajar berapa lama, ya? Kok kayaknya susah banget.

Begitu motor gue selesai, dia ngasih bon dan di situ tertulis jasa servis dan bongkar mesin 40.000.

EMPAT PULUH RIBU!!

Dia ngerjain motor gue selama empat jam dan biaya servisnya cuma empat puluh ribu!? Ini serius? Gue pikir bisa sampe ratusan ribu gitu. Yang tadi total hampir setengah juta itu kebanyakan karena ganti onderdil. Dan kalau ganti onderdil kan dia bakal pake uangnya buat beli barang baru lagi, jadi enggak keitung.

Gue takjub karena beda banget sama gue yang kerja di bidang jasa juga dan dibayar berkali-kali lipat daripada jasa si tukang servis langganan gue itu. Padahal, kalau di pikir-pikir, rasanya enggak ada profesi yang lebih rendah atau lebih tinggi. Gue ngajar bahasa Jepang karena gue ngerti bahasa Jepang, dia juga bikin bengkel karena ngerti gimana caranya servis motor. Orang lain kan belum tentu ngerti soal itu. Coba gue yang jadi tukang servis, terus kerja empat jam dan dibayar 40.000. Duh, enggak yakin mau deh gue. Apalagi harus lembur kayak ngerjain motor gue tadi.

Dan lebih takjub lagi pas gue tanya abangnya apa enggak apa-apa ngerjain sampe malem gitu. Dia bilang, "Ya enggak apa-apa, Mbak. Biasanya juga gitu. Soalnya kan motornya mau dipake buat kerja besok. Kalau enggak selesai kan kasihan..."

Semoga berkah ya usahanya, Bang....

Berpikir dari kejadian itu, gue jadi lebih berusaha lagi supaya enggak ngeremehin profesi orang lain.

Biasanya nih ya, profesi yang sering banget diremehin itu kayak graphic designer, komikus, penulis, dll. Duh, pasti nyesek banget jadi graphic designer yang diceletukin sama customer "cuma gitu doang kok enggak bisa, sih?", padahal customer itu minta bikinin banner 1 x 2 meter dari gambar ukuran A4... formatnya JPG... resolusinya kecil pula. YA ENGGAK BISA LAH TANTEEEE!!

Belum lagi kalau komikus yang diminta gambarin sama temennya. GAK BAYAR PULA.
"Alah, kan kita friend. Cuma minta gambarin doang. Gampang, kan?"

YA ELO GAMBAR AJA SENDIRI KALO GAMPANG!

Penulis mungkin nasibnya enggak beda jauh. Dengan isengnya ada aja temen yang nyeletuk "Eh, bikinin cerita dari kisah gue, dong."

Dikira dia setingkat Pak Habibie gitu perlu ditulis biografinya.

Iya kalo kisah hidupnya dia unik. Lah ini cerita galau-galauan gara-gara putus sama pacarnya. Klise banget. Tapi begitu dibilang kisahnya dia klise, malah ngambek kalau si penulis enggak punya hati. Lah piye. Mungkin kalau seseorang yang baru putus dari pacarnya itu belajar jadi penulis, dia akan tahu ada yang namanya unsur awalan, isi, konflik, dan penyelesaian konflik dalam satu cerita. Belum lagi dilengkapi dengan plot, karakter, twist, dan tentunya gaya bahasa yang unik. Bikin satu cerita pendek pun enggak gampang.

Mungkin, di kacamata orang lain yang memiliki profesi berbeda, profesi lain itu enggak seberapa susah. Tapi coba deh lihat dari sudut pandang orang lain. Enggak ada pekerjaan yang gampang. Semuanya pasti memiliki kesulitan masing-masing.

Kita juga pasti mau kalau orang lain menghargai profesi kita masing-masing. Nah, tunjukkanlah perilaku yang sama pada orang dengan profesi lain.

Kalau punya temen penulis, belilah bukunya, tunjukkan dukungan dengan memberi kesan atas bukunya. Jangan malah minta gratisan. Kalau punya temen komikus, belilah komiknya. Atau kalau dia buka comission, mintalah gambar dengan harga yang sesuai. Jangan sok jadi model dan minta digambarin gratis. Kalau punya temen designer dan kamu perlu jasanya, hargailah pendapatnya. Dia lebih tahu warna yang seimbang dan sesuai untuk design yang kamu inginkan daripada kamu sendiri. Kalau enggak, dia enggak akan jadi designer sekarang.

Kalau ada tukang kebersihan, jangan malah nambahin sampah. Kamu kan bisa bantu dia dengan enggak buang sampah sembarangan. Pekerjaan dia jelas lebih terbantu dengan sampah yang sedikit. Jangan sok bilang "Biarin aja gue nyampah. Kan emang kerjaan dia bersihin sampah. Kalau enggak, dia enggak kerja, dong?" Coba deh posisikan diri sendiri sebagai tukang kebersihan. Apa sikap yang begitu bisa bikin kamu senang karena ada pekerjaan? Atau sebaliknya?

Sebagai seorang pengajar bahasa Jepang, kadang-kadang gue juga pernah ngalamin kejadian diminta ngajar gratis, sih. Meskipun enggak sering. Ngasih tau beberapa kata dalam bahasa Jepang oke, jawab pertanyaan tentang bahasa Jepang kalau ada yang nanya juga oke, enggak masalah. Tapi ya enggak semudah itu mengiyakan permintaan "Ajarin gue bahasa Jepang dooong. Biar gue bisa nonton anime tanpa subtitle. Hehe"

Belajar bahasa Jepang sampe bisa ngerti film tanpa subtitle itu enggak secepet itu, Bung.

Yaudah itu aja. Intinya sih, hargai profesi orang lain seperti kamu menghargai profesimu sendiri. Gituuuuu....

Kalau kamu gimana? Celetukan apa yang biasanya membuat kamu kesal sebagai pemilik profesi tertentu?

2 komentar:

  1. jadi inget kata2 joker di film batman.. "if you are good in something, dont't do it for free".. dan akan lebih baik lagi jika kita memahami itu dengan perspektif orang lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan semoga orang lain pun memahami hal itu buat kita.. hahaha..

      Hapus