Jumat, 26 Agustus 2016

Family, My Number One Priority

Saat didesak deadline, dan justru saat-saat paling sibuk, keinginan nulis justru memuncak setinggi langit. Mungkin karena ini satu-satunya cara yang gue tau untuk kabur sebentar dari kenyataan. Enak, kan? Enggak butuh obat-obatan, minuman keras, atau apa pun yang membahayakan dan juga mahal. Cukup laptop aja. Bentar, laptop juga mahal. Yaudah, kertas sama pulpen pun enggak jadi masalah asal bisa nulis. Krayon sama tembok juga boleh. Lalu didepak ibu kos

Gue mau nulis sesuatu yang hampir enggak pernah gue tulis sebelumnya.

Tentang keluarga.

Yes, I didn't talk much about my family. But it doesn't change the fact that they're my number one priority.

Lalu gue bingung harus mulai dari mana (.____.)

Kalian harus tahu, akward banget sebenernya nulis soal ini. Karena keluarga gue semua bergolongan darah B, dan meskipun karakter berdasarkan golongan darah itu tidak bisa dipastikan 100% benar, ternyata semua anggota keluarga gue tergolong pribadi yang individualis. Kami enggak bicara segala sesuatu yang menye-menye dan terlalu menyangkut perasaan. Semua keputusan biasanya diambil berdasarkan logika, bukan perasaan. Mungkin gara-gara ini ada yang bilang kami enggak punya empati. But, that's definitely not true. All of us have enough empathy, but we choose not to show it sometimes.

Tapi enggak semua sama. Almarhum Mama dan Kakak gue punya karakter yang lebih lembut daripada yang lain. Sisanya, Papa, Gue sendiri, dan dua adik gue adalah karakter yang sangat keras kepala. Jadi, enggak heran kalau kami sering banget berantem gara-gara hal sepele. Soalnya selain keras kepala, kami juga sama-sama enggak mau kalah.

Apalagi gue sama adik gue yang paling kecil. Wah, kalau kita udah berantem, satu rumah ikutan ribut. Entah berapa kali gue bertekad dalam hati untuk sama sekali enggak ngomong sama adik gue itu gara-gara sikapnya yang bener-bener ngeselin. Tapi pada akhirnya, gue tetep enggak bisa ngelakuin itu. Pada akhirnya, kita ngobrol lagi, bercanda lagi. Semua tanpa kata 'maaf' yang terucap. Maybe that's what family is. Tanpa kata maaf pun, gue ngerti. Saat adik gue memberanikan diri ngomong sesuatu ke gue, itulah caranya meminta maaf. Dan gue pun sering melakukan hal yang sama saat gue sadar gue yang salah. Kami sering berantem, tapi entah kenapa enggak pernah lebih dari sehari. Pertengkaran hari ini, enggak akan berlaku besok.

Tapi kebiasaan kami berantem akhirnya hilang seiring bertambahnya usia. Ceilah.

Enggak. Lebih tepatnya sih, setelah Mama enggak ada. Gue selalu inget pesan terakhir Mama. Beliau minta kita akrab, dan saling jaga. Gue rasa, kakak dan adik gue juga enggak bisa lupa pesan itu. Soalnya, sejak detik itu kami enggak pernah berantem lagi meski cuma sekali. Paling kesel-kesel biasa, tapi enggak pernah sampai berantem. Dan sejak saat itu juga gue merasa kita berempat sama-sama saling jaga. They're my back up, and I become their back up too.

Mungkin sampai sekarang pun masih canggung buat kami untuk saling cerita segala hal. Mengingat selain gue semuanya cowok. Cowok kan gak doyan curhat. Dan yang cewek pun ya kayak gue gini. Gak jelas. Tapi kalau ada masalah berat, ke mereka lah pertama kali gue cerita. Dan ke mereka lah pertama kali gue minta bantuan.

They're my number one priority



Kakak gue, yang sebelah kiri, adalah orang yang selalu dimirip-miripin sama gue. Dari SD sampe SMP, kita selalu dibilang kembar. Ya salah gue sih pake acara lompat kelas, jadi kita satu angkatan. Dan udah pastilah semua nyangka kita kembar gara-gara muka mirip, satu angkatan, dan satu sekolah pula. Orang tua gue selalu menyempatkan diri datang ke sekolah dan minta secara pribadi supaya kami pisah kelas. Soalnya kalau satu kelas pasti ribut. Kayak waktu SD dulu.

Belajar dari pengalaman, kami pun pisah sekolah pas SMA. Dan kehidupan gue jadi agak lebih tenang karena enggak dimirip-miripin lagi. Ahahahaha :D

Tapi entah kenapa ada aja temen kakak gue, atau temen gue yang tahu kita mirip. Sampe waktu gue enggak mau ikut ujian, ada yang bilang gini "Itu kakak lo dijilbabin aja biar dia bisa gantiin lo ikut ujian."

APAAN!

Oh iya, FYI, gue enggak manggil kakak gue dengan sebutan Kak, Mas, Abang, atau apa pun. Gue langsung manggil nama karena dari dulu ngerasanya seumur. Secara satu angkatan. I know that's not what it should be. Tapi udah kebiasaan, dan susah banget kalo mulai manggil dengan sebutan apa pun sekarang.

Adik-adik gue ceritanya beda lagi. Adik gue yang pertama (yang sebelah kanan gue), adalah orang tertinggi di keluarga kami. Dan dia adalah satu-satunya makhluk yang berbeda dari kami berempat. Karena selain dia, kami bertiga sering dibilang keturunan China padahal bukan gara-gara kulit putih dan mata yang agak sipit. Kakak gue juga pernah dapet julukan Boboho waktu kecil, karena SUMPAH MIRIP BANGET SAMA BOBOHO XD #plaak

Balik lagi, adik gue yang pertama itu sama sekali enggak ada mirip-miripnya sama kami karena dia jelas enggak sipit dan kulitnya juga enggak putih. Dan dia tinggi banget!
Jadilah dia sering digodain dan dibilang 'ketuker di Rumah Sakit' :))

Nah, adik gue yang terakhir adalah makhluk paling ngeselin sedunia. Dulu kerjaan dia cuma bikin kesel satu keluarga gara-gara susah diatur, kerjaannya main melulu, enggak pernah nurut kata orang tua, sering dipanggil guru BP karena kelakuannya yang enggak sopan, dan sederet kelakuan nakal lainnya. Orang tua gue pun sering dibuat pusing sama kelakuan bocah ini. Apalagi kalau Mama dipanggil ke sekolah dan ditegur sama guru BP adik gue.

Tapi pada akhirnya, Mama ngerti kalau adik gue itu bukannya enggak sopan. Dia cuma terlalu polos dan sama sekali enggak peka sama keadaan sekitar. Pernah waktu itu Mama cerita kenapa dia dipanggil ke sekolah. Guru adik gue bilang dia bingung sama kelakuan adik gue yang aneh.

"Bu, saya enggak ngerti Gatra itu enggak sopan atau terlalu polos. Masa ditanya kenapa terlambat, jawaban dia 'gak papa'? "

Bayangin kejadiannya begini. Adik gue datang terlambat ke sekolah, dan dihadang guru BP. Dengan tampang galak, guru BP bertanya, "Kamu kenapa terlambat!?"

Lalu dengan tampang polos dan tak bersalah, adik gue menjawab, "gak papa."

Pertama, jawaban dia GAK NYAMBUNG. Dan yang kedua, itu NGESELIN banget plis.

Tapi abis itu nyokap gue ketawa gara-gara pas adik gue ditanya kenapa jawabnya begitu, dia bilang "abis kalau ngasih alesan, pasti tetep diomelin juga. Yaudah aku jawab gitu aja."

Dan denger cerita itu, gue ikutan ngakak. Adik bungsu gue ajaib banget, plis :')) Menurut dia, jawaban itu biasa aja karena dia enggak ngerti kapan dan sama siapa aja dia harus ngomong sopan. Dan ini bukan satu-satunya kejadian.

Yang kena getahnya ya adik gue yang pertama. Karena mereka satu sekolah. Wahahaha. Yes, beda umur kami berempat enggak jauh. Paling jauh 2 tahun. Gue dan kakak gue aja cuma beda setahun beberapa bulan. Artinya pas kakak gue masih eksklusif ASI, Mama hamil gue. Dan gue merenggut hak ASI kakak gue. HAHAHAHAHAHA XDD

Nah, adik gue yang pertama selalu ditanya sama guru sekolahnya, kenapa adik bungsu gue kelakuannya ajaib gitu. Ya adik pertama gue bingung juga mesti jawab gimana. Secara dia adalah murid teladan yang selalu dapet peringkat atas di sekolahnya. Sementara adik bungsu gue kerjaannya keluyuran ke warnet dan enggak pulang-pulang.

Sedihnya, adik pertama gue jadi sering dibanding-bandingin sama adik gue yang satu lagi karena mereka BEDA JAUH. Dan menurut adik pertama gue, si bungsu itu adalah orang paling beruntung di keluarga kami. Dia enggak pernah belajar tapi selalu dapet nilai yang cukup. Sementara adik pertama gue struggle nyari kerja yang cocok selama beberapa tahun setelah lulus, adik bungsu gue langsung dapet kerjaan bagus begitu lulus. Soalnya dia langsung diterima di kantor berkat koneksi adik pertama gue yang meninggalkan kesan baik meski udah pindah kantor. Enggak lama kerja di situ, si bungsu ini langsung ditawarin pindah kerja ke Batam, di bidang yang dia suka, dan dengan gaji memuaskan. Gimana adik gue yang satu lagi enggak sebel? xDD

Selain itu, yang paling ngeselin, percaya atau enggak, ADIK BUNGSU GUE PUNYA FANS CLUB!

Gue pikir cerita-cerita macam gini cuma ada di komik, suer. Ternyata adik gue sendiri ngalamin. Wow. Gue takjub aja gitu tiba-tiba ada temen sekolahnya NELPON KE HAPE GUE dari mana nih bocah tau nomer gue?, dan minta gue bukain pintu rumah karena mereka mau ngasih birthday surprise buat adik gue.

BUSET! SEUMUR-UMUR GUE GAK PERNAH DAPET BIRTHDAY SURPRISE! #GIGITBANTAL

Iya, sih. Adik gue yang satu itu emang cakep dari kecil. Duh pasti geer dah ini orang dibilang gitu. Ditambah karakternya yang NERD dan SUPER CUEK, dia bener-bener kayak tokoh komik yang cool gitu kata penggemar-penggemarnya. Enggak tau aja mereka kelakuan aslinya kayak gimana....

Dan itulah sedikit kisah tentang keluarga gue. Merekalah pengaruh terbesar kenapa aura gue (katanya) kayak cowok banget. Yes, gue akui dulu gue tomboi. Tapi sekarang sih gue udah ngerasa enggak tomboi atau gimana gitu. Secara penampilan juga udah jauuuuh banget. Tapi entah kenapa masih ada aja yang bilang gue punya 'sisi cowok'. Bukan cuma temen-temen yang udah lama kenal gue yang bilang gitu, bahkan murid yang baru gue ajar beberapa bulan pun bilang begitu. Dan jujur gue enggak tau deh yang mana yang mereka bilang 'sisi cowok' itu. Akuh kan feminin abis...

Terus pada muntah

Setelah ini mungkin gue akan cerita keluarga gue yang lain :) Keluarga gue di Jepang sana. Hehehe. Jadi kangen Obaasan, Okaasan, Otousan, Ryuuchan....

Ini foto keluarga 6 tahun lalu. Masih lengkap :)) Seakarang udah misah-misah. Wahahaha
Tuh, tiga orang belakang mukanya china, yang paling depan beda sendiri. Hahahaha xD

6 komentar:

  1. Hahahaha.... Si Gatra ya polosnya polos banget. Sepolos-polosnya Ryan, nggak kayak gitu sih. Paling dengan polosnya nanya, "Kok orang-orang di pasar (tukang jualan) tau ya, manggil mama 'Bu Haji'?"
    Lalu saya ngakak parah. =))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ada tuh kejadian mirip gitu juga. Gatra nanya "Rumahnya Bu Haji sebelah mananya rumah Pak Haji?"

      Lalu gue ngakak. Sejak kapan mereka pisah rumah? xDD

      Andai beda umurnya jauh, dia pasti lucu. Sayang gak beda jauh. Keseringan malah bikin keki xDD

      Hapus
  2. Nanaaaaaa. Dibikin novel seru kayaknya lho. Suer! Aku ntar yang pesen pertama ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha, belum ada niatan ke situ, Mud....

      Nanti deh dipikirin :DD

      Hapus
  3. Na, itu adek lo yang bontot yang di foto--lengkap--yang pake headset? kok gue ngerasa yg tampangnya beda malah yang pake kacamata ya? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha, sejak dia puber emang berubah sih xDD Dulu mah mirip juga. Sekarang dia jadi ceking :v

      Hapus