Senin, 02 November 2015

Why Must Angst When I Can do Comedy?

"Nana coba nulis angst dooong~"

"Angst buatan kamu lumayan kook, bener deh..."

"Bikin angst lagiiii!"



OH MY GOD. WHY?

Ada alasan gue sangat menghindari genre yang satu ini, baik baca, nonton, maupun nulisnya. Terlebih kalo genrenya ditambah lagi sama 'tragedy'. Waaaaahh.... mending kabur sambil cari hiburan lain aja.

Guys, gue ini lemah sama cerita sedih....

Gue kan gadis kecil dengan hati yang begitu rapuh....

*lalu dilempar ke blackhole*

Serius deh. Gue nggak tau kapan punya penyakit semacam ini. Tapi kalau dalam kehidupan nyata, aslinya gue nggak selemah itu. Mental gue sekuat baja, kok. Yah, nggak baja deh...besi bolehlah. Tapi ntah kenapa kalo baca buku atau nonton film yang ada adegan-adegan sedih dikit aja bisa bikin gue mewek. Aslinya gue nggak mau ngebocorin ini karna. MALU BANGET TAUK! Ntah kenapa rasanya nggak pas aja sama imej gue gitu. Ahahahahaha xD

Tapi....yah, lama-lama ketauan juga sih. Apalagi kalo lagi nonton bioskop bareng temen, terus tau-tau gue sok-sok ngucek-ngucek mata, padahal lagi mewek.

Bilang gue sakit atau apa, tapi gue mending nonton SAW sekalian daripada film modelan 1 Litter of Tears.

Soal nulis angst juga, sebenernya gue nggak mau. Cuma jiwa kompetitif dalam diri gue pernah menang beberapa kali sampe akhirnya beneran nulis angst.

lalu nangis.....

Kalian gatau apa gue nulis angst abal-abal kayak gitu aja sampe nangis bombay?? Gimana gue nulis angst-tragedy? Mendingan gue main tetris aja deh....

Gue nulis soal ini karena kebetulan inget antologi begal cinta, yang gue juga ikut berpartisipasi di dalamnya. Temanya dari awal adalah "cinta yang dicuri", udah jelas ini mengarah sad-ending banget, kan? Tapi gue nggak mau. Gue bener-bener nggak mau nulis sad-ending. Mending karakternya gue bikin mati sekalian tanpa merasakan sakit hati daripada hidup menanggung derita. #apaseh

Akhirnya dengan segala kemampuan otak yang gue punya, gue tetep bikin cerpen gue happy ending, meskipun temanya angst banget.

BECAUSE EVERYONE DESERVE TO BE HAPPY!

Gue kan cinta sama semua karakter yang gue buat. Gue nggak mau dong mereka berakhir mengenaskan. Seenggaknya walaupun mereka terpaksa mengalami kemalangan, tetap ada kebahagiaan yang terselup untuk mereka. Kalo gue terus-terusan merobek-robek hati mereka dengan kejadian-kejadian yang mereka alami, guenya yang nggak tega. Kan gue lemah lembut, kayak marshmallow.

Seorang penulis kawakan bilang "kalau happy terus, apa yang mau diceritain?"

Well, gue nggak bilang sepanjang cerita harus happy. Tapi gue nggak mau bikin cerita yang menonjolkan penderitaan tokoh utamanya banget. Konflik nggak harus terus-terusan bikin tokohnya menderita, kok. Makanya gue suka banget komedi. Karena cerita-cerita komedi selalu melihat masalah dari sisi yang berbeda.

Sejujurnya, sih. Terkadang gue mikir kalau keputusan gue untuk terus di genre komedi itu untuk nyari aman. Gue bisa bikin kisah yang sederhana asal disampaikan dengan menarik dan lucu. Daripada gue harus bikin cerita dengan tema yang berat, pan? Otak gue gak nyampe. Dan daripada gue harus bikin angst. Nanti airmata gue keburu abis sebelum ceritanya selesai. Ternyata cuma satu genre ini yang gue bisa.

Ada satu draft novel yang sejauh ini udah mateng banget, tapi jujur aja, gue nggak sanggup nulisnya. Meskipun rencananya happy ending, konfliknya cukup parah sampe bisa nyayat-nyayat hati gue sendiri. Lebay banget, yak? Tapi serius deh.... Akoohhh gak sangguuup kakaaaaaakkk....

Udahlah, sementara hati gue belum siap (dan kayaknya gak akan siap), gue nggak akan nyoba-nyoba nyentuh angst-angst lagi. Sereeeeemm......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar