Sabtu, 17 Oktober 2015

Balada si Pelupa yang Beruntung

"Byee... kapan-kapan gue mampir lagi, ya..." kataku saat akan meninggalkan rumah seorang teman.

"Siip. Nggak ada yang ketinggalan kan, Na?"

"...."

Aku memeriksa isi tas dan semua kantong di pakaianku hari itu. Beberapa detik kemudian aku sadar dan mengambil HP yang masih tercharger di pojokan rumah. "Hehehe..."
______

Kira-kira begitulah dialog tiap gue mau pulang dari rumah temen, dari kantor, atau dari acara-acara apa gitu. Kayaknya orang yang kenal gue udah pada apal banget kalau gue hobi banget ninggalin jejak di manapun dengan ninggalin barang. Udah ketinggalan, biasanya sampe besok juga nggak inget kalo itu barang ketinggalan. Kecuali emang pas butuh dan nyariin.

Kalau gue keluar rumah, terus beberapa menit kemudian balik lagi, pasti orang rumah nanyanya "apa yang ketinggalan?"

Kalo gue keluar kantor terus balik lagi, pasti orang kantor nanya "hayoo lupa bawa apa?"

Kalo di kelas tiba-tiba gue manggil murid ke depan, pasti mereka nanya "mau diambilin apa dari kantor, sensei?" Lalu dengan malu-malu gue menjawab, "spidol....sama buku pelajaran....oh iya, DVD kaiwa juga ya...."

Sebenernya gue ke kelas bawa apaan, semuanya ketinggalan...


Sebut semua barang, pasti pernah gue tinggal entah di mana. Mulai dari uang, dompet, kunci, buku, sabun cuci muka, sikat gigi, celana, jaket, charger HP, HP, charger laptop (alhamdulillah belum pernah ketinggalan laptop), belanjaan, makanan, pokoknya semua perintilan gitu deh. Yang terparah sampe saat ini sih pas gue ninggalin tas gemblok di tempat penitipan suatu swalayan. Serius, itu apa banget..... Herannya gue gak sadar itu tas raib sampe berganti hari. Itu pun sadar setelah gue mau ngambil tempat pinsil di tas.

Kalau ketinggalan uang, alias keluar rumah nggak bawa duit sih sering bangeeett....
Untungnya sekarang sering pake motor. Jadi kalo nggak bawa duit, nggak masalah asal gue nggak parkir di tempat yang perlu bayar parkir. Pernah sekalinya lupa bawa duit pas naik motor, bensinnya sekarat, dan gue harus sampe di suatu tempat sesegera mungkin. Nah itu baru deh masalah banget. Ahahahahaha :))

Yang parah sih dulu, waktu gue ke mana-mana naik angkot dan sering nggak bawa duit. Temen gue, Saa pernah bikin kuis.

"Apa yang akan Nana lakukan saat naik angkot tapi lupa bawa duit?
a. Bilang sama abangnya kalo lupa bawa duit sambil pasang muka melas
b. Minta duit ke penumpang sebelah
c. Turun terus kabur"

Lalu gue jawab, "gue pernah ngelakuin semua opsi kecuali yang c."

Kalo diinget-inget, itu memalukan bangeeeeeettt :)) Pengin nutup muka rasanya pas liat muka mbak-mbak yang iba liat gue nggak bawa duit.... Waktu itu tarif angkot untuk pelajar masih 700 perak.

Dari semua kejadian itu, seinget gue cuma ada satu kejadian yang bikin gue panik banget. Pas SMA, gue baru pertama kali punya HP. Nokia 2100 warna biru muda (tsaaah... masi inget domng gue, hahahaha). Tiba-tiba aja, itu HP raib. Gue pulang sambil nangis-nangis karena gue kira itu HP dicolong orang. Orang tua gue susah banget beliin itu HP karena dulu harganya masih mahal untuk ukuran keluarga gue. 3 hari itu HP ilang, dan gue udah pasrah.

Besoknya pas istirahat sekolah, ternyata HP gue ditemukan di kolong meja.

(._____________________.)

LAH INI HAPENYA!!!!

Sumpah, waktu itu gue nggak tau harus bereaksi kayak gimana.

Pernah juga gue ketinggalan HP waktu berkunjung ke Universitas Kobe. Waktu itu bukan cuma HP gue aja yang ketinggalan, tapi bareng sama binder gede isi materi kuliah gue selama sebulan di Jepang, tempat pensil, kartu pelajar, dll. Dan itu fatal banget. Karna tanpa kartu mahasiswa, gue nggak bisa masuk asramaaaaa! Parahnya lagi gue gak bisa makaaaan!! Karna itu kartu sekalian kayak debit berisi uang beasiswa gue. Huhuhuhuhu~

Untungnya masalah kartu langsung terselesaikan karena gue dapet kartu pengganti sementara, biarpun jelek. Cuma kartu putih dan ada nomernya. Ih.

HP juga nggak terlalu gue pikirin karena itu HP Indonesia dan nggak akan kepake selama gue di Jepang. Yah, ntar kalo udah sampe Indonesia, baru deh gue pikirin lagi.

Nah.... materi kuliah iniiii....
Binder itu kayak modal kami buat belajar. Semua materi, soal, evaluasi, PR, ada di situ semua =_=
Iya sih gue dapet binder pengganti, tapi kan isinya kosooooongg....
Jadi terpaksa nulis dari ulang. Huhuhuhuhu.

Badai pun berlalu. Setelah beberapa waktu gue pulang ke Indonesia, pihak JF menghubungi gue dan mereka ngabarin kalo mereka nemu semua barang-barang gue. Mereka pun dengan baik hati mengirimkan paket ke Indonesia, dan gue nggak perlu bayar karena itu termasuk salah satu tanggungjawab mereka. WOOOOWWWW~

Padahal itu jelas-jelas keteledoran gue sendiri :))

Tapi dari semua ini gue belajar. Separah apapun ingatan gue, kalau itu barang masih ditakdirkan jadi punya gue, maka itu barang bakal tetep balik. Gak gitu juga, Na

Semenjak itu, setiap kali ketinggalan barang, gue nggak pernah panik. Soalnya keseringan pasti ketemu lagi. Dompet ketinggalan di etalase swalayan? Ketemu. Hape jatuh di jalan? Ketemu. Kunci motor hilang entah ke mana? Ketemu. Entahlah ini keberuntungan atau apa.

Tapi kalaupun akhirnya nggak ketemu kayak dompet gue yang ilang beberapa minggu yang lalu, gue pun nggak langsung panik atau bingung. Kalau akhirnya ilang, yaudah. Mungkin itu dompet dan isinya emang bukan rejeki gue lagi. Pada dasarnya manusia kan nggak memiliki apa-apa di dunia. Semua cuma pinjaman.

Mendadak siraman rohani.

Jadi, saran gue adalah....
Jangan cepet panik atau emosi kalau kehilangan sesuatu. Mungkin emang udah takdirnya barang yang ilang itu pindah ke tangan orang lain.

Ini saran kayaknya salah banget....
Seharusnya gue belajar untuk jadi orang yang nggak teledor....

Tapi gimana dooong? Menurut analisis dari Laurence Littauer, sanguinis populer itu emang cepet lupa. Mereka nggak bisa diharapkan untuk menghapal nama orang, nama jalan, atau apa pun. Mereka juga tidak bisa diharapkan datang tepat waktu karena sekalipun mereka berangkat jauh sebelum waktu janjian, pasti akan ada barang yang terlupa dan pada akhirnya telat juga.

Iya, gue make karakter sanguinis untuk pembelaan! Terus kenapa? *dilempar ke kolam*

Dulu gue mencoba untuk bawa buku catatan kecil ke mana-mana, dan nyatet semua hal yang mau/harus gue lakukan. Pada akhirnya, gue selalu lupa bawa buku itu dan akhirnya ilang entah ke mana....

3 komentar:

  1. Hahaha... Saking seringnya udah pada apal semua kebiasaannya Nana ketinggalan barang.

    BalasHapus
  2. Kak, kalo lupa gitu mending semua barangnya dikasih nomer telepon keluarga kakak.

    "Hai, mau ngobrol? Hubungi aku ya.."

    Siapa tau nemu jodoh, Kak. :p :p :p
    *udah berasa kayak mungut permen*

    BalasHapus
  3. Nana... Jangan sampai lupa alamat rumah loh... Nanti dipunggung ditempel kalo nyasar tolong hubungi nomor sekian sekian :p

    BalasHapus