Selasa, 10 Maret 2015

Perjuangan Penuh Darah dan Airmata ke IBF

Judulnya lebay banget....

Ah biar sajalah. Toh waktu ke IBF (Islamic Book Fair) Minggu kemaren, emang perjuangannya nggak tanggung-tanggung. Sehari sebelumnya, temen-temen yang rencananya pada mau ikutan IBF hari terakhir ini mendadak batal semua. Lalu gue pergi sama siapaaa? Kalo sendiri, sapa yang bakal potoin gue sama Surayah & Kak Toto?? (jadi tujuan utamanya itu??)

Dengan mendadaknya Ruru bilang, "Talk Show Dilan 2 gak jadi, katanya bukunya belum beres."

HAAAAAHHHH???

PADAHAL GUE SENGAJA DATENG KE IBF HARI TERAKHIR DEMI DILAN 2! TERUS GAK JADI??

Tau gitu pan eike dateng aja hari-hari sebelumnya biar milih bukunya tenang karna gak penuh.

Tapi.... yasudahlah, masih ada talk shownya Kak Toto (komikus strip Nusantaranger & Ke Surga Lewat Mana, ya?). Akhirnya gue pun bela-belain dateng meski pagi itu hujan deras mengguyur Jakarta kitah tercintah. Sialnya, gue lupa bawa sandal jepit dan cuma pake sepatu. Alhasil, basah kuyup lah itu sepatu meskipun yang lain gak basah karna gue pake jas hujan.

Untungnya, Ruru mau ikut meski gue harus jemput dia dulu di rumahnya. Ya ampun, gapapa deh, rela gue. Dia kan tuan putri yang lagi dipingit karena bentar lagi mau naik ke pelaminan. Sumpah ya, bikin iri aja lo, Ru!

Berhubung sepatu gue basah, akhirnya gue pinjem sendal. Ajaibnya, makhluk yang satu ini gak punya sendal jepit!! Halloooooooo!! Dan berhubung sepatu sendalnya dia gak ada yang muat di kaki gue, akhirnya terpaksa minjem wedges emaknya.

Berhubung gue adalah makhluk yang gak pernah pake sepatu/sendal hak tinggi meski cuma beberapa senti, belum juga keluar pager rumahnya, gue udah kecengklak dengan sukses. Ini belum naik motor loh padahal. Tapi yasudahlah, saya akan bertahan! Demi IBF! Lalalalala~

Gak sangka jalanan arah Senayan MUACET BANGET!! Akhirnya gue pun sampe juga ke istora setelah berjuang menembus kemacetan yang entah apa. Masuk ke daerah GBK, banyak motor yang parkir di luar. Kami langsung berasumsi ada acara besar lain di GBK sana.

"Na, apa nggak kita parkir di luar aja? Nanti di dalem nggak dapet tempat...." kata Ruru.

"Tenang Ru, parkir bookfair itu GAK MUNGKIN PENUH," kata gue sotoy.

Iyah, soalnya waktu itu gue juga pernah ke bookfair yang acaranya barengan sama konser-entah-apa sama jakcloth yang pengunjungnya astagfirullah gak bisa diitung meski pake kalkulator. Dan meski masuk ke istoranya susah-pake-banget, tetep aja parkir di dalem masih lumayan lega. Soalnya abang tukang parkirnya ngelarang orang yang bukan ke bookfair parkir di Istora.

Tapi ternyatah sodara sodaraaaaaaa..............

PARKIR DALEM ISTORA PENUH!

Huhuhuhuhuhu.......

Sampe si abang parkirnya ngeluasin tempat parkir yang udah ada pake bates tali rafia. Untungnya sih, gue masih dapet tempat.

Seumur hidup, baru kali ini gue ke bookfair dengan pengunjung sebanyak ini. Jangankan untuk liat-liat buku, jalan masuk ke dalemnya aja antri, kayak orang rebutan sembako.

Yaudah deh, akhirnya kami mengenyampingkan dulu niat hunting buku dan langsung ke tempat talk shownya Kak Toto yang TELAT SATU SETENGAH JAM!

Baiklah..... setelah menunggu sekian lama, akhirnya Kak Toto dan Kak Harlis (Komikus CengHar) dateng juga. Lalu MC-nya memberikan pengumuman yang sungguh sangat jeger sekali, "untuk yang mau beli komiknya, silakan datang ke booth Mizan yang ada di dalam....."

JADI KOMIKNYA NGGAK DIJUAL PAS TALK SHOW?? SUBHANALLAH......

Lalu gue pun bimbang. Kalo gak punya komiknya, ntar pas talk shownya selese, gue gak bisa minta tanda tangan. Tapi kalo beli dulu....... BERARTI GUE HARUS MENEROBOS LAUTAN MANUSIA DULU SEBELUM NYAMPE BOOTH-NYA.

Akhirnya kami pun memutuskan untuk ke booth mizan dan beli komiknya dulu. Tapi betapa sialnya, di dua booth mizan yang kami datengin (dengan-amat-susah-payah), kami tetep nggak nemu komiknyah. Soalnya buku-bukunya udah campur aduk, berantakan, dan berserakan di mana-mana. Ujung-ujungnya malah beli buku lain yang emang pengin dibeli, mumpung udah di booth itu.

Setelah balik lagi ke acara talk show (yang untungnya belum selese) dengan tangan kosong, akhirnya cuma denger penutupannya doang. Lah.....

Selesai itu gue langsung nyamperin Kak Toto dan ngadu soal komiknya yang SUSAH BANGET ditemuin. Hahahahaha. Yaudah deh, berhubung belum ada komiknya, akhirnya poto ama Kak Toto pake banner talk show :p

Setelah itu, barulah kami hunting beneran, sekali lagi menerobos lautan manusia bau keringat. Mana di dalem itu gerah banget lagi. Gue pun membuka list titipan buku. Susah ye, ini temen-temen yang kaga jadi dateng malah pada nitip. Tapi gue udah siap sama tas ransel gede tanpa isi, sih.

Untuk menghindari kalap berlebihan, di bookfair kali ini gue membudgeti (membudgeti itu bahasa mana, sih?) diri sendiri dengan nominal tertentu. Tiap beli buku, diitung diskonnya berapa, lalu dijumlah, biar gak kelewatan xDD

Gue ke booth Mizan untuk yang ketiga kalinya. Dan saat itu, ketemulah gue dengan komik yang gue cari aka "Ke Surga Lewat Mana, ya?". LAH INI KOK ADAAAAA..... TADI KAGA ADAAAAA.....

Abis beli itu, langsung watsapp Kak Toto, kali orangnya masih di bookfair. Jadi minta ttd dulu gituh. Etapi sayang, dia langsung balik katanya orz

Kak Oki nitip komik, Zu nitip Sirah Nabawiyah (tapi telat), tapi diantara itu, titipan yang paling berat adalah punya setsuuu...... karna doi nitip TAFSIR. AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA (sebelum ke IBF pun gue udah mikir ntar itu bawanya pegimana.....)

Tapi (untungnya) tafsir yang dia mau nggak ada. Mungkin karna udah hari terakhir, jadi udah abis. Gue juga pengin punya Tafsir Al Qur'an. Tapi duitnyah........ Boleh gak ya kalo nikah, mas kawinnya minta Tafsir Al-Qur'an? (sama KBBI sekalian kalo bisa xDD) ntar aja mikirnya kali, calonnya dulu dicari.


Iyeh udah ah. Akhirnya pulang dari IBF abis maghrib dengan kaki pincang karna seharian jalan pake wedges. Belanjaannya nggak banyak, karna......yah emang lagi minim budget banget, sih. Tahun ini masih ada dua book fair lagi....... (antara senang dan sedih liat isi dompet x'D)

2 komentar: