Kamis, 09 Januari 2014

Apapun Buku yang Dibaca, Gak Akan Pernah Sia-sia

Pernah enggak sih, baca buku, terus ngerasa "ngapain sih gue baca buku ini? buang-buang waktu aja!"

Gue pernah.

Tapi, akhir-akhir ini gue menyadari, enggak ada waktu gue yang terbuang percuma selama gue baca buku, apa pun itu. Emang sih ya, kalo lagi sial dan dapet buku bacaan yang gak oke (sebenernya pengen ngomong, JELEK!) rasanya kesel banget sampe ngomel-ngomel sendiri aja gak cukup. Rasanya harus ada seseorang yang harus berperan jadi kambing, dengerin keluh kesah tentang buku bacaan yang apa banget itu. Yang paling menyakitkan sih, kenyataan kalo buku jelek aja bisa terbit, sementara gue belum pernah nerbitin buku. Itu JLEB banget.

Lalu kenapa gue bilang gue enggak nyesel pernah baca buku-buku jelek? Alesan pertama karena sekarang gue tau ada web yang namanya goodreads, dan mendadak gue rajin banget tiap hari ke web itu, hahahaha. Selain bisa update buku apa aja yang gue baca, gue juga bisa menumpahkan kekesalan gue di situ pas gue kebetulan dapet buku bacaan jelek, haha. Puas deh bisa kasih rating rendah dan review sepanjang jalan kenangan membeberkan kekurangan-kekurangan buku itu. Eh, ini gue sentimen ke beberapa buku aja kok, yang sumpah, JELEK BANGET! Biasanya gue menilai buku lain secara objektif kok, kelebihan dan kekurangannya pasti gue jabarin.

Selain bisa melatih nulis review buku, ada keuntungan lain setelah kesel baca buku jelek, yaitu... seenggaknya gue tau kalo itu buku jelek :) Hahahahaha

Misalnya gue bilang jelek karena alurnya enggak jelas, EYD-nya kacau, kalimatnya enggak enak, dsb, dsb. Seenggaknya, gue tahu kalau itu salah, itu gak bagus. Gue tau itu salah dan gue tau gimana yang bener. Bagus kan? Daripada gak tau, dan menganggap itu oke-oke aja. Ada yang salah sama pembaca kayak gitu.

Hal terakhir yang membuat gue merasa gak sia-sia baca buku jelek adalah (ini alesan yang paling gue suka), gue jadi percaya diri kalo gue bisa bikin cerita yang lebih bagus. Pede abis ya? Tapi gapapa dong, daripada minder.

Misalnya, gue lagi baca suatu adegan dan menerka-nerka ke depannya.

cerita aslinya: Si A suka si B, tapi enggak berani nyatain, dia takut.

otak gue: takut kenapa? takut ditolak? Ah, klise dong. Mungkin dia takut karena sebenernya dia penulis dan yang mau ditembak itu editornya. Kalo ditolak, nanti bukunya dia gak terbit-terbit piye? Mending gak usah nyatain deh, daripada ngambil risiko novel dianggurin, padahal untuk nulis novel itu aja dia butuh 10 tahun.

cerita aslinya: A belum berani ngambil langkah nyata karena... dia takut ditolak. Dia takut hubungannya dengan B yang terjalin dengan baik langsung hancur dalam sekejap.

Gue: Yaah... gitu doang.

ceritanya lanjut: A akhirnya mengambil langkah kecil, main ke rumah B. Sewaktu berada di rumah B, A terkejut karena....

otak gue: jangan-jangan B yang dia pikir cewek baik-baik itu punya rahasia. A gak sengaja ngeliat ruang bawah tanah di rumah B, dan di situ banyak artikel-artikel koran dari daerah-daerah yang berbeda tentang pembunuhan berantai dengan pola yang sama, korbannya dipukul dengan benda tumpul sebelum isi perutnya dikeluarkan dan disebar ke seluruh rumah. Semua gambar dan sketsa yang ditunjukin mirip sama B, cuma namanya beda-beda. Mampus, gimana tuh si A kalo ketauan ngintip ruang bawah tanah?

cerita aslinya: rumah B ternyata layaknya istana. A makin tidak percaya diri dengan status sosial mereka yang berbeda jauh.

Gue: Yaaaaaaahhhh..... GITU DOANG!?

(Lalu bukunya gue lempar)

Oke, fokus dong, gak usah permasalahin imajinasi gue yang terlalu kemana-mana, apalagi imajinasi kedua (itu cuma hobi, kok). Masalahnya di sini jelas, cerita yang gue baca terlalu klise.

See, cuma dengan beberapa kalimat gue udah bisa bikin cerita baru yang (seenggaknya menurut gue) jauh lebih menarik. Pikiran gue pun tercerahkan, IMAJINASI GUE LEBIH BAGUS DARI PENULIS YANG GUE BACA, GUE....JUGA BISA NULIS!

Jadi, dengan alasan-alasan seperti yang gue jabarin, gue gak pernah lagi ngerasa rugi baca buku jelek sekalipun, hehe. Kalau baca buku bagus sih jelas gue gak bakal rugi, bahkan rasanya nagih mau baca lagi dan lagi. Intinya, buku jelek dan bagus, dua-duanya sama-sama bisa memberikan inspirasi, meskipun penyampaiannya berbeda :)

Intinya lagi, tunggu buku gue terbit yaaah!!! <-- Can't help it, I'm an optimistic person

Berhubung gak ada gambar yang relevan, ini gambar kucing. Apa pun postingannya, pasti lucu kalo dikasih gambar kucing :3 Addduuuuhhh, imut-imut banget siiiih.... ikut pulang yuk bareng kakaaaak~

2 komentar:

  1. Emang, baca buku apapun pasti ada manfaatnya deh :)
    Mau kucingnya satu :3

    BalasHapus
  2. @ Novi: Yup, pastinya gitu :) Boleeh boleeeh, ambil aja satu, hahahaha :D

    BalasHapus