Kamis, 03 Oktober 2013

Book is My Best Friend and Library is the best Home Ever

Abis baca posting blog kembaran gue soal perpustakaan, gue jadi pengen ikutan nulis....

Jadi, sekalian ikutan library give away-nya mbak luckty :)




Kapan pertama kali gue kenal perpustakaan? Duh gue enggak inget saking lamanya. Kecintaan gue sama buku udah muncul sejak gue masih TK, tepatnya, sejak gue pertama kali belajar baca. Saat anak-anak lain baru mulai baca A-I-U-E-O, gue udah dibeliin komik. Sailor Moon yang full color jadi komik pertama gue. Saking tergila-gilanya baca komik, keluarga gue enggak mampu lagi beliin komik terus-terusan untuk gue dan sodara-sodara gue. Akhirnya, nyokap mencari solusi dengan nyewain komik-komik yang gue punya. Itulah pertama kali gue ngelola perpustakaan sendiri. Kayaknya kelas 2-3 SD, sumpah gue lupa.

Waktu itu, harga komik masih 3800 rupiah dan satu komik disewain dengan 200 rupiah. 19 kali satu komik beredar, gue bisa beli komik baru :)

Sayang, rusaknya komik-komik yang disewain tak terhindarkan. Beberapa bahkan menghilang entah kemana. Akhirnya perpustakaan mini di rumah pun resmi ditutup.

Kelas 5 SD, gue sekeluarga pindah ke Malang. Dan di sana, tempat yang jadi favorit gue adalah perpustakaan deket rumah. Saking seringnya gue ke sana, mbak dan mas penjaganya apal banget muka gue. Perpustakaannya emang enggak gede-gede banget, tapi banyak buku bagus di sana. Yang lucu adalah, semua buku di sana udah abis gue baca. Jadi setiap gue ke sana, yang gue tanya adalah, "Ada buku baru apa enggak?" Kalau enggak ada, gue mempertimbangkan untuk minjem lagi buku yang sebelumnya udah pernah gue baca. Duit jajan gue yang enggak seberapa akhirnya abis untuk sewa buku. Tapi gue enggak nyesel.

Waktu SMP di Malang, perpustakaannya juga lumayan. Gue sering minjem di sana. Bahkan buku-buku yang gue pinjem, gue baca di tengah-tengah pelajaran :p Gue pernah ketauan baca novel sama guru matematika, dan novel itu langsung disita. Tapi, pas nilai ulangan matematika dibagiin, nilai gue ternyata paling tinggi, ahahahaha. Tanpa banyak syarat, novel itu pun dibalikin sama bapak guru matematika gue.  

Pertengahan kelas 1 SMP, gue pindah lagi ke Jakarta. Gue bersyukur karena perpustakaan di SMP gue termasuk perpustakaan bagus. Enggak heran, gue langsung jadi pelanggan tetap. Setiap jam istirahat tujuan gue selalu ke sana. Kayaknya gue enggak inget deh perut itu harus diisi. Iya, buku udah cukup bikin gue kenyang seharian.

Komik, novel, majalah, sampe buku-buku sastra jadi makanan gue waktu SMP. Guru bahasa Indonesia sering banget ngasih tugas baca dan merangkum novel sastra. Keluhan dari temen-temen lain enggak keitung, tapi gue jadi satu dari sedikit orang yang bahagia banget sama tugas itu. Karna itulah gue milih "ekspresi 9" jadi ekskul gue. Ekskul yang nanganin majalah dan mading sekolah. Semuanya berhubungan dengan buku dan tulisan.

Setiap ada novel baru di perpustakaan, gue selalu jadi salah satu murid yang ngantre buat pinjem itu buku. Di sana, lumayan banyak murid yang suka baca, jadi gue harus menunggu cukup lama untuk bisa pinjem dan baca. Novel legendaris yang paling banyak antriannya adalah seri "Dave Pelzer".

Dateng ke sekolah, ke perpus dulu balikin buku. Istirahat, baca buku di perpus. Pulang, ke perpus lagi nungguin yang lain pada pulang (karna pulang waktu sepi itu menyenangkan). Hidup gue sekitar perpus aja pokoknya.

Daann... perpus sekolah enggak cukup. Gue dikasih tau temen perpustakaan cukup oke di sekitar sekolah. Daaan....akhirnya ke sanalah kaki gue melangkah tiap pulang sekolah. Ya berhubung di perpus sekolah bukunya mulai mendikit (bahasa macam apa ini?) maksudnya, makin sedikit buku yang bisa gue baca....

Daaaannnn..... (kayaknya kebanyakan kata 'dan') gue lagi-lagi menghabiskan uang jajan untuk nyewa buku di perpus itu. Karena sekali gue kesana, gue bisa minjem sampe batas maksimal, 15 buku, dan balikin semua buku kurang dari 3 hari. Iyah coba dibayangin aja gimana duit jajan gue gak abis mulu.

Mana mulai SMP, gue mulai serius koleksi komik dan novel (yah, novel gak terlalu sih. Karna mahal dan biasanya cuma sekali dibaca). Keuangan gue super tekor kalo gue gak nyari duit sendiri waktu itu. Yup, gue mulai belajar nyari duit dengan jualan stationery di sekolah. Untungnya ya buat beli buku. Ahahaha.

Sekali lagi, nyokap menyarankan untuk buka perpustakaan di rumah. Kali ini, perpustakaan ditutup lebih cepet karena gue gak tega komik dan buku-buku gue rusak setelah dipinjem. Yang bikin mau nangis, ada yang sengaja ngerobek beberapa halaman di tengah komik conan koleksi gue. Awalnya, gue enggak sadar. Tapi buat orang yang baca satu komik bisa puluhan sampe ratusan kali, gue apal banget halaman yang ilang, sampe gambar-gambar di dalemnya..... dem.

Intinya, sejak saat itu gue mencari penghasilan lain untuk beli buku, tanpa mengorbankan buku-buku yang udah gue beli.

Waktu masuk SMA, gue kecewa karena perpustakaannya gak oke. Soal tempat sih gak masalah ya. Tapi buku-bukunya itu lo. Isinya cuma kumpulan buku paket tua yang....aduuuh baca di kelas aja males banget deh. Akhirnya, gue selamat dari kehidupan SMA dengan tuker-tuker koleksi buku sama temen lain, juga perpus deket sekolah yang waktu SMA sering gue datengin.

Ngomong-ngomong, gak usahlah ya gue ngomongin perpus di kampus karena isinya sama membosankan kayak perpus SMA. Berhubung gue sama Ruru satu kampus, kira-kira perpusnya kayak yang udah dia ceritain.

Perpus Japan Fondation jadi salah satu favorit gue karna gue nemu banyak buku menarik di sana. Tapi sepanjang jaman kuliah, perpus kampus sebelah, UI, adalah yang terbaik. Cieee....

Sayang, gue gak boleh pinjem buku dari sana karena bukan anak jaket kuning. Yah... tak apalah.... gue punya perpus lain yang bisa menampung gue. Apasih.

Dari semua perpus yang pernah gue kunjungi, perpus nasional itu paling aneh. Karena setiap yang mau minjem buku, enggak diijinin nyari bukunya sendiri. Ada petugas yang nyariin buku yang kita mau, sesuai judul yang ada di katalog. Perpus macam apaaaaa..... Gue gak keberatan kok kalo buku-buku di sana gak bole dibawa pulang. Tapi seenggaknya biarkan kami menyentuh dan mencari sendiri buku yang kami inginkan tuaaaaannnnn.....

Kalo gitu caranya mah, pantes aja jarang yang mau dateng ke perpus nasional.

Perpus lainnya yang menarik minat adalaaah, perpus Japan Foundation di Osaka. Seperti yang Ruru ceritain (juga), gue dan dia sama-sama dapet beasiswa ke Jepang dan berkesempatan ngasrama di JF Osaka. Perpusnya......pengen gue bawa pulang. Gue pengen tinggal di sana terus rasanya. Bukunya bukan cuma bahasa Jepang aja, tapi ada buku dengan berbagai bahasa. Seinget gue, gue minjem novel battle royale edisi bahasa Inggris dan itu.... keren banget! Sayang gue enggak bisa nyelesein novel itu di sana karena kegiatan numpuk banget.

Dari dulu, gue selalu ngimpi ada perpustakaan yang kayak Gramedia. Bukunya di update terussss.....Kalo sampe ada perpustakaan selengkap itu, gue bisa mati bahagia karena kelamaan nongkrong di sana.

Perpus (dan toko buku) selalu menjadi tujuan gue dan tempat gue kembali. Sekarang, gue punya perpustakaan pribadi di rumah. Meski super mini, gue bahagia karena bisa ngumpulin buku sebanyak itu
dengan uang sendiri....

Nih, mini banget kan? Tapi kalo diitung sejak awal koleksi, nilainya bisa jutaan :D
Panjang yah ceritanya.... dan mulai kuliah kayaknya ceritanya sama kayak punya Ruru. Yah, mau gimana, setiap gue ke perpustakaan manapun, dia selalu ikut sih....

2 komentar:

  1. Wakakakak... Curaaaang! Ceritanya pake nebeng. Hahaha...

    Enaknya kau sudah kenal banyak perpus yg bisa dipake tempat nongkrong sebelumnya T^T

    BalasHapus
  2. Suka ama kalimat:
    "Setiap ada novel baru di perpustakaan, gue selalu jadi salah satu murid yang ngantre buat pinjem itu buku. Di sana, lumayan banyak murid yang suka baca, jadi gue harus menunggu cukup lama untuk bisa pinjem dan baca."

    Wah, ini kembaran Ru ya? Keren banget sama-sama suka ke perpustakaan, di sekolah juga ada murid kembar, yang satu suka ke perpus, satunya jarang :D

    Makasih ya udah ikutan Library Giveaway! ;)

    BalasHapus