Jumat, 22 Februari 2013

Only Seven Left Concert Report at ITB, Bandung (18 Februari 2013)


Yak berhubung udah banyak yang nagih report konsernya OSL di ITB dan IPB, mari kita langsung mule aja tanpa embel-embel lawakan garing.

Gue emang udah niat untuk nonton yang di Bandung bareng temen gue, Ruka yang udah mencak-mencak pengen minta peluk sama babang Jochem. Jadi, berhubung gue gak bisa ke Bandung hari Minggu, gue cabut ke Bandung langsung Senin paginya, dan ketemu sama Ruka di BIP, beli hadiah buat babang Jochem & dedek Hinne dan anggota OSL yang lain. Kita beliin gelang kembar beda warna buat Winterwerp brothers (berhubung babang Jochem seneng banget ngebanggain kalo dia sama Hinne itu kaka-ade, dia pasti seneng dikasih barang yang bisa nunjukin itu. Hinne nya sih gatau =_=). Selain itu, kita juga beli permen potong dalem botol yang oh-so-unyuu buat semuanya.

Beres itu, langsung berangkatlah ke ITB dan nyampe disana sekitar setengah 5. Sempet nyasar-nyasar gak elit karna kita cuma punya petunjuk venuenya dari foto gedung yang ada di instagramnya babang Jochem, dan ternyata hampir semua gedung di ITB bentuknya begitu! (╯°□°)╯︵ ┻━┻

Ini venue yang ada di instagramnya babang Jochem
Ini gedung yang gue kira tempat manggungnya, dan ternyata salah tempat =_=
Sampe akhirnya nemu gedung yang bener dan ada banner gede di depannya. Oke, yang kali ini gak mungkin salah tempat. Kalo sampe salah tempat juga, berarti yang masang banner yang mabok. Pas kita ngintip ke dalem venuenya, ada alat2 band di atas panggung yang tingginya gak lebih dari setengah meter. Di depannya berjejer kursi-kursi yang disusun super rapi. Gue sama Ruka mikirnya, ini tempat mau dipake buat lomba pidato dulu sebelum konser? Etapi ternyata si mas-mas dan mbak-mbak yang lagi latian ngemsi itu pas banget lagi memperkenalkan Only Seven Left. Disini kita berdua udah errr..... okay..... speechless.

Terus kita mondar-mandir disitu dan menyadari poster di samping venuenya. Tebak apa yang ditulis disitu?

Heh. Pake Tiket dooong!!! Dan gue ga dapet info apapun soal tiket dari twitter. Kalo di IPB iya udah banyak info kalo emang kudu pesen tiket dulu sebelumnya. Tapi di ITB? Seriously? Gue gak denger info apapun!! Emang sih tiketnya gratis, tapi tetep ajaaaaa! (╯°□°)╯︵ ┻━┻

Akhirnya gue coba telpon kontaknya, dan tau apa katanya? Gue disuruh ngambil tiketnya ke kantor (yang katanya jauh dari situ) dan si bapak-bapak yang gatau gue masih panik gara-gara gatau info ini sebelumnya malah bilang "Tapi gatau sih tiketnya masih ada apa enggak...." dengan nada santai. DAFUQ OOM!! DAFUUUUQQQ!! (╯°Д°)╯︵/(.□ . \) (udah bukan table flip lagi, tapi person flip)

Akhirnya we try another way, ngemis tiket ke ibu dosen di dalem venue yang lagi liatin mbak-mas MC lagi latian. Ruka jago banget ngomongnya kalo kita dateng dari Jakarta, udah nyasar-nyasar sampe sini dan gatau sama sekali kalo harus pake tiket. Udah nelpon tapi agaknya gak mungkin ngambil ke kantor. Akhirnya si ibu dosen yang ngeliat kita jadi iba dan ngusahain sesuatu. Nyariin tiket sisa di panitia yang ada disitu. Dan kita langsung dapet tiket buat dua orang, HURRAYY!

Sebelum mulai, kita kenalan sama salah satu panitianya, Mas F. Si mas F ini gak tau apa-apa soal Only Seven Left sebenernya, tapi dia asyik-asyik aja dengerin kita berdua ngoceh terus soal OSL. Terus kita dapet beberapa info dari dia, kalo OSL tadi check sound disitu sekitar jam 2. Demsyit lah, gue telat lagi..... Dan sebelum anak-anak OSL dateng itu, posisi bangkunya malah kedepan banget, macem buat acara talk show gitu. Katanya kalo diliat dari muke-muke anak OSL nya sih, mereka juga gak nyangka bakal manggung di suasana yang seformal ini. Akhirnya mereka yang minta bangkunya dimundurin, bikin kemungkinan supaya kali aja nanti ada yang mo maju ke depan. Katanya mas F sih, tadi dosennya ngomong kalo boleh-boleh aja ke depan, asal jangan berdiri..... LO KATA LAGI PENSI? MANA ADA NONTON KONSER ROCK BAND DUDUK LESEHAN DEPAN PANGGUNGNYA?

Hadeeehh.... gue sebenernya gak kebayang konser di ITB ini bakal jadi kayak apa. Dan kita berdua udah bertekad, apapun yang terjadi, kita teteup bakal berdiri di depan. It's not our university anyway..... si bapak rektor atopun dosen-dosen laen kaga bisa ngapa-ngapain kita.

Acara pun dimulai si mas-mbak MC pake baju macem buat lomba pidato. Ngomong Indonesia-English untuk memperkenalkan OSL.Sebelumnya ada sambutan dikit dari Om Bob, orang Erasmus yang nganter bocah-bocah OSL ini keliling Indonesia (Bram gabisa dibilang bocah, sih :p). Abis itu ada sambutan lagi dari....

Uhuk. Sambutan lagi dari....

Uhuk.... Rektor....

щ(ºДºщ)

Gue gak bakal heran kalo abis ini OSL bakal pidato, bukannya nge-band.

Konser pun dimulai, mereka mulai nyanyi Run Away.....
Gue sama Ruka yang duduk manis mulai ikutan nyanyi en gak sabar hentak-hentak lantai karna gak asik dong ah lagu beginian gak jejingkrakan.....

Akhirnya lagu Run Away beres dan gue sama Ruka udah 'gatel' banget sama suasana begini. Kita fokus ngelatin mereka dan Bram manggil dedek Bjorgen buat manggil penonton ke depan (gue ngerti bahasa hutannya Bram). Otomatis (bahkan sebelum Bjorgen ngomong ke penonton) gue sama Ruka langsung berdiri dan niat mo maju ke panggung. Gue tanya ke Bjorgen/Bram sapapun yang lagi nengok ke gue, dengan bahasa hutan kalo gue pen maju ke depan panggung, boleh apa kaga. Pas Bjorgen ngangguk-ngangguk sambil manggil gue kesana, tanpa ba-bi-bu lagi gue langsung narik tangannya Ruka buat maju ke depan dan jejingkrakan di depan. Yeah, screw up with the lecturer. Like we said before, it's not our university anyway. Ternyata dong, pas tadi gue nanya ke Bram n Bjorgen, Ruka malah nengok ke bapak Rektor dan nanya boleh maju kedepan apa kagak. Si bapak rektor mukenye bingung en ngerasa gak enak gitu, tapi Ruka asek aja maju ke depan bareng gue.

Lagu kedua beres dan cuma kita berdua yang ada di depan. Saat itu, Bjorgen sekali lagi ngundang penonton untuk ikut bersenang-senang di depan. Gue yang gatel sama orang-orang yang masih duduk aja akhirnya balik ke bangku buat nyeret Joen sama Rani yang baru aja kenalan tadi sebelum mulai. Mereka awalnya masih ragu, tapi gue bilang cuek aja, screw up with the rules. Tipikal B murni abis gue ini. Akhirnya yang tadinya berdua, berempat, nambah lagi, lagi, dan lagi..... yang maju ke depan jadi rame. Meskipun masih banyak juga yang menikmati (atau mungkin tidak) dari bangku.  Kata Ruka sih, pas gue balik ke bangku buat narik Joen & Rani, orang-orang yang duduk tu ngeliatin gue dengan tampang gak suka. Ada yang bilang 'norak' malah. Hahaha, lebih norak mana sama orang yang nonton rock band dengan duduk manis?
Nih, awal-awal, belun ada yang maju dan Om Robin dengan bebasnya ngerekam mereka dari depan panggung yang super cetek itu.




Gue ikut nyanyi di depan sepenuh hati sampe suara gue rasanya udah gak bisa keluar lagi. Dan berhubung gue sama Ruka yang jadi pelopor supaya orang-orang mau maju ke depan.... gue ngerasain dapet tatapan makasih dari masing-masing anggota OSL (anjir pede abis). Tapi berhubung gue fokus ke Hinne, dia sering banget nengok ke gue sambil senyum dan naekin alisnya :D (kayaknya si Hinne gatau caranya ngedip) :p


AWWWWW!! BAHAGIAAAA!!!


Hinne lagi senyum itu, superb.
Si dedek ini emang genik banget, fotonya keren-keren.....
Aduh bingung mau kasi caption apa buat gambar ini.... Lucas pake kemeja biar gak keliatan tambun yah? Haha XD

Hayooo Bram ngapain ngeliat kemari XD

Dedek Bjorgen a.k.a. Dek AAB (Anak Alay Belanda) masih dengan gaya lama, kolor kemana-mana....
Babang Jochem masih petakilan, mondar-mandir kemana-mana.....
Lucas juga masih gak pindah-pindah tempat selain buat main piano....
Bram yang tadinya agak gak semangat mainnya, jadi lumayan semangat pas banyak yang maju....
Dedek Hinne tentu saja tetep tampan seperti biasa (entah kenapa komen yang ini beda dari yang lain)

Kebetulan (oke, gue emang udah ngincer, bukan kebetulan) gue dirinya pas depan Hinne, yang karna panggungnya cuma setengah meter kurang, rasanya puas banget gue mandangin dia dari depan gitu (人´∀`*)

Karna Ruka pen mandangin babang Jochem terus, dia pindah ke sebelah kiri....
Heh sayang seribu sayang, pas dia udah di depan babang Jochem, eh si babangnya malah ke tempatnya Hinne, di depan gue, di depan tempat Ruka sebelumnya. Pas Ruka pindah lagi ke samping gue, babang Jochem juga balik ke tempatnya semula (*≧▽≦)ノシ)) Gak tahan deh pengen ngakak.

Sepanjang konser, om Robin nyosor pake kamera ke muke kita berdua. To close oom.... to clooose.... mundur dikit..... sambil nyanyi, kita ngomong seberapa suka ama konser ini, terakhirnya pengakuan dah ke Winterwerp brothers. Ruka : JOCHEM, I LOVE YOU! Gue : HINNE, I LOVE YOU!

Dek Bjorgen bukan covering year 3000 nya Busted lagi, tapi Animal nya Neon Trees. Dia pernah bilang sih kalo dia emang fanboying Neon Trees. Winterwerp Brothers masih sama, covering 'Replace You' nya Silverstein. Gue udah mule apal itu lagu, makanya bisa ikutan nyanyi, gak kayak pas di Erasmus, karna gatau sama sekali. Waktu mereka berdua mau mulai, Gue, Ruka, Joen sama Rani bareng-bareng tereak "WINTERWERP!!!" dan mereka langsung ngeliatin kita sambil senyum. Awww......

Pas Encore, gue ngerasa sebenernya mereka agak ragu untuk nyanyi lagi. Keliatan banget dari mukenye Bram yang gampang banget kebaca. Tapi karna kita-kita yang depan semangat banget teriak "We Want More!" gak berenti-berenti, akhirnya mereka nyanyi Turn Around sekali lagi :)

Pas abis, gue teriak sama Hinne, minta pick gitarnya. Dia udah sempet turun panggung, tapi balik lagi buat nyari pick gitar dan langsung ngasih ke tangan gue sambil salaman, bonus senyuman gantengnya. Gue bahagia bisa hidup sampe sekarang..... (≧艸≦)

Abis itu mereka dapet hadiah dari pihak ITB, macam band indie menang lomba pensi gitu deh, hehe.
Band indie menang lomba pensi
Selesai itu, mereka ganti baju di ruang ganti dan kita nunggu di luar. Pas ketemu Bram, kita langsung ngobrol sama dia. Dia bilang dia juga kurang sreg sama suasananya yang terlalu formal. Etapi abis itu dia bilang terima kasih sama kita soalnya gara-gara kita yang lain jadi pada maju. Dia bilang dia gak ngerti sama orang yang nikmatin sambil duduk, mungkin mereka lebih nyaman begitu, haha. Abis itu, sesi poto-poto antara Bram dengan para liliput..... iya, kita-kita inilah...




Selese, langsung nyamperin babang Jochem yang masi ngobrol sama awewe. Dan akhirnyaaa.... Ruka kesampean juga meluk babang Jochem, ahahahay :D

Terus giliran gue deh masuk lagi ke dalem. Di dalem Hinne masih beres-beres di panggung. Gile ye, kakaknya asik ngobrol sama awewe, adeknya masih kerja keras.... ckckckck. Abang macam apa kau, Jochem!! Akhirnya gue dapet kesempatan juga ngobrol sama Hinne. Macem-macem sih yang diomongin, tapi yang paling gue inget itu pas dia ngebenerin pronounce 'Groningen' gue yang salah. Boso Londo tuh suseh..... Udah gitu dia bilang di Groningen itu agak susah soalnya mereka punya logat sendiri yang kadang dia sendiri juga susah nangkep. Demi apaaaaa?? orz

Hinne, gue down niiihhh.....

Gue down, eh dianya ketawa aje....

Abis itu poto dah.... peluk dah.... peluknya dari depan pula, AAAAAAAAA...... (≧艸≦)

Ruka nyenggol gue dan bilang ke gue supaya jangan lupa ngasih gelangnya. Abis itu dia ngobrol lagi dah sama babang Jochem. Gue nervous banget pas ngasih itu gelang. Pas dia terima, dia malah nyuruh gue nyimpen satu karna yang gue kasih ada dua dan dia pengen gue pake satu. Heeehhh, sweet bangeeettt...(≧艸≦) Tapi abis itu gue nunjukin kalo gue udah pake dua gelang yang sama yang gue kasih ke dia.

Ruka diminta sama babang Jochem untuk makein gelang itu. Terus babang Jochem juga ngeliat gue ngasih gelang yang sama ke Hinne dan nyuruh Ruka makein juga, tapi Ruka nyuruh gue yang makein. Anjir lah, gue lupa, harusnya gue bantuin Hinne makein itu gelang. Dia pendiem en penurut sih, jarang minta bantuan. Jadi gue tawarin buat bantu makein deh. Meskipun saking herpes....eh....nerpesnya....gue narik gelangnya kekencengan, hahaha. Katanya Ruka, babang Jochem nanya kenapa gue makeinnya lama banget, dengan tatapan heran. YA AMPLOP, GUE LUPA ABANGNYA MENDERITA BROTHER COMPLEX DAN HARUSNYA GUE MINTA IJIN DIA DULU SEBELUM DEKETIN ADEKNYA!  щ(ºДºщ)

Maap ya babang Jochem, adek lo imut banget, gue nerpes ampe makein gelang aja lama banget....

Etapi abis Ruka bilang itu siblings bracelet mukenye kembali cerah dan langsung tereak ke Hinne, "Yo Hinne, this is a bro things!" sambil nunjukin gelangnya. As expected from brother complex.

Yah, meskipun gue sama Ruka bukan sodara beneran sih. Tapi sudahlah :D
Abis itu kita berempat foto bareng dengan gelang yang sama deh.
Siblings Bracelet!!
Abis itu kita nyamperin Lucas yang pake baju batik birunya dengan bahagia, dikancingin sampe leher pulak :D Pas lagi tanda tangan di bajunya Ruka, Abang Lucas nggigit kaleng kokakolanya semulut-mulut. Mulutnya dia gede juga ternyata. Tapi pas gue nanya sesuatu, dia jawap dan lupa kalo lagi nggigit kaleng kokakola. Tumpah deh.... dasar si forever additional member ini.... Abis minta tanda tangan, foto-foto deeeh sama abang Lucas :)
Batiknya gak nahaann.... itu kaleng kokakola udah jatoh masih dipegangin aje....
Yang terakhir kita samperin udah pasti Dek Bjorgen, karna dia itu paling diincer, jadi mending nyamperinnya terakhir-terakhir aja, pas agak sepi :D Celananya si dedek ini digulung sebetis macam orang kebanjiran gitu. Asyiknya, dia nunjukin alis kanan-kirinya yang bisa naik-turun macam Shinchan. Lucu sekaligus keren, karna gue gak bisa kayak gitu. Abis itu Bram dateng dan bilang sesi ngobrol-ngobrolnya udahan, dedek Bjorgen mo istirahat. Ckckck, tipe bapak sayang anak banget. LOL.
Tuh celananya, macam udah pernah ngerasain banjir Jakarta aja....Eh, di Belanda kan lebih sering banjir yak? Hahaha, udah biasa berarti dia XD



Seberapapun gue berusaha ngikutin alisnya, teteup gak bisa. Dedek ini udah expert
Gue sama Ruka pulang paling terakhir, karna kita nungguin mereka beres dan mo minta poto bareng sama semuanya. Dek Bjorgen ngomong "SIKAAAAT!" dan semuanya ngumpul. Terus absen, "Lucas, siap?!" dan Lucas yang pede langsung tereak, "SIAAAKK!" udah kenceng, salah pula.

Anjer lah gayanya Abang Lucaaas :D
Yang tengah vokalis baru.... (suara jelek gak sadar diri)
Akhirnya beres, gue dan Ruka pun pergi ke depan nunggu jemputan, di depan kampus, pas kita lagi duduk-duduk, mobil travel mereka lewat dan nge-klakson. Otomatis kita langsung lambai-lambai sambil bilang "BYE-BYE!" ke mereka. Hahaha.

Emang sih gue akuin konser yang di ITB ini terlalu gak sesuai ekspektasi karna sama sekali gak ada promosi apapun via internet dan tiket yang katanya ada 300 itu udah abis, padahal masih banyak space kosong. Yang diri di depan cuma sebagian dan yang lain cuma duduk tampak tak tertarik. Gue sebenernya gak enak sama anak-anak OSL nya karna konser yang di ITB ini jauh banget sama yang di Erasmus kemaren. Andai gue sama Ruka gak maju, mungkin aja bakal lebih sepi dan jadi macam konser jazz gitu. Apa panitianya kebanyakan belajar sampe gak sempet promosi di twitter sama sekali? Apa anak-anak ITB gak ada yang pernah dateng ke konser rock sebelumnya? Minimal pernah liat di tipi laaahhhh..... Gue yakin anak-anak OSLnya juga agak males pas Encore karena emang gak terlalu banyak yang menikmati musik mereka selain kita-kita yang di depan tadi. Mungkin aja mereka mainin encore karna gak pengen kita-kita yang udah tereak-tereak di depan itu kecewa. Yah apapun alesannya, yang penting ada encore :)

Meskipun dari sisi itu mengecewakan, seenggaknya konser yang di ITB ini eksklusip banget! Gue bisa ngobrol sampe puas sama mereka, bisa poto-poto sampe puas juga, hehehehe. Kalopun gak dateng ke IPB sebenernya gakpapa. Tapi pas terakhir, Ruka janji sama Hinne kalo kita berdua bakal dateng lagi ke Bogor dan gue gak bisa bilang enggak di depan Hinne. Jadilah kita terlanjur janji buat dateng ke Bogor, meskipun sampe detik itu gatau caranya gimana, gatau bakal dapet ijin apa enggak, gatau pulangnya kemana dan naik apa.

Pulangnya, gue baru inget kalo kita lupa ngasih permen yang tadi udah dibeli (TAT) Makin nambah lah alesan buat tetep dateng ke Bogor.

Yeah! Selanjutnya, report konser di Bogor!!!
Gak bisa sekaligus, kesian ini jari gueee..... ini aja 9 lembar lebih 〆(・_・@)

Photo by : NIKOLAJ, punyanya harukaze banri. Thankyou Nikolaj! *Diinjek Ruka*

2 komentar:

  1. Aaaa.... Enak banget keknya kau Na. Sayang saia tak terlalu suka musik.

    Ditunggu report selanjutnya :p

    BalasHapus
  2. Akuw gak bisa muv on.....
    Akuw gak mau muv on.....
    Lagi super bahagia >////<
    Sayang lo gak demen Ru, hahaha~

    BalasHapus