Rabu, 25 Januari 2017

Kebiasaan Menyontek yang Mendarah Daging

Hari ini gue baru aja ngawas UAS di kampus. Dan sejujurnya gue merasa ngawas itu lebih melelahkan daripada ngajar di kelas. Karena meleng sepersekian detiik aja, mahasiswa udah sibuk tengak-tengok, lirak-lirik, dan mengarahkan pandangannya ke manapun jawaban berada. Mereka itu udah kayak sekumpulan elang yang bener-bener bisa memperhatikan gerak-gerik sang pawang sekecil apapun. Lengah sedikit, langsung samber. Gercep. Gerak cepet.

Padahal mah, walaupun lagi nunduk misalnya, pengawas itu tau loh siapa-siapa aja yang lirik-lirik. Gerakannya tetep ketangkep mata walaupun nggak diliatin bener-bener. Kalau nyontek dan nggak ditegur, itu berarti pengawasnya emang sengaja ngebiarin. Mungkin baru pada sadar kalau nanti jadi guru dan nyoba ngawas di depan kelas.

Gue termasuk salah satu dosen yang cukup strict soal mengawas ujian. Kalau lagi ngajar mah wajah gue lembut macam marshmallow (uhuk), kalo lagi ngawas ujian langsung henshin jadi muka senggol-bacok. Gue bukannya sok suci dan bakal bilang kalau gue sendiri nggak pernah nyontek. Tapi gue paling nggak suka kalau pembelajar bahasa Jepang masih punya kebiasaan nyontek. Bukan, bukan masalah bahasa Jepangnya. Tapi masalahnya bahasa Jepang itu udah penjurusan, atau jadi persyaratan khusus untuk pekerjaan tertentu. Pembelajar bahasa Jepang (begitu juga pelajaran khusus/penjurusan lainnya) seharusnya sadar kalau ilmu yang mereka pelajari itu adalah ilmu yang bakal dipakai waktu kerja nanti. Pembelajar harusnya sadar kalau mereka harus belajar untuk menguasai ilmu itu, bukan untuk dapat nilai yang bagus. Iya, nilai bagus itu penting, tapi hanya sebagai tolak ukur keberhasilan diri sendiri aja. Kalau masih dapet jelek, ya berarti kemampuan kalian belum cukup/mencapai standar. Belajarlah dua kali lipat, belajar lebih keras supaya nilainya naik. Dengan begitu senggaknya kalian dapat menjamin diri sendiri saat turun langsung di dunia kerja nanti.

Selama 9 tahun wajib belajar, pasti ada aja saat-saat gue nyontek sama temen. Tapi gue bener-bener menghilangkan kebiasaan itu saat masuk kuliah. Karena gue sendiri yang milih jurusan bahasa Jepang. Dan gue sadar kalau gue membutuhkan ilmu itu untuk pekerjaan yang gue inginkan setelah lulus kuliah. Gue nggak pernah nyontek sekalipun saat ngerjain ujian bahasa Jepang. Untungnya hampir semua temen sekelas gue berpikir hal yang sama. Jadi gue nggak terlalu dapet masalah macam anak pinter di SMA yang dikatain pelit gara-gara nggak mau ngasih jawaban pas ujian. Kalau gitu ceritanya, temen sekelas gue itungannya pelit semua. Akakakaka. Paling dari satu angkatan, cuma ada beberapa aja yang masih kebiasaan nyontek. Dan karena mereka minoritas, yang mau ngasih contek ya sesamanya aja. Yang bener-bener belajar mah nggak ada yang mau terlibat.

Tapi itu khusus mata kuliah jejepangan aja, sih. Selain pelajaran jejepangan, pasti gue skip belajarnya. Mau dapet jelek juga bodo amat, toh gue pikir pelajaran-pelajaran selain jejepangan nggak bakal berguna buat masa depan gue. Pelajaran yang selalu gue skip dan jarang masuk kelas adalah pelajaran tambahan terutama mata kuliah kependidikan. Lalu akhirnya gue jadi dosen.... Oh, ironi.... :v



Balik ke topik. Kenapa kebiasaan jelek bernama menyontek ini mendarah daging banget buat orang Indonesia?

Menurut gue ini karena sistem pendidikannya juga, sih. Sistem pembelajaran Indonesia selama SD-SMA itu memaksa kita untuk menyontek. Akui aja. Anak yang nggak pernah nyontek dari SD sampe SMA itu cuma anak-anak spesial.

Ya gimana nggak pada nyontek kalau anak sekolah dipaksa belajar belasan bahkan puluhan mata pelajaran sekaligus?

Gue bahkan nggak nyontek cuma untuk mata pelajaran yang gue kuasai macam matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Lah, gue cuma bisa mapel dasar banget yak? :v

Buat pelajaran lain, gue masih suka nyontek sesekali. Nggak sampe maniak, sih. Untuk mapel Fisika, gue nggak nyontek walaupun gue sendiri nggak bisa. Soalnya gue juga tau kalau temen-temen gue sama-sama nggak bisa. Kalau nyontek, yang ada nilainya malah lebih jelek daripada ngerjain sendiri. Kalau mapel Biologi, biasanya gue sengaja nunggu remedial. Soalnya lebih gampang dan gue bisa dapet nilai standar #heh

Fisika susah, Kimia benci, Biologi hasemeleh hasemeleh....
Gue ini sebenernya anak IPA macam apa, sih....

Alasan lain kenapa murid terpaksa nyontek adalah, karena mereka nggak ngerti buat apa mereka belajar semua mata pelajaran itu. Termasuk gue. Iya, gue nggak paham apa gunanya mempelajari molekul untuk masa depan gue. Dan apa gunanya gue mati-matian menghapal bagian-bagian kecil dalam ginjal manusia kalau udah bisa dipastikan gue nggak akan jadi dokter?

Apakah gue akan menggunakan ilmu-ilmu itu dalam kehidupan sehari-hari?

Nana: Aduh, perut bagian samping gue sakit, kayaknya ginjal gue bermasalah, deh...
Temen: Jangan-jangan korteksnya bermasalah...
Nana: Waduh, bisa jadi. Berarti proses filtrasi dan ultrafiltrasi dalam tubuh gue lagi nggak bener, dong?
Temen: Walah, gawat itu. Semoga sih nggak sampe medula-nya juga...

(sumpah, ini gue sendiri kagak tau nulis apaan :v)

Iya, obrolan kayak gitu nggak akan terjadi dalam sejarah perjalanan hidup gue. Jadi bisa dipastikan gue hanya membutuhkan pelajaran biologi sekitar 1-2% dari total keseluruhan yang gue pelajari selama SMP-SMA. Gue cuma membutuhkan pengetahuan umum kayak manusia bernapas dengan paru-paru, hidup selama jantung masih berdetak, walaupun bisa dikatakan tinggal badan doang yang hidup kalau hati udah mati. Biasanya karena patah hati.

Coba deh tes salah satu guru mata pelajaran khusus di SMA. Guru matematika misalnya. Bisa nggak dia ngerjain soal ujian kimia atau fisika? Tanya guru olahraga, bisa nggak ngerjain soal geografi? Tanya guru bahasa Indonesia, bisa nggak ngerjain soal matematika?

Kalau gurunya nggak bisa, ya jangan mengharap muridnya bisa semua pelajaran doooong....

Jadi jangan heran kalau murid-muridnya pada nyontek. Karena pada dasarnya yang bisa menguasai semua pelajaran dengan baik itu cuma anak-anak dengan kemampuan berlebih aja. Bisa dibilang, bahkan anak macam begini jauh lebih jago daripada gurunya.

Menurut gue, seharusnya wajib belajar 9 tahun itu nggak perlu ada ujian. Jangankan UN, ulangan harian juga sebenernya nggak perlu-perlu amat. Harusnya selama 9 tahun itu murid diarahkan untuk menemukan bakat dan minatnya di mana. Sisanya ya pelajaran-pelajaran yang bener-bener dasar dan wajib macam pendidikan agama, kewarganegaraan, bahasa Indonesia, dan sejarah (tolong ya, sejarahnya juga sejarah yang bener, bukan sejarah yang udah kebanyakan dimanipulasi kayak sekarang -_-).

Coba kalo begitu. Pasti anak-anak galau yang nggak tau mau ngambil jurusan apa pas kuliah berkurang. Semakin cepat anak tahu minat dan bakatnya, makin baik. Karena mereka bisa belajar mendalami lebih awal apa-apa yang menarik minat mereka.

Gue masih menyesal lho nggak ngambil sekolah yang ada jurusan bahasanya orz


Tidak ada komentar:

Posting Komentar