Kamis, 28 Juli 2016

Mari Belajar Matematika! :D

Itu judul barusan gue ganti. Aslinya "Review Soal Tes Matematika untuk Masuk Perguruan Tinggi di Amerika". Tapi karena kalo dikasih judul begitu pasti pada minggat duluan, jadilah ganti judul. Haha.

Alkisah, sorang pisang yang kurang kerjaan malem-malem, iseng nontonin video youtube yang berjudul Koreans Take SAT Math Section

SAT Reasoning Test (dahulu Scholastic Aptitude Test atau Scholastic AssessmentTestadalah tes standar untuk penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi di Amerika Serikat. SAT dimiliki, diterbitkan, dan dikembangkan oleh Dewan Sekolah Tinggi, sebuah organisasi nirlaba di Amerika Serikat. (Thanks Wikipedia)



Kalo penasaran, liat aja videonya dulu. Menarik, kok.

Pas gue nonton, gue langsung berpikir. Segampang itu? Bahkan Orang Korea yang merasa bego banget Matematikanya aja dapet 70/100. Sementara yang merasa jago matematika dapet 100/100 dan dia bilang soalnya GAMPANG BANGET. Dia juga bilang kalau itu adalah soal paling dasar yang mereka pelajari di Korea. Biasanya mereka dapet soal matematika lebih ke aplikasi yang lebih rumit dan bagaimana menggunakan rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal.

Hmm... soal matematika di Indonesia juga begitu, sih. Mendadak jadi inget soal matematika pas SPMB. Meski udah belajar mati-matian (dan kenyataan bahwa soal Matematika yang gue kerjakan adalah Matematika umum [bukan MTK IPA] karena gue milih jurusan Bahasa), gue cuma pede 60-70 persen aja. Sisanya enggak yakin dan enggak diisi karena soalnya tentang 'limit' (satu-satunya bab di pelajaran MTK yang gue hindari dan bikin gue enggan masuk jurusan MTK :p). Untunglah nilai MTK gue membantu banget gue lulus karena nilai IPS gue jeblok. Eyalah, dua tahun belajar IPA, ngerjainnya soal IPS, random bat jalan idup gue....

Nah, abis liat video itu, gue enggak sengaja liat video lain tentang orang asing yang nyoba SAT English-nya Korea. Hasilnya, hampir semua bingung sama soal bahasa Inggris yang kayak artikel panjang sementara soalnya cuma satu (entah kenapa mirip sama soal bahasa Indonesia di sini yang sampe delapan halaman dan susah dijembrengin di meja karena kepanjangan).

Lalu gue pun jadi berpikir, orang Korea pinter banget apa yak? Ya kalo dibandingin orang Amrik sih... Tapi tetep aja, sejauh itu kah bedanya?

Tapi gue belum bisa memutuskan soal matematikanya gampang atau enggak kalau enggak lihat soalnya langsung. Akhirnya gue mencari video persiapan SAT di youtube. Kebetulan, gue buka salah satu video yang menjanjikan cara mudah untuk mengerjakan beberapa soal tersulit SAT. Pas nonton gue bengong....

Kok.... kayak... soal.... SMP?

Ini videonya btw. Yang merasa pede, coba kerjain duluan sebelum dia ngejelasin caranya. Gue yakin kalian bisa

Udah pada nyoba jawab? Oke, mari kita screencaps soalnya satu-satu.





Bukan bermaksud sombong, tapi gue bisa ngerjain soal ini kurang dari 30 detik, bahkan sebelum si pembuat video ngejelasin caranya. Dan gue yakin masih banyak banget yang bisa ngerjain lebih cepet dari gue. Bahkan, seinget gue, jaman gue tuh mulai belajar persen pas kelas 6 SD.

Gue inget soalnya gue salah ngerjain satu soal MTK pas UAN. 0,4 = .... % --> malah gue jawab 4% Hahahahahahaha. Kesalahan yang berbekas di hati sampai sekarang.
















Ini masih soal persenan dan gue makin berpikir orang-orang Korea yang tadi gue tonton bukannya jenius. Bener kata mereka. Soal ini TERLALU GAMPANG. Bahkan ada yang iseng komen di video youtubenya, "Kalo orang Jepang atau China yang ngerjain, pasti mereka bisa tidur pas ujian".





















Kalau soal yang ini, mungkin beberapa udah lupa caranya saking lamanya enggak nyentuh matematika kayak gue. Tapi seinget gue ini bentuk soal persamaan garis paling dasar. Tinggal dimasukin aja persamaannya, terus tentuin wilayahnya di gambar.















Ini soal keempat dan terakhir di video yang gue tonton. Dan balik lagi ke soal persenan :)
Ini asal ngerti logika soalnya, gampang banget kok ngerjainnya. Dan harusnya jawabannya enggak pas 9%, tapi 9,1%. Kalo di Indonesia pasti ini dibilang salah soal -__-
Soalnya biasanya jawaban dari soal-soal lain itu sampai dua atau tiga digit di belakang. Nemu soal yang jawabannya bulet itu wow sekali.

Jadi itulah beberapa soal yang dianggap sebagai soal "tersulit" di SAT. Yang susahnya begini, yang gampang kayak apa? (.______.)

Gak puas, gue nemu soal lain, nih.


Lalu bengong....
Demi apapun, ini gampang banget, plis....

Judulnya itu lebay banget "Everyone Got This SAT Math Question Wrong".

Gue enggak pernah ikutan tes aslinya, sih. Ya buat apa juga. Tapi maap kalo ada yang pernah ikut dan ternyata soalnya gak segampang ini. Gue cuma review dari soal-soal yang gue liat di youtube, sih :v

Udah ah, tengah malem ngomongin MTK, rajin banget ba nana. Tidur sanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar