Senin, 23 Desember 2013

Mungkin Gue Memang Sangat Beruntung....

Hari ini gue sama Zu melanglangbuana ke Kemang untuk bertemu para penulis Gagas Media dan Bukune (yaelah kemang doang aja pake melanglangbuana). Yeah! Ketemu penulis lagi :))

Seperti yang tertera di profil twitter gue, "Hobi: membaca, menulis, dan mengejar penulis untuk minta foto bareng." Jadi, setiap ada kesempatan bertemu penulis (terutama yang gue suka) harus dong meluangkan waktu untuk dateng. Wakakakaka.

Temu penulis&pembaca yang diadain bukune+gagas ini memang cukup unik. Ada beberapa sesi talk show yang temanya menarik banget. Yang paling menarik perhatian gue ya, "non-fiksi komedi vs fiksi komedi". Secara, berhubung, kebetulan gue juga amat sangat berminat untuk menjadi seorang penulis komedi, topik ini sayang banget untuk dilewatin.

Sebelum acara ini digelar, katanya sih boleh kasih saran siapa penulis yang akan diundang. Gue kasih saran untuk ngundang Dimas Abi Aufan (pengarang Detektif Sekolah), Moemoe Rizal (pengarang Bangkok), dan Raditya Dika (taulahya kalo yang ini mah). Sayang permintaan gue enggak ada yang dikabulkan :(

Akhirnya, ada lima penulis komedi yang diundang, Alitt Susanto (penulis Skripshit), Adhitya Mulya (penulis Jomblo), Stephany Josephine (penulis the Freaky Teppy), Ferdiriva Hamzah (penulis Cado-Cado, dan Ryandi Rachman (penulis Boys will be Boys & Satu Per Tiga). Dari lima penulis itu, gue cuma tau dua orang, Alitt sama mas Adhit. Dan sejujurnya gue cuma suka satu penulis, mas Adhit. Yah, sebenernya undangan ini agak kurang adil juga sih. Dari lima orang, empat orangnya penulis non-fiksi komedi dan yang nulis fiksi komedi hanya mas Adhit seorang. Jadinya, agak kurang orang untuk menggambarkan seperti apa fiksi komedi itu sebenarnya (meskipun menurut gue mas Adhit udah cukup sempurna dengan jawaban-jawabannya). Ini penting buat gue yang juga mau bikin fiksi komedi soalnya, hehehe.

agak burem, ngambil dari twitternya bukune... (terus nyalahin gitu...)
Setelah masing-masing penulis membeberkan pengalamannya, yang gue tangkep adalah. "Nulis fiksi itu susah, karena bla bla bla. Sedangkan nulis non fiksi itu lebih gampang, karena mengacu ke kehidupan sehari-hari aja." --> ini jelas suara mayoritas karena penulis non-fiksi nya ada empat orang.

Sejujurnya, gue bukan pembenci buku non fiksi komedi. Gue bisa menikmatinya seperti gue menikmati buku yang lain. Tapi, sebenernya non-fiksi komedi itu sekarang menjamur banget. Dan yang selalu menjadi bahasan menarik adalah, betapa sialnya kehidupan si penulis. Oke masing-masing penulis punya cara penyampaian yang berbeda, pendekatan yang berbeda, dan gaya bercerita yang berbeda. Tapi buat gue yang kayaknya udah kebanyakan baca, itu sama aja....I need something different. Sebagai pembaca komedi, gue enggak puas sama komedi yang gitu-gitu aja. 

Coba deh diitung, udah berapa buku komedi yang terbit berdasarkan pengalaman sial si penulis sejak raditya dika? Banyak banget. Gue tetep suka baca punya bang Dika karena beberapa alasan. Dia mendalami komedi secara serius dan itu kelihatan dari tulisan-tulisannya. Sekarang, hampir semua komedi yang dia tulis, pake punchline. Gaya tulisannya yang 'pintar' dan membuat banyak orang percaya dengan karakternya yang di buku itu menurut gue adalah suatu keberhasilan.

Tulisannya mas Adhit, menurut gue, nilainya jauh lebih oke dari tulisan bang Dika. Tapi berhubung yang satu nulis fiksi dan yang satu nulis non-fiksi, rasanya gak adil kalo gue banding-bandingin. Tapi bener deh, buku fiksi komedi yang ditulis mas Adhit (Jomblo terutama, bukan berarti yang lain enggak) humor-humornya pinter banget. Kadang sama sekali enggak kepikiran, tapi bener-bener mengundang tawa.

Gue bukan mau mendiskreditkan penulis non-fiksi lho, tetep ada yang membuat gue tertarik. Penuturan mas Feridiva yang nulis buku Cado-Cado (catatan dodol calon dokter) membuat gue tertarik untuk membaca bukunya. Mas yang satu ini, nulis komedi dengan observasi mendalam. Iyalah, dia kan dokter. Pokoknya kalo denger penjelasan mas ini, kayaknya nulis buku itu bener-bener kayak nulis skripsi. Semuanya harus jelas dan butuh observasi berulang kali. 

Berhubung yang dateng gue nih, gue yang serius mau menulis komedi, gue pun mengajukan pertanyaan dengan serius soal komedi. "humor itu kan sifatnya subjektif banget, sesuai selera. kalo menurut kalian, mending bertahan dengan gaya humor yang sekarang (orang mau suka gak suka yaudah) atau belajar soal gaya-gaya humor yang lain untuk menarik pembaca lebih banyak?"

Rata-rata jawabannya adalah, mempertahankan gaya humor dan gaya bercerita yang udah mereka lakukan, karena sejak awal memang mustahil membuat semua orang senang.

Tapi dari semua jawaban, gue paling suka jawaban mas Adhit, kata dia "terus belajar iya, mengikuti pasar enggak. Artinya, saya banyak mencari banyak belajar gaya-gaya komedi orang lain, tapi dari situ saya pilih yang saya suka dan sesuai dengan saya. Kalau kita mengikuti pasar, hilanglah sudah ciri khas kita."

Wow. Jawaban yang memuaskan.

Okee, selesai sesi tanya jawab, tiap penulis bagiin buku karya mereka setelah memberikan satu pertanyaan. Gue berharap, bisa dapet buku cado-cado, karena kayaknya menarik dan gue belum punya. Tapi waktu mas Feri ngajuin pertanyaan, gue kaga bisaaaaaa..... pertanyaannya dia dokter apa gitu....dan gue kaga merhatiin waktu dia ngomong di awal-awal, jadi gak ngerti, orz

Tapi oh tapi, abis itu giliran mas Adhit yang kasih pertanyaan. Buku yang dia pegang emang buku Jomblo, gue udah punya. TAPI ITU BUKU JOMBLO CETAKAN BARU YANG TERNYATA SANGAT UNYUU PEMIRSAH! ADA HAPPY CHICKEN DI COVERNYA!! 

Langsung kebayang Ringgo pake kostum ayam....
Dan betapa beruntungnya gue waktu pertanyaan yang diajuin mas Adhit adalah tentang buku itu sendiri, bulan dan tahun cetak pertama kali. Berhubung gue punya bukunya, gue langsung nyontek dan tau jawabannya :)) (Malahan, tadinya dia mau nanya ISBN kalo ternyata sama kayak buku lama, ini pun bakal bisa gue jawab karna lagi megang bukunya :D)

Bukan cuma dapet buku unyuu itu aja, ternyata Jomblo dengan cover baru ini bener-bener cetakan pertama! Dan gue adalah orang yang pertama dapet! Bahkan mendului mas Adhitnya sendiri. Bahagiaa~ :)

sampe ditulis 'Selamat!' hihi...
 
Terakhir kudu poto sama penulisnya dooong :p

Selesai sesi itu, ada talk show tentang setting luar negeri vs dalam negeri. Di talk show ini, gue hampir ketiduran. Karena emang agak ngebosenin, sih. Eh tapiii, tiba-tiba ada kak Mumu, kak Prisca, dan kak Robin yang tau-tau nyempil-nyempil di barisan belakang talk show :p

Waktu akhirnya mereka memutuskan untuk ngobrol jauh dari tempat talk show, gue sama Zu samperin aja deh, nimbrung ngobrol, hahahaha. kak Mumu inget gue! Hahaha, memang muka yang susah dilupakan, yah :D Tapi ternyata kak Prisca juga inget Zu dan inget gue adalah orang yang digantiin Zu karena gak bisa dateng makan siang bareng kak Prisca karena kerja. 

Akhirnya ketemu kak Prisca setelah dua kali gagal ketemu gara-gara kerjaan
Foto barengan langsung sama semuanya :))

Seperti biasa, kak Mumu dengan gayanya yang oh-so-Edvan
 Niatnya sih ya, bukan cuma ketemu dan minta foto doang sama penulis-penulis kece ini. Gue mau bergabung dengan mereka, secepatnya. Novel selesein dulu itu woooi, baru ngomong!

Dan sekali lagi, gue gagal ketemu Dimas Abi, padahal udah bawa bukunya tiga-tiganya dan ngarep banget doi bisa dateng (~"3")~

11 komentar:

  1. wah kerennnnn.... ya ampun itu novel jomblo yg udah lama banget itu yak??? oh di cetak lagi? lucu covernya :D
    semoga cepet selese bukunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya! cover barunya simple dan unyuu banget :))
      amiin, makasih doanya :D

      Hapus
  2. Wah, dirimu berfoto dengan penulis fave daku, Adhitya Mulya! Beruntung sekali! hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh yang jadi topik utama di postingan ini mampir, hahaha. iya, mas adhit salah satu favoritku juga :D

      btw, sekali-sekali ikut acara meet & greet dong kakaknyaa, mau minta ttd di 3 buku situ, hahaha xDD

      Hapus
  3. Meskipun gue merasa beruntung juga bertemu dengan Kak Moemoe, tapi setelahnya gue merasa kehilangan, payung gue, Na... *gejeh*

    Ih, ada Kak Dimas Abi! Haloo, kaaak!
    *sok kenal*

    BalasHapus
  4. Meet n greet kemaren bentrok ama acara kantor. Next time doakan ya, sukses bukunya ^^

    BalasHapus
  5. Meet n greet kemaren bentrok ama acara kantor. Next time doakan ya, sukses bukunya ^^ (nah, ini baru akun gw hahaha)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, ditunggu lah pokoknya. Tengkyu doanyaaa, lagi proses penulisan :p

      Hahah, salah akun, pake bela-belain komen 2 kali.

      Hapus
    2. Sip, ditunggu lah pokoknya. Tengkyu doanyaaa, lagi proses penulisan :p

      Hahah, salah akun, pake bela-belain komen 2 kali.

      Hapus
  6. Wah nana, beruntungnya... itu ferdriva dokter spesialis mata di JEC, dia salah penulis di buku the journeys juga...kalo ikutan gue mau jawab biar bisa dapet bukunya hehe.

    BalasHapus
  7. Nana beruntung sekaliii...na itu dokter ferdriva, dia dr. Mata di JEC. Kalo aku ikutan, aku mau jawab biar dapet buku hehe

    BalasHapus