Senin, 15 April 2013

Sedikit Sharing Soal Kerjaan Selama Dua Minggu

Halo, apa kabar semuanya? Alles goed?
Duh, udah dua minggu sejak gue jadi jurnalis, gue kehilangan kesempatan belajar bahasa Belanda lagi saking sibuknya (;´Д`) Atau mungkin gue belun terbiasa membagi waktu aja, jadi kesannya gue cuma kerja, pulang malem, tidur, bangun pagi, kerja lagi.... muteeerr aja begitu selama 2 minggu.

Perasaan gue selama dua minggu ini juga campur aduk. Antara ini waktu berlalu cepet karna gue langsung tidur begitu sampe rumah (tanpa mimpi apapun) dan bangun pagi buat siap-siap kerja lagi. Tapi di sisi lain waktu berjalan lambat karena gue gak terlalu tertarik di dunia jurnalisme yang gue jalani sekarang. Sejak awal emang tujuan gue pengen jadi jurnalis tepok bulu, kalo gak bisa jadi itu, semangat gue banting setir ke dunia jurnalisme sia-sia. Emang sih ini baru dua minggu.... Tapi.... gue pengen secepatnya masuk ke dunia yang gue mau, yang bikin gue tetep nyaman meski sibuk karena badminton udah jadi passion gue sejak lama (meskipun bukan passion jadi atlet, iya, gue tau....sadar diri kok....*cubitin lemak di perut*).

Jujur gue udah mulai nyaman (meskipun belum sepenuhnya) sama kerjaan gue sekarang. Karena gue dapet temen yang....well, dengan baik hatinya mau membimbing gue yang masih ijo ini. Dia enggak kayak mentor gue yang agaknya ngelepas gue banget meski gue baru dan gatau apa-apa. Mungkin karena dia cewek juga, jadi kita lebih nyambung aja. Dan gue juga ngerasa kalo gue temenan sama dia bukan cuma menguntungkan sepihak aja. Jadi, gue tetep berusaha untuk bisa menguntungkan dia juga.

Hmmm... gini. Dalam dunia jurnalisme, kita para jurnalis itu emang bersaing satu sama lain dengan jurnalis media lain. Tapi bukan berarti musuhan, sebaliknya, harus saling bantu. Hasil wawancara sama narasumber yang diketik cepet di HP atau ditulis cepet di notebook itu disebut transkip. Dan transkip itu super penting. Dengan ngembangin transkip yang sedikit aja (meski cuma 1 kalimat), kita bisa bikin satu berita baru. Masalahnya, untuk dapet transkip ini kita harus berusaha sendiri awalnya. Kalo emang enggak memungkinkan, ya kita bisa minta ke temen. Soal minta transkip ke temen ini juga gak sembarangan. Ada jurnalis yang toleran mau ngasih ke semuanya, banyak juga yang cuma mau ngasih ke temen deketnya aja.

Temen gue ini udah 3 tahun jadi jurnalis. Jadi gue belajar banyak dari caranya ngambil berita. Nanya-nanya  narasumber yang gak biasa. Misal : waktu press release, jurnalis yang lain sibuk nanyain polisi, tapi dia sibuk nanyain tahanannya. Waktu bapak-bapak polisi ini udah sepi peminat, dia baru tanya-tanya sama polisi itu. Waktu jurnalis lain udah balik ke balai wartawan (tempat ngasonya kita-kita sambil nulis berita), dia malah ke tempat tahanan itu dibawa dan nanya-nanya disana lebih detail lagi. Terkadang malah nulis beritanya langsung di tempat itu. Jadi nulisnya juga lebih tenang karena gak banyak orang kayak di balai wartawan. Ngeliat caranya bergerak, gue tertarik dan mulai praktekin apa yang dia lakuin. Hasilnya, lumayan.... :) Berita yang bisa gue hasilkan waktu gak ada press release bisa lebih banyak dari biasanya. Itu gue dapet dengan datengin langsung tempat polisi sambil tanya-tanya mulai dari tanggapan atas kasus tertentu sampai data-data khusus. Gue juga jadi rajin telpon-telpon oom-oom pemegang data kasus itu. Gue sama temen gue itu jadi sering jalan cari berita berdua aja. Karna kita ngerasa nyaman dan lebih enak karna gak selalu rame-rame sama yang lain. Polisi yang ditanya pun lebih enjoy kalo yang nanyain mereka cuma 1-2 orang.

Tapi, meskipun begitu, passion gue bukan disini. Gue tetep mau melangkah ke dunia jurnalis tepok bulu. Barusan, gue kenalan sama Faisal di twitter. Gara-gara dia super random nyari-nyari tentang jurnalisme dan akhirnya nyasar ke blog gue. Ahahaha. Ternyata blog gue yang random ini ada gunanya juga.

Setelah ngobrol-ngobrol, dia ternyata juga mau jadi jurnalis, karena dia sekarang belajar di jurusan politik. Dia ngasih saran, kenapa gue gak langsung daftar ke PBSI aja. Aduuhh.... maunya emang begitu dari dulu. Tapi gue nyari info-infonya susah banget. Giliran ada, bikin nyesek.... Baru aja dibuka pelatihan jurnalisme khusus untuk PBSI dan semua syarat bisa gue penuhi kecuali satu. HARUS MASIH MAHASISWA!

Aduh.... waktu baca pengumuman pelatihan itu.... gue nyesel-senyesel nyeselnya udah lulus kuliah duluan. Kalo aja itu pengumuman muncul waktu gue lagi ngerjain skripsi, atau sebelum sidang, lah.... gue pasti langsung ngambil cuti untuk mempertahankan status mahasiswa gue supaya bisa dapet beasiswa pelatihan itu.

Baiklah, sekarang gue tetep think positif aja siapa tau ada kesempatan lain. Gue mau serius ngebenahin blog gue yang satu lagi tentang bulu tangkis. Semoga aja kedepannya blog itu bisa bantu gue dapetin apa yang gue mau. Amiin....

Udah ah, gue cuma mau share kegalauan gue selama dua minggu jadi jurnalis ini....

Bonus: Wang Zhengming (kiri) Lin Dan (kanan), kebanyakan foto Simon di blog gue, jadi sesekali pajang atlet unyuu lainnya, WANG ZHENGMING!! (๑・ω-)~♥” kalo Lin Dan mah gagah, bukan unyuu :3

2 komentar:

  1. Ahahaha.. Nanka nitteru ne, atashitachi.

    Huff. Maa, otagai ganbaroo! *sambil nangis*

    BalasHapus
  2. Sou da yo ne.....
    Ima kara hoshii na shigoto o mitsukeru you ni ganbarimasu.....

    BalasHapus