Minggu, 14 April 2013

[Book Review] Haram Keliling Dunia

Yak, akhirnya selesai juga gue baca bukunya mbak Nur (kalo di buku kayaknya lebih akrab dipanggil Febri, tapi gapapa kan dipanggil mbak Nur aja? Biar sama-sama N, hoho :D). Jadi niatannya sih gue mau selesein baca + review buku ini dalam minggu kemarin. Tapi.... kayaknya kantor lagi seneng ngerjain gue. Seminggu pertama gue kerja cuma berdiam di Polda doang, tapi seminggu setelahnya mulai ditelpon sama editor, disuruh ngeliput keluar. Bukan gue gak suka sih.... Toh harusnya emang kerjaan jurnalis ya begitu. Cuma... gue kesel sama diri sendiri karena gue belun hapal jalanan Jakarta kalo naek motor. Jadi sukseslah gue buang-buang bensin dan waktu gara-gara nyasar berkali-kali sebelum sampe ke tempat liputan. Dan kenapa lagi-lagi gue curcol? Sudahlah, kita kan mau ngebahas buku disinih....

pic taken from : blog Haram Keililing Dunia
Judul Buku : Haram Keliling Dunia
Penulis : Nur Febriani Wardi
Jenis buku : Non Fiksi, Travel
Harga : Rp. 58.000,- (Tapi gue belinya cuma 50 rebu karna langsung dari penulisnya :D lumayan buat bayar bensin.... huahahaha XD)

Secara keseluruhan, jujur banget gue suka buku ini. Meskipun tetep ada pengecualian. Jenis kertasnya kurang bagus dan pasti cepet robek. Jadi dijaganya harus hati-hati. Yang paling utama adalah, hati-hati kalo mau minjemin buku ini ke orang-orang yang tidak kompeten alias gak suka menjaga buku alias suka nandain buku dengan melipat halaman (buat yang gak ngerti, ini gue lagi nyindir). Buat yang masih gak ngerti, plis....kalo lagi baca buku nandainnya pake pembatas buku atau kertas apa kek yang ada di sekitar, JANGAN DILIPET!

Oke, mari kembali ke topik karena ini melenceng jauh XD

Kalo diliat, judulnya emang bikin penasaran pasti. Haram Keliling Dunia? Maksut lo? Gue gak boleh keliling dunia? Gitu?

Ahahahaha, strategi marketing yang super sekali. Ternyata "Haram" disini adalah karena mbak Nur memulai petualangannya keliling Dunia dari Masjidil Haram. Gak heran dia ngambil kata "Haram" dari "Masjidil Haram" untuk judul. Jadinya ambigu yet interesting.

Yang gue suka dari buku ini adalah fakta-fakta menarik dari tiap negara yang dikunjungi. Misalnya aja kisah putri Sisi dari Austria. Putri yang dinikahi pangeran dan akhirnya justru merasa tersiksa karena harus tinggal di Istana yang mengekang. Gara-gara stress, dia malah terobsesi ngecilin pinggang sampe akhirnya lingkar pinggang dia gak manusiawi. Terlalu kecil, men!

Atau, sejarah Hungaria yang disebut 'The Loser' sama guidenya sendiri. Karna Hungaria selalu kalah dalam perang apapun. Waktu PD I ikut blok yang akhirnya kalah. Waktu PDII pindah ke blok lain, eh kalah juga. Udahlah, itu nasip....

Selain fakta-fakta menarik, mbak Nur juga cerita soal pengalaman-pengalaman menariknya di luar negeri. Okelah semua travel writer pasti nulis pengalaman menariknya masing-masing. Tapi gue tetep gak ngerti, kenapa cewek yang notabennya pake jilbab, mau nyobain sauna. Masuk ke saunanya pakaian lengkap, pula. Kalo waktu itu gue lagi disana sama mbak Nur, gue pasti khawatir si mbak ini lagi kesambet apa. Ya amplop, emang kurang panas gimana sih di Indonesia? (Jakarta, tepatnya) Gue aja sedih harus ke Jepang waktu musim panas. Gak beda jauh bok panasnya sama Jakarta (TAT)

Oh iya, pengalamannya si mbak digombalin ama cowok Itali, Roberto, juga lucu :D Abis digodain, taunya dia minta tip, ahahahaha.... as expected, Italian....

Tips-tipsnya juga oke. Terutama tips untuk menjaga shalat di negeri orang. Dia antara beberapa tips yang diutarakan, ada satu tips yang gue langsung catet. Pura-pura ambil baju di pertokoan, masuk fitting room, dan shalat disana. Ya ampun.... gue gak kepikiran ada cara begitu. Bener juga! :D Yah, kalo fitting roomnya super sempit kayak di endonesa sih agak susah, emang.

Selain pengalaman jalan-jalan, ternyata ada juga pengalaman romantisnya. Uhuy! Tapi kenapa?? Kenapa cerita sama Tuan Thakur nya gak diselesein, kenapaaaaa??? Itu kelanjutannya gimanaaa??? (jiwa keponya keluar)

Ada juga pengalaman sakit di luar negeri yang bikin super repot. Soalnya dokter mahal, dan harus ngurus diri sendiri pula. Sebagai catatan, berarti kita harus bawa obat-obat umum dari Endonesa sebelun jalan-jalan keluar negeri :) Kalo tinggal lama, gue sih harus bawa ponstan atau paracetamol (yang disebut mbak Nur sbg obat sejuta umat :p) karena gue langganan sakit gigi.

Kesimpulannya, buku ini OKE! Mana ilustrasi sampulnya unyuu banget, sumpah. Bikin pengen dikoleksi. Don't judge book by it's cover emang bener, tapi kalo isinya bagus dan covernya unyuu kan bagus buat dipajang di rak buku (。・ω・。)ノ♡

Mbak Nur berhasil menggapai impiannya dan mencintai pekerjaannya yang sekarang. Gue juga harus tetep berjuang supaya bisa pelan-pelan mendekat ke dunia jurnalis tepok bulu, nih. Ikut keliling dunia bareng atlet-atletnya yang super kece. Bisa nulis buku dari pengalaman-pengalaman itu. Dan teteup, S2 KE BELANDA! Ihiiyy~



3 komentar:

  1. Dateng lah ke rumah XD
    Btw, gue diundang mbak Nur ke launching bukunya, suruh bawa banyak temen. Ikut yuk! :3

    BalasHapus
  2. Great review! Ditunggu liputan dan foto-foto launchingnya..

    Add fb ku: Nur Febriani Wardi, ada sebagian foto disitu :)

    BalasHapus