Rabu, 31 Oktober 2012

Rumitnya cerita dalam komik cewek

Sebenernya gue pengen curhat macam postingan terakhir Ruru disini.
Tapi kayaknya enggak usah karena sekarang gue udah bisa memastikan gue mau kemana setelah selesai wisuda 2 hari lagi. Meskipun baru sekitar 70%.  Sekarang asiknya bahas sesuatu yang dari dulu bikin gue bingung dan akhirnya tercerahkan sekarang. Sesuatu yang bikin gue berkata, "Ooh, gitu toh! Gue ngerti sekarang!"

Sekarang entah kenapa gue lagi belajar nulis cerita romance....
Oke, mungkin gak sampe romance, paling sampe tingkat fluff doang sih. Tapi pokoknya kira-kira gitu. Berhubung genre cerita itu emang bukan keahlian gue, mau enggak mau gue butuh banyak referensi. Dan yang menurut gue pas adalah dengan nyari dan baca shojo manga (komik cewek). Gak terbatas itu doang sih sebenernya, soalnya gue nonton beberapa film juga, yang meskipun asalnya agak random (keliling dunia mulai dari film asli Indonesia, barat, Jepang, Mandarin sampe Korea gue jabanin), genrenya comedy romance. Tapi, aseli deh setelah banyak nyari referensi gini, otak gue malah tambah puyeng. Pengen rasanya gue tereak 'Gue gak ngerti!!' tapi nanti gue dikira bego, jadi mending diem.

Gue pernah bilang ke beberapa orang kalo pairing yang paling gue suka itu entah kenapa hampir semuanya dari shonen manga (komik cowok). Padahal jatah untuk pairing di shonen manga itu terbatas banget, kadang cuma hint yang amat-sangat sedikit. Beda jauh sama shojo manga yang emang orientasinya kesitu. Tapi kenapa, kok gue malah lebih suka yang ada di shonen manga? Apa karena gue suka komedi dan cerita shonen manga rata-rata emang lucu? Kayaknya bukan cuma itu doang.

Setelah banyak baca shojo manga, gue jadi sadar kenapa gue suka cerita romance/fluff yang kadang suka ada di selipan shonen manga. Gue suka karena ceritanya simpel. Meskipun sederhana, entah kenapa nancep di hati karena enggak berbelit-belit dan langsung tersampaikan ke pembaca. Gue bukannya mau bilang shojo manga itu berbelit-belit dan ngebingungin (bagi semua cowok, pasti jawabannya iya), meskipun sebagian besar dari shojo manga yang gue baca sih begitu kenyataannya. Mungkin perbedaan terbesar dari shonen manga dan shojo manga itu emang cara pandangnya. Yah, berhubung yang satu rata-rata authornya cowok dan yang satu lagi sebaliknya, pastinya cara pandang mereka amat sangat berbeda. Cowok enggak suka yang ribet, makanya kalaupun di shonen manga ada adegan romance/fluff ya paling gitu-gitu aja dan hanya sebagai pemanis. Tapi, ada yang bilang sedikit air di tengah padang gersang itu jauh lebih berharga dari pada seember air di sumber air (1). Adegan romance/fluff (atau mau disebut hint) di dalam shonen bakal lebih berasa ketimbang romance/fluff di dalam shojo manga.

Masalahnya, adegan-adegan yang pengen gue tulis adalah kisah romance/fluff yang sederhana dan gak berbelit-belit. Simpel tapi tetep manis. Dan kayaknya gue salah ngambil referensi dari kemarenan. Shojo manga yang gue baca (sengaja nyari yang romance) malah bikin gue mikir sambil kayang. Kompleks, rumit dan isinya twist semua. Gue tau jalan pikiran cewek itu emang kompleks dan rumit, tapi kok ya sampe gue aja bisa gak ngerti gitu? Gue kan cewek juga (seenggaknya masih). Entah kenapa gue malah bisa ngerti jalan pikiran para karakter Death Note ketimbang jalan pikiran karakter salah satu shojo manga yang mengangkat tema sekolah. Sekolah lo? Apalagi sih selain belajar, ekskul, les dan pulang ke rumah? Kayaknya itu aja deh.... Tapi entah kenapa kok gue pusing bacanya. Mungkin karena si author lebih fokus ke perasaan masing-masing karakter ketimbang adegan-adegannya. Dan ini yang bikin gue pusing.  Enggak lagi-lagi deh gue baca shojo manga yang ceritanya tentang valentine dan si cewek bingung harus ngasih giri-choco(2) apa honmei-choco(3) ke si cowok sampe bergalau-galau ria dan akhirnya malah gak jadi ngasih karna takut. Mbak, itu cowok sebenernya juga gak mikirin kok soal giri/honmei, asal mereka dapet coklat, mereka pasti seneng dan udah ngerasa 'laku' (4). Sekian.

Mungkin abis ini gue bakal nyari referensi ke shonen manga aja kali ya....
Semoga gue bisa nemu manga lain yang se-awesome Midori no Hibi misalnya (5)


(1) Jangan tanya itu pepatah dari mana, gue ngarang kok
(2) Coklat ungkapan terimakasih
(3) Coklat ungkapan cinta
(4) Percayalah, jalan pikiran cewek dan cowok memang terpaut sejauh itu.
(5) Satu-satunya shonen manga yang mengangkat tema romance/fluff yang gue tau.

2 komentar:

  1. "ceritanya tentang valentine dan si cewek bingung harus ngasih giri-choco(2) apa honmei-choco(3) ke si cowok sampe bergalau-galau ria dan akhirnya malah gak jadi ngasih karna takut."

    *ngakak guling-guling*

    Hahaha..
    Sebenernya sih, alesan kenapa shojo manga terasa lebih menekankan ke perasaan karena emang fokus di satu situasi. Kayak yg di atas, cuma fokus ke "kasih coklat". Kalo shonen kan ceritanya ke mana-mana.

    Makanya shojo manga yang berseri itu biasanya lebih 'beragam' isinya (Ouran, AnS, Lovely Complex, Skip Beat. Oh, tolong jangan itung Bokura ga ita dan Love Km).

    Sebenernya sih cerita romens juga macem-macem, kan. Yang sweet bikin mesem2, angst bikin sesek, comedy yang bikin ngakak, ceritain cinta platonik ampe yang terkesan vulgar. Tinggal cari yang pas buat kau aja~

    BalasHapus
  2. Eh itu seriusan loh ada cerita yang kayak gitu~ Capek deh bacanya....

    Hahaha, 'Bokura ga ita' gitu-gitu beken.... gue heran....

    Kayaknya kalo shojo manga tanpa inti cerita (selain romance-nya) emang kering banget.

    BalasHapus