Sabtu, 16 Mei 2015

Tutorial Membuat Boneka Puff Wool

Akhir-akhir ini gue keranjingan bikin boneka dari puff wool. Siapa sih ini yang ngajarin? Akibatnya gue jadi ngabisin duit jajan buat beli puff wool, padahal itu budget beli bukuuuuu~ Huhuhuhuhu~
Yah, tapi akuh tidak menyesal kok kakaaak~

Ini sebagian hasil karya seseorang yang membuat gue terjun ke lembah kerajinan puff wool. Unyu-unyu sekalih
Nah, setelah belajar selama satu hari, gue pun berhasil membuat burung albatros putih yang tadinya niatnya mau bikin yukidaruma. Soalnya idung yuki daruma yang mirip wortel itu akhirnya malah gue bikin mirip paruh burung. Lalu, yang kedua gue bikin gurita, yang ketiga bikin kucing unyuu. Kucing inilah yang akhirnya gue posting di path & FB, karena menurut gue itu yang lumayan berhasil. Wahahahaha xD

Karya pertama: baby albatros
Karya kedua: Gurita ngajak berantem
Karya ketiga: Miooowww
Berkat kucing itu, ada beberapa yang minta dibikinin tutorialnya. Lalu akhirnya gue bikinlah tutorial sederhana cara membuat boneka dari puff wool. Contoh boneka yang akan dibikin adalaaaah

JENG JENG JENG!!!

DEDEK PANDAAA!!

DEDEK PANDAAA!!! AAAAAAA!!!
Contoh puff wool yang sederhana dan simpel karena cuma butuh puff wool putih-item ajah

Bahan dan alat yang dibutuhkan cukup sederhana:
1. Puff wool putih & hitam
2. Jarum khusus puff wool
3. Busa
4. Ketelatenan dan usaha yang kuat meneruskan pekerjaan meskipun jari ketusuk jarum

Yuks muleeee~

Kayak kepompong, tapi bukan

Kalo dibuka jadinya kayak gini loh kaak~
Buat yang belum tau puff wool, ini loh wujudnya. Unyu-unyu lembut gimana gitu. Tapi ini bukan dacron yang biasa dipake buat isi bantal-guling yah. Jangan salah. Ini bahan dasar kain felt. Intinya, kain felt waktu masih bayi. Kalo di Amrik disebutnya puff wool, tapi di Jepang ada yang nyebut puff wool/wool felt. Terserah situ aja mau sebut yang mana, yang penting dapet bahannya *kedip*

Nah, ini bahan dan alatnya. Sebelum nusuk-nusuk puff wool yang malang itu supaya jadi bola, siapkan busa kecil untuk alas nusuk-nusuk. Ini bisa diganti apa aja, sih. Untuk jarumnya, beli di toko handi craft yah, soalnya jarumnya khusus karena ada empat kait yang berfungsi mengikat serat puff wool. Kalo diganti pake jarum jahit, sampe mesin waktu tercipta pun gak akan jadi bonekanya. Jadi, stop buang-buang waktu dan belilah jarum yang benar
Langkah pertama, bentuk bulatan dari puff wool dan tusuk-tusuk secara merata dengan jarum. Harap nggak usah protes sama fotonya. Gue nggak bisa megang puff wool, nusuk-nusuk pake jarum, dan ngambil foto sekaligus. Maklumlah, foto sendiri, pake hape butut pula.
Tusuk-tusuk terus sampe seratnya saling mengikat dan jadi bola kayak gini. Bentuknya akan jadi lebih kecil dan lebih padat dari semula. Kalau belum bisa bikin bulatan, jangan lanjut ke tahap selanjutnya. Khatamin dulu sampe sini.
Selanjutnya, bulatan dilapis lagi dengan serat, dan bentuklah seperti onigiri, segitiga yang sedikit bulat. Lalu tusuk-tusuk kembali sampe capek!


Hasilnya akan jadi seperti ini. Kalau gagal, lari 10 putaran sanah!! Eh, maksud gue.... perbaiki bentuknya lagi sampe jadi bagus. Kalo udah jadi, simpen dulu bagian ini. Tapi jangan jauh-jauh simpennya, nanti lupa ngambilnya di mana....

Selanjutnya, siapkan dua serat sepanjang ini, untuk dibentuk menjadi kuping. Tolong jangan pake rambut beneran, nanti jadi boneka voodoo kan ngeri....

Bentuk bulatan, lalu tusuk-tusuk!!
Berhubung bentuknya kecil, kemungkinan kena tusuk jarum akan semakin besar. Tapi jangan menyerah!! Apalah artinya sekali-dua kali tusukan jarum demi impian.... apasih
Kalau udah jadi, ambil puff wool bentuk onigiri dari kulkas (untuk orang aneh yang beneran naro puff wool di kulkas) dan satukan dengan dua bulatan yang tadi

Sambungkan kuping di posisi yang tepat, dan tusuk-tusuk sekeliling yang menempel pada bagian kepala, supaya menyatu

Jadinya seperti inih. Jangan salah nempel kupingnya di bagian dagu, kita nggak lagi pengin bikin monster

Siapkan serat hitam lagi, bentuk bulatan, lalu tusuk-tusuk di bagian mata. Tenang, walaupun kelihatannya mengerikan, dedek panda nggak akan merasa kesakitan. Jadi jangan khawatir....
Maaf ya dek....

Hasil akhir akan jadi seperti ini. Tapi jangan senang dulu. Tanpa sentuhan terakhir, boneka puff wool ini tidak akan berguna
Sebagai sentuhan akhir, kaitkan bulatan besi kecil di atas kepalanya dengan serat putih tambahan. Lalu tusuk-tusuklah lagi serat itu supaya menyatu dengan kepala dedek panda
Nah!! Setelah itu pasang rantai dan jadilah gantungan dedek panda yang akan menatapmu dengan pandangan kosong!!
Inget yah, jangan pake rantai sepeda. Kegedean.



8 komentar:

  1. bikinin gue boneka jari dooooongs!
    buat mainannya Salman, Na... hehe

    BalasHapus
  2. Mana punya guee, udah jadi belom??

    BalasHapus
  3. Mba...salam kenal sy siti, mba punya whatsapp atau pin bbm kah? ...sy sdh lama pengen mendalami craft yg ini..lumayan utk coba bikin buat putri putri balita saya..., Oh ya beli bahan & alat nya di toko apa ya kalo yg terdekat sm depok? Dulu pernah lihat liputan di tv tapi lupa catat.., makasih info nya mba..

    BalasHapus
  4. Mba...salam kenal sy siti, mba punya whatsapp atau pin bbm kah? ...sy sdh lama pengen mendalami craft yg ini..lumayan utk coba bikin buat putri putri balita saya..., Oh ya beli bahan & alat nya di toko apa ya kalo yg terdekat sm depok? Dulu pernah lihat liputan di tv tapi lupa catat.., makasih info nya mba..

    BalasHapus
  5. Mba...salam kenal sy siti, mba punya whatsapp atau pin bbm kah? ...sy sdh lama pengen mendalami craft yg ini..lumayan utk coba bikin buat putri putri balita saya..., Oh ya beli bahan & alat nya di toko apa ya kalo yg terdekat sm depok? Dulu pernah lihat liputan di tv tapi lupa catat.., makasih info nya mba..

    BalasHapus
  6. Mba...salam kenal sy siti, mba punya whatsapp atau pin bbm kah? ...sy sdh lama pengen mendalami craft yg ini..lumayan utk coba bikin buat putri putri balita saya..., Oh ya beli bahan & alat nya di toko apa ya kalo yg terdekat sm depok? Dulu pernah lihat liputan di tv tapi lupa catat.., makasih info nya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas setahun lebih. Kayaknya notif komen ini kelewat masuk ke email. Ini juga kebetulan liat postingan lama dan sadar ada komen ini :D

      Saya ada whatsapp. Tapi untuk nomornya email aja ke choco.banana.99@gmail.com yah. Kalau masih minat. Hehe.

      Kalau bahannya ada di toko craft di Blok M Square. Selain di situ saya belum nemu lagi. Dan di situ juga harganya agak mahal. Mungkin malah lebih murah nitip sama seller yang biasa impor barang dari Jepang. Karena di Jepang banyak banget yang jual ini dan harganya relatif murah antara 100-300 yen (10-30rb) untuk satu karakter.

      Hapus