Kamis, 10 November 2011

Stand Up Comedy (Comedy itu lahannya cowok)

Sesuai judul, kali ini gue mau ngebahas soal Stand Up Comedy, atau kata Kak Isman HS sesuatu yang disebut Komtung (komedi tunggal). Satu orang diri di depan audience dan ngelawak dengan porsi lebih banyak kata-kata dibanding gerakan.
Para comic di Stand Up Nite #5 (pas gue sama mimi nonton) 
credit : pandji.com

Seperti yang gue bahas di postingan sebelumnya, gue salah satu penikmat komedi dan Stand Up Comedy menjadi salah satu sasaran gue. Dan kalau ada yang ngikutin Stand Up Comedy kayak gue, kalian pasti tau kalo para comic itu rata-rata cowok. Oke, ada beberapa cewek juga, tapi sejauh ini belum ada yang jadi favorit gue. Mbak Miund lumayan sih :>

Kalo gue perhatiin, pelaku komedi itu emang rata-rata cowok. Bukan hanya dari Stand Up Comedy, coba liat bentuk komedi lain baik yang lisan maupun tulisan, semua cowok. Mungkin kalian bisa ngitung berapa orang cewek yang bisa sukses di dunia komedi, saking jarangnya.

Nah setelah gue mengadakan penelitian sederhana (saking sederhananya, gue enggak butuh alat apapun), gue menyimpulkan beberapa alasan kenapa komedi itu lahannya cowok.

1. Perbedaan Gender
Gue bukan pendukung persamaan gender, karena diliat dari sisi manapun cewek sama cowok emang beda. Gue sendiri ogah kalo disamain sama cowok. Nah, kenapa dalam komedi perbedaan gender berpengaruh besar? Simpel. Cowok yang kecewek-cewek-an (bencong) jadi lucu. Cewek kecowok-cowok-an (tomboy) lebih sering jadi keren, bukan lucu.

2. Cewek itu sensitif
Ini alasan lain cewek kurang bisa berhasil di dunia komedi. Mereka lebih banyak memakai perasaan dibanding logika. Saat cowok-cowok bebas ngomong apa yang mereka mau tanpa terikat perasaan, cewek-cewek biasanya memilih diam karena ada perasaan enggak enak kalo ngomong terlalu frontal.

3. Image itu penting
Coba itung, berapa banyak comic cowok yang mengaku wajah mereka pas-pasan? Cowok enggak terlalu khawatir imej nya rusak karena dia sadar dari awal kalo dirinya memang pas-pasan. Kebanyakan mereka enggak terlalu ambil pusing saat harus menjelek-jelekan diri sendiri di hadapan audience. Cewek? boro-boro. Ketek basah dikit aja bisa jadi alasan enggak jadi beli tas diskonan.

4. Senjata cowok itu keberanian, kalo cewek? Airmata.
Liat berapa banyak cowok yang berani telanjang dada di tempat umum, cewek? mana berani. Eh? enggak gitu juga ya?

Sejauh penelitian gue sih baru nemu 4 alesan itu, kalo nemu alesan lain lapor segera ke gue XD

Karena alesan itu juga bacaan cowok enggak jauh-jauh dari humor (dan err... hal-hal dewasa mungkin) sedangkan bacaan cewek enggak jauh-jauh dari cinta dan segala hal yang berhubungan dengan 'happily ever after'. Ngomong-ngomong yang baca twilight sampe tamat pasti ngerti banget artinya happily ever after.

Dua hal itu emang udah kodrat mungkin. Meskipun ada yang menyangkal pendapat gue diatas, faktanya mayoritas tetep seperti itu, CMIIW~

Ngomong-ngomong, kenapa tiba-tiba gue ngebahas beginian?

Sebenernya....

Waktu itu gue sempet terpikir untuk nyoba ikutan stand up comedy (serius, jangan ketawa...)

Saking kepikirannya, tau-tau di otak gue udah bermunculan aja materi-materi lawakannya. Tapi setelah gue pikir-pikir, kayaknya gue enggak seberani itu deh...

Ditambah lagi, mungkin hilang ingatan gue bakal kambuh dan kemungkinan besar lebih parah daripada Asep Suaji. Jadi MC aja tiba-tiba suka nge-blank.
 
Dan alasan terakhir adalah (mungkin sama kayak alasan comic2 lain), gue takut dibilang garing. Seperti kata seseorang, garing itu adalah kata tersadis di dunia komedi. Kalo udah dibilang garing, setiap komedian enggak tau kudu bales apa saking tertohoknya. 

Karena itulah, gue nulis aja deh, enggak usah ngomong depan orang banyak. Berhubung gue aslinya kalem sih ya, jadi agak susah ngomong di depan orang banyak (kalo temen-temen pada baca ini, pasti gue langsung dibombardir).




5 komentar:

  1. Aku termasuk penikmat setia stand up comedy.tiap sabtu nonton.sukaaaaa banget ma ryan*malah curlong* :DD

    BalasHapus
  2. sama dong~ audisi pertama stand up comedy di kompas TV itu emang calon terkuat ryan sih :> tapi kak ernest juga mantep :>

    BalasHapus
  3. sama dong~ audisi pertama stand up comedy di kompas tv itu emang calon terkuat ryan sih :> tapi kak ernest juga mantep :>

    BalasHapus
  4. ikutan dong na! gw pengen liat lo nampil
    ga bakal gw katain garing deh, paling KRIUK ajah
    hahahhaa

    BalasHapus
  5. ah elu mi, makin gak PD nih gue "3") udah gue dibidang tulis menulis ajah~

    BalasHapus