Selasa, 27 Agustus 2013

Hubungan Aneh Jurnalis dan Editornya....

Yang jelas, bukan hubungan cinta, karna gue bukan lesbi.

Sampai saat ini, ada dua editor yang selalu berhubungan sama gue di kantor. Yang pertama, mbak A, editor gue waktu masih tugas di megapolitan 4 bulan lalu. Yang kedua, mbak P, editor gue sekarang di desk olahraga.

Mbak A ini yang pertama kali marahin gue kalo gue bikin tulisan yang salah. Sekarang sih berhubung dia bukan editor gue lagi, jadi kalo ketemu di kantor, becanda2 aja. Udah pasti gue yang jadi korban bully karna gue lebih muda.....

Kalo mbak P, masih jadi editor gue sampe sekarang, dan kita udah kayak solmet. Meskipun gue sering banget diomelin kalo ngulang kesalahan yang sama waktu nulis. Ya maklum, kebiasaan emang agak susah ilangnya. Sekarang sih udah mendinganl, tapi dua bulan pertama itu, wow. Gue aja sampe amazed karna gue terlalu sering ngulang kesalahan.

Lucunya, kalo kebetulan kita berdua harus ngerjain tulisan di kantor (biasanya malem sampe pagi), pasti ruang redaksi mendadak rame karna kita heboh ngeliat pertandingan di TV (terutama kalo ada yang bening macam marquez, djokovic, mathias boe, dkk).

Kemaren ada Moto GP, dan karna balapannya di Amerika, waktunya gak manusiawi. Mulai jam 12 malem dan selese sekitar jam 2 pagi, yang berarti harus standby sampe sekitar jam 8 pagi sampe semua tulisan beres.

Jam 6 pagi, mbak A dateng. Dia emang rajin banget. Gue sih mustahil dateng jam segitu. Terus kami ngobrol-ngobrol deh bertiga. Yang pertama dibahas adalah, liputan arak-arakan juara dunia yang gagal. Yep, gagal. Karena itu harusnya gue aja yang tugas. Dan gue udah standby di Sarinah tempat Owi/Butet & Ahsan/Hendra dari jam setengah 7 pagi. Tugas gue adalah ngeliput hard news (berita soal arak-arakan) yang harus langsung dikirim begitu liputan selesai, sama feature (berita menarik dari atlet/pelatih/orang penting yang dateng kesana) yang boleh dikirim pas gue udah pulang, bobo, mandi, dan segala macem.

Gue mengejar hard news dulu dengan mengejar oom Gita Wirjawan sebagai ketua umum PBSI. Terus ngejar yang lain-lain untuk feature. Acara selesai sekitar jam 10 dan gue cari makan sekalian nulis. Sekitar setengah 11, satu berita hard news udah selesai dan gue baru mau kirim ke kantor saat temen sebelah gue yang lagi buka twitter bilang, "Ini kok udah ada yang nulis soal arak-arakan di media lo? Siapa?"

Dem. Siapa yang berani duluin gue?

Ternyata yang ngeliput itu temen gue, anak desk nasional. He's not should be here today and wrote that I should be wrote. Oke sudahlah, gue gak tau alesan dia dateng dan bikin risiko berita jadi dobel. Untunglah temen gue bilang, jadi berita gak jadi gue kirim ke kantor. Dengan perasaan hancur lebur (iya, gue udah nulis capek-capek, panjang pula, dan sia-sia), gue akhirnya memutuskan untuk gak nulis apapun sampe sore. Gue mending pulang dulu, istirahat, baru nulis feature, yang waktu tayangnya gak harus buru-buru. Gue bilang sama editor gue kalo gue....sebel.

Sorenya, pas gue baru mau nulis, ternyata muncul berita satu lagi tentang arak-arakan tadi pagi. Gue pikir, ini anak nulis dua?? Ternyata pas gue cek, beda orang. Yang nulis temen gue satu lagi dari desk megapolitan. What the hell happen here?

Yaudah, gue akhirnya nulis 3 feature yang beda dari berita event itu. Gue bahkan gak bahas sama sekali event itu. Yang artinya, anggep aja gue bukan ngeliput arakan, tapi wawancara eksklusif atlet.

Nah, waktu ketemu sama mbak P, gue dijelasin. Bahkan editor nasional sama megapolitan kaga ada yang tau itu anak-anak pergi ke acara arak-arakan. Lebih parahnya, yang anak megapol itu seharusnya jaga di Tanah Abang, dan sewaktu dia pergi ke arak-arakan, ternyata ada peristiwa di Tanah Abang dan dia kebobolan. Kena omel lah dia.

Mbak P akhirnya klarifikasi sama mbak A. Itu reporter megapol emang suka sama oom Gita dan ngejar untuk wawancara dia. Yah, gak salah juga sih. Gue juga pens beratnya oom Gita.

Liputan hard news pun gagal. Karna berita mereka masuk tanpa foto. Sedangkan gue yang udah dapet foto oke, malah keduluan. Sudahlah....

Katanya, temen seangkatan gue yang suka sama oom Gita itu emang pengen banget di desk ekonomi. Sayangnya, editor megapolitan (termasuk mbak A) bilang, "Belum tentu dia dipindah ke ekonomi, orang di megapol dia bagus."

Widih. Kesian gue jadinya. Jadi kalo kerjanya bagus malah dipertahanin di desk megapol? Tau begitu dari awal gue gak usah rajin-rajin amat waktu di megapol (emang dari awal enggak sih). Dilema gak sih kalo kayak gitu? Kalo bagus gak dilepas, kalo jelek.... ya gak jelas juga nasipnya.

Obrolan beralih ke gue. Mbak A komentar soal kerja gue waktu di desk megapol ke mbak P. "Dia (gue maksudnya) sebenernya bagus. Lumayan lah. Tapi gak bisa berkembang lagi karna keliatan passionnya emang bukan di sini. Mau dipaksain juga percuma."

Saat itu gue mikir. Alhamdulillah ternyata kerja gue di megapol gak jelek-jelek amat. Gue pikir paraaahh banget. Karna yaah.... ngerjainnya setengah hati, gimana dong? Nulis 3 berita dalam satu hari aja menurut gue udah lumayan banyak.

Terus mbak A lanjut ngomong, "Tapi karna bukan passion dia milih kabur (gue waktu itu emang resign), berarti bukan orang yang berani ngambil tantangan."

Gue selow aja waktu mbak A bilang gitu. Cause she's right. Gue mending mundur sekalian daripada melakukan sesuatu setengah hati. Terus gue bilang, "Aku emang gak bisa kalo bukan olahraga, mbak. Hehe..."

Terus mbak P dengan tak terduga bilang gini, "Saya juga kalo disuruh kerja di desk nasional mending resign sih, kak. (mbak P emang manggil mbak A dengan sebutan kakak)"

Editor gue di desk olahraga ini emang mirip banget sama gue. Kalo udah minat sama satu hal, dia bakal terus mendalami itu. Kalo disuruh ngelepas dan ngerjain sesuatu yang gak dia suka, mending mundur. Pertimbangannya, daripada nyusahin yang lain karna emang kita enggak bisa sama sekali ngerjain itu. Pasti jadinya berantakan dan butuh banyak perbaikan.

Meskipun dua editor ini sering banget ngomel sama gue, tapi mereka sering juga bercanda sama gue. Gue tau mereka selalu marah dalam kapasitas yang tepat, kalo gue emang salah. Jadi..... ya gue juga gak bisa protes. Kalaupun gue merasa gak salah ya gue bilang. Gue juga selalu bilang alasan kenapa gue merasa bener. Gak pake marah-marah. Editor gue welcome kalo emang dia ragu mana yang bener. Yah, kerjasama lah, hoho. And she's always says, "Saya nasehatin kamu bukan karena saya lebih benar, tapi karena saya tahu lebih dulu, jadi saya sampaikan mana yang benar mana yang salah."

Biar capek sampe hampir pingsan beberapa hari terakhir ini, kayaknya gue gak bakal beralih ke media lain dalam waktu dekat. Suasana di kantor dan lapangan cukup menyenangkan buat gue :)


6 komentar:

  1. Glad you find your own place :)

    *dalam hati: iriiiiii*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Find your own then.
      Mungkin tempat lo dipelukan suami nanti kali yah, hehe xD *dihajar*

      Hapus
  2. mbak P emang sudah soulmate lo banget ye Ma, ampe satu solusi kalau enggak cucok sama kerjaannya haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om. emang sering begini. Sepikiran. Haha xD

      Hapus