Senin, 09 Agustus 2010

suka duka jadi guru PKL [baru 2 minggu sih]

Mulai dari mana ya? Kayaknya di MP gw banyakan ngamuk-ngamuk masalah PKL ini :D hehe

yah, gimana nggak bikin kesel, dari pertama ditempatin di laut aja gw dah kesel setengah mati. Belum lagi dosen2 yang nggak peduli sama protes gw ==;

akhirnya gw harus berangkat pas abis subuh, sekitar jam 5 pagi.
2 hari pertama gw on time, tapi terus2nya malah nggak bisa pas ^^; kalo naek bis nggak bisa diprediksiin nyampe nya kapan. Dan ternyata, sama sekali nggak masalah kok. Kayaknya cerita2 n gosip2 itu terlalu berlebihan. Gw malah enggak ikut upacara hari ini gara2 telat 10-menitan. Nangkring lah gw di kantin sekolah, dan ternyata banyak guru yang telat juga dan nangkring disitu. Hehe, makin merasa nggak bersalah lah gw.... XDD

ada lagi gosip aneh...
kalo guru PKL mending dateng tiap hari, dari jam setengah 7.
laaahhh~ guru honorer yang dapet tempat duduk di ruang guru aja cuma dateng pas ngajar. Malah aneh kalo anak PKL dateng tiap hari, tempat ga ada, kerjaan ga ada, yang ada malah diliatin guru2 laen dan ditanya2 = =;
apalagi kalo ruang BK pas ada tamu.... jalan2 tanpa tujuan dah kita2.... makin aneh diliat n mengganggu pemandangan banget.

sensei sendiri curhat sama gw kalo dia nggak enak duduk di ruang guru tanpa ngapa2in (pas ga da jam) makanya dia cuma dateng pas ngajar aja.
aturan tiap hari dateng jam setengah 7 sampe jam 3 itu cuma buat PNS. bahkan tadi ada guru matematika yang udah PNS malah curhat sama kita,
"ngapain di sekolah kalo udah nggak ada kerjaan? mending pulang. gini nih jadinya kalo guru wajib dateng tiap hari ke sekolah, ujung2nya bingung mau ngapain dan akhirnya tidur." Iya, itu guru curhat sambil rebahan di kursi panjang, siap-siap tidur :DD
enaknyaaa~ padahal di ruang BK ada kasur, tapi gw nggak enak mau tidur disitu, hihi.

tadinya gw dan 3 temen gw yang lain suru dateng 4 hari. catetan : yang nyuruh bukan sensei dari SMA, tapi justru sensei dari kampus. Sensei yang di SMA malah cuma nyuruh kita dateng 2 hari buat ngajar aja.
tapi setelah kita 'nego' sama sensei di SMA, jadinya 3 hari. tetep 4 hari sih, tapi 2 harinya di rolling, dua orang aja yg dtg per hari.

minggu pertama berjalan lancar. minggu berikutnya, gw selesai ngajar hari senen & selasa seperti biasa. Hari rabu gw dapet jatah libur dan baru hari kamis masuk. Jadwal hari kamis, gw sama tika cuma ngerjain tugas RPP aja...(padahal enakan ngerjain di rumah = =;)
yah sudahlah....
pas kita nyampe n niat pengen ngerjain di perpus, tiba2 perut bunyi, hehe~
kita langsung menuju ke kantin, pas lewat depan meja piket, tiba2 kita dipanggil.
"kalian yang anak PKL bahasa Jepang? kok nggak ngajar?"
"HAH??!" langsung bengong lah kita berdua.
ternyata kemaren tiba2 sensei pergi 3 minggu buat pra-jabatan, dan kita disuruh gantiin semua kelas *mabok*
baiklah, akhirnya kita berdua yang amat sangat tanpa persiapan, ngajar juga...
meski kayaknya gw banyakan ngedongeng dan ngelawak dibanding ngajar ==a

gara-gara hari itu, seharian gw BT. 2 jam pelajaran terakhir gw serahin ke tika karna gw dah ga sanggup. gw duduk aja di meja guru, pura2 liat2 absen de el el.

cerita2 masalah kelas2 di laut itu...
ada yang enaaak banget, dan ada yang amat sangat enggak enak juga...
dari yang enggak enak, ada satu kelas yg isinya bener2 nggak peduli sama pelajaran. Bahkan anak2nya juga bisa dibilang songong setengah mati. gw mau minta ganti kelas, ga ada yang mau gantiin, nasiippp~
minta digigitin atu2 deh tu anak...

tapi sekalinya dapet kelas yang enak, enaak banget...
kelas yang enak itu bukan yang sepi, bukan juga yang rame n terlalu bar2.
yang paling enak itu, kelas yang rame, tapi bercandanya nggak berlebihan :D
ada beberapa kelas yang kayak gitu. tapi satu kelas ini bener2 ngena di hati gw, *ceilah, lebay*
mereka rame, bercanda iya, nggak sampe berlebihan, ditambah lagi anak2 nya bener2 semangat belajar XD kalo yang laen baru materi 1, mereka udah minta sampe materi ke-3, ckckck~
padahal waktunya tinggal 10 menit lagi, tapi anak2 nya malah minta ajarin macem2...
angka lah, hiragana lah, kanji lah...
nah malah gw yang bingung XDD
pas bel, langsung pada tereak....
"YAAAHHH~ SAMPE SORE AJA KAK NGAJARNYAAAA~~" wkwkwkwk
kalo kelas yg laen gw ngerasa 'yahhh~' nya itu artinya 'yess~' tapi kalo kelas ini gw rasa emang bener2 tertarik :D

coba semua kelas kayak gitu, gw ga bakal BT pas ngajar, wakakakaka.

pas dapet kelas yang terlalu kalem, gw malah grogi...
akhirnya gw kebanyakan mendongeng disitu XD mulut gw sampe kering, wakakakak
saking pasif nya anak2 itu~

ada fase yang paling susah gw lewatin....
yaitu, terus2an bersikap sok-dewasa.... tiba2 hari ini gw bener2 pengen nge-bocah...
pengen para2, pengen nge-dansu, pengen karaokean...AAAAA~~~ *stress lompat2*
tapi sayang, pas gw ngajakin tika ke artha, dia dah punya acara duluan ;___;
ngambek-->makan eskrim
akhirnya gw jilat2 eskrim sepanjang jalan pulang ke gang depan. ga peduli gitu diliatin bocah2 SMA. huaaaaaa~~~ susah jadi orang dewasaaaaa~~~ capeeekkk~~

ada lagi kejadian pas gw dikira bocah SMA. hari itu kebetulan gw pake rok coklat muda yang rada nyaru kayak rok putih. dan gw pake jaket.
pas nyampe depan, gw diomelin dan suru buka jaket. pas gw buka jaket dan si guru ngeliat kalo gw bukan anak sma, malah bingung dia ==;
gw nyengir aja dah...
nggak tau deh muka gw masih terlalu imut ato emang anak sma sekarang mukanya tua2 XD

kembaran gw nanya
"kalo abis pkl tiba2 lo jadi pengen ngajar gimana na?"
buat saat ini, jawaban gw masih 'enggak minat'
nggak tau ya 4 bulan lagi jawaban gw bakal berubah apa enggak :)

tapi buat sekarang gw lebih suka ngajar privat n ekskul, semua anak2nya emang mau dan suka belajar bahasa jepang. dibanding ngajar anak2 labil yang kebanyakan justru bilang tulisan jepang kayak tulisan arab.

belum lagi ngurusin RPP, bikin soal dan masalah nilai2 @_@
bikin RPP buat seminggu aja setengah mati @_@ kayaknya gw nggak mau jadi guru di sma ato yang formal2 gt, hehe
sama sekali enggak cocok sama pribadi gw :D
gw lebih suka kerjaan yang enggak perlu doki2 n bangun pagi setiap hari, hehe. kayaknya gw cocok berbisnis aja :3

22 komentar:

  1. Fufufu~ Setuju banget! Kelas yang enak diajar tuh emang yg ga terlalu diem, tapi ga terlalu rame juga. Kalo diem bikin grogi.. ==a

    Ru dari kmaren pengen nulis model beginian tapi males.. Wkwkwk.. tar deh..

    BalasHapus
  2. emaaaanggg~~ kalo anak2 yang diem2 itu justru ngeliatin banget gerak gerik gurunya....
    aaaaa~ kinchouuu~~~

    BalasHapus
  3. "..anak2 labil yang kebanyakan justru bilang tulisan jepang kayak tulisan arab.""
    YEAH! GW SUKA KATA2 LO...XD
    *ngakak*
    menurut gw, lw tuh cocoknya kalo gak pengusaha ato gak freelance
    *Sotoy*
    btw gw jadi penasaran liat lw pake rok LOL

    BalasHapus
  4. emangg!!! labil banget deh tu anak nad!! protes mulu....
    arab ama jepang beda jauuuhhh ==;

    banyak yg bilang gt nad.... tar klo sempet gw poto sekalian dah XDD wakakakak
    sori ya fans2 ku yang pen liat gw pake rok XD dateng aja ke sma 110 XD

    BalasHapus
  5. yaiyalaaaah!!
    XD
    kalo dibilang mirip tulisan china gw masih maklum xD

    ALAH! -__-" *lempar tomat busuk*
    semangat dah buat PKL nyaaa!
    moga2 cepet slese.. biar lw gak tekanan batin lagi :P

    BalasHapus
  6. itu dia @_@ tu anak abis kepentok apa deh....

    wkwkwkwk, abis banyak banget yg bilang gt nad XDD fans gw banyak ternyata, wakakakak
    *kangen jins bolong gw....*

    heeh, amiin~ moga2 4 bulan ini kerasa cepet XD

    BalasHapus
  7. Hehehehehehe...

    Ganbatte kudasai ne sensee

    BalasHapus
  8. Ruth: lw kan seneng ngajar,
    Gantiin gw doooong....
    Tgl 3 bulan 2 mgg lagi nh. He3x

    BalasHapus
  9. ganba !!!!! skalian senpai, biar cepet2 lulus dr sanak, hihihi..
    baca ini jadi tau penderitaan guru kyak apa.. emang capek kyaknya ==

    trus hari pertama emang dapet tempat ngajar dimana??

    BalasHapus
  10. ganbarimasu XDD
    hehe, iya nih pengen buru2 luluuussss~

    dapetnya ya langsung disitu, padahal ngajuinnya di sma yg ga terlalu jauh dari rumah ==;

    BalasHapus
  11. Ogah! Jauh gila... Nyawa gw bs ktinggalan tar abs ngajar... Ahahahaha... Ayo na... Biar cpet sls

    BalasHapus
  12. wakakakakak~ nyawa gw dah ketinggalan berapa kali entah XDD *baca : mabok*
    gimana bisa cepet selese? masih 3 bulan 2 minggu nih... gw ga bisa mempercepat waktu. oh, andai doraemon disini~

    BalasHapus
  13. Lu cepet2 in aja materinya! Kan tar abs th, biar aja mereka telen smwanya cepet2, ngerti ga ngerti. Tar kalo materi abis lu ga ush dtng lg kan! *guru brensek

    BalasHapus
  14. wakaka ruthy ngajarin ga bener XDDD
    cieeee nana, ko ga dipanggil ibu sih =_=

    BalasHapus
  15. ruthy : kalo bisa gitu juga gw maooo!!! XDD
    yang ada, kalo materinya dah selese cepet, tar ditambah lagi TAT

    setz : ga doonggg~ kalo nggak 'kak' ya 'sensei' huahahahaha~

    BalasHapus
  16. sensei~ maap,lagi gejeh ini XP

    PPL itu lama yak? kanapa ndak sebulan aja ya.. *ditendang

    BalasHapus
  17. gakuseii~~ *geje*

    lans juga calon mau pkl yaa? XD

    masih mending 3 bulan "3")~ gw 4 bulan~ huhuhuhu~
    kalo pkl cuma sebulan, gw sujud sukur XDD

    BalasHapus
  18. hweee.... taun depan saya~

    brarti ini waktu liburan panjang terakhir...*meratapi nasib*

    BalasHapus
  19. ganbatte!!! jurusan mu apa si lans? bahasa jepang juga?

    BalasHapus
  20. di kampus yang jauh dari keramaian *plak* di unesa...

    BalasHapus