Senin, 18 November 2019

Kembali Lagi

Lama nggak nulis blog, rasanya lupa gimana menulis blog yang baik. Hmm, emangnya ada ya standar ideal menulis blog?

Bukannya mau berhenti nulis di blog. Tapi akhir-akhir ini gue diliputi kebimbangan. Apakah cara menulis yang kayak gini udah cukup bagus? Di antara tulisan-tulisan indah lain yang penuh makna, rasanya tulisan ini sampah banget.

Minder?

Mungkin.

Tapi setelah dipikir lagi, kenapa juga harus berhenti nulis karena merasa kemampuan menulis lebih rendah dari orang lain. Toh sejak awal, jenis tulisan itu berbeda-beda. Cara penyampaian pesannya berbeda-beda. Sasaran pembacanya juga berbeda.

Sejak awal blog ini bukan blog yang diniatkan untuk berbagus-bagus (apa pula itu 'berbagus-bagus'? xD). Sejak awal, ini adalah blog pribadi. Menulis yang nggak sesuai diri sendiri rasanya justru kayak menipu diri sendiri.

Selain itu, sering bertambahnya usia, juga terpikir untuk mengubah gaya penulisan dari yang sangat gaul (pakai gue dan bahasa informal lainnya) menjadi sedikit lebih formal. Tapi lagi-lagi, rasanya itu justru menjadi pembatas diri untuk menulis 'sesukanya'. Menulis dengan banyak aturan dan batasan udah gue lakukan saat menulis cerpen dan novel. Kalau di sini juga harus banyak aturan untuk menulis, rasanya lelah.

Blog ini akan tetap dengan gaya bahasa yang seperti ini. Mungkin akan berubah sedikit formal kalau bahasannya juga menyangkut hal yang formal.

Hal yang jadi pertimbangan selanjutnya adalah, keraguan untuk berbagi yang belakangan ini terasa semakin kuat. Dulu, gue berbagi berbagai macam hal lewat tulisan tanpa mengkhawatirkan banyak hal. Sekarang, rasanya agak sulit untuk terbuka. Seringkali untuk menjaga privasi, sekaligus menjaga perasaan orang lain. Belakangan gue jadi banyak berpikir, apakah kalau gue nulis ini ada yang tersinggung? Atau jangan-jangan ada yang sakit hati. Pada akhirnya malah keseringan nggak nulis karena takut.

Tetapi balik lagi, menyenangkan semua orang adalah hal yang mustahil. Jadi kenapa gue harus takut? 

Karena itu gue memutuskan, ini adalah tulisan pertama gue untuk memulai kembali sesuatu yang telah lama gue tinggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar