Sabtu, 25 Maret 2017

My Brothers....

Agak ragu sebenernya nulis ini. Tapi ada beberapa kejadian yang rasanya sayang kalo nggak diabadikan dalam cerita.

Untuk memulai cerita ini, gue harus ngasih tau kalo...
ADEK GUE LAMARAAAANN!!

Oke, kepslok dan tanda seru di atas bukan berarti gue marah, kok. Seneng malah. Daripada adek gue kelamaan pacaran, kan. Mending cepet nikah sekalian. Hehe.

Nah, ini cerita pas mau ngelamar ke rumah calonnya. Gue berangkat dari Depok dan ke rumah adek gue yang pertama, Gasik, di Bambu Apus. Di sana, adek gue yang bungsu, Gatra, juga udah nunggu. Malam sebelumnya dia bela-belain balik dari Batam buat ikut lamaran Gasik.

Perlu gue kasih tau, Gatra ini berubah banget semenjak kerja. Dulu waktu masih sekolah--seperti gue pernah cerita di postingan-postingan sebelumnya--dia itu ngehe banget. Gue nggak tau definisi yang tepat dari 'ngehe' itu apa. Tapi pokoknya gitu, lah. Dia adalah tipikal makhluk yang sama sekali nggak cocok sama yang namanya sekolah. Bukan dalam artian anak bandel yang doyan cabut, baju berantakan, dan nakal ya. Tapi dia itu.... absurd.... Semacam makhluk yang punya dunia sendiri gitu. Bener-bener nggak nyambung, pengetahuan umumnya perlu dipertanyakan, dan rasanya nggak cocok sama manusia-manusia lainnya.

Duluuuu banget, pernah ngasih tau posisi rumah Pak RT karena dia perlu ngurus sesuatu. Gue memberikan info cukup jelas. "Tau lapangan belakang yang gede itu, kan? Deket kuburan. Nah itu terus aja, terus gang pertama belok kiri. Ketemu lapangan bulu tangkis, sampingnya itu rumah Pak RT."

Tau apa jawaban dia?

"Loh, itu bukannya rumahnya Bu RT?"

Menurut nganaaaaa? Sejak kapan Bu RT pisah rumah sama Pak RT!?

Begitulah kira-kira karakternya dia.

Tapi semenjak kerja dan bisa cari uang sendiri, dia berubah jadi lebih... apa ya? Intelek?

Yah, keliatannya gitu, sih.

Berhubung pekerjaannya itu animator, ke mana-mana pasti bawa tab. Kadang-kadang nunjukin cara gambar di tab-nya dan hasil animasi yang udah dia buat (yang emang keren banget, sih @_@, kok gue mendadak iri). Selera pakaiannya nggak berubah, tetep simple dan nggak mau pake baju yang ada motif atau tulisannya, pokoknya harus polos. Pilihan warnanya juga nggak jauh dari abu-abu, hitam, coklat tua. FYI, ini udah ada kemajuan daripada sebelumnya waktu pilihan warna bajunya cuma mau abu-abu polos. Udah gitu dia cuma punya satu kaos, dipake terus. Ganti-ganti sama seragam sekolah. Saking kasiannya, gue pikir dia emang nggak punya duit buat beli baju, jadi sesekali gue berniat beliin dia baju. Tapi begitu gue ajak nyari baju, menurut dia baju di tempat seluas Tamini Square nggak ada yang oke, jadi kami pulang dengan tangan kosong. Ih, gue keki kalo inget itu.

Dengan baju/kemeja simple, bawa tab, pake jam tangan, dan tubuh yang tinggi, dia bener-bener keliatan kayak young preneur gitu deh. Mana hampir tiap saudara yang udah lama nggak ketemu dia, bilang dia ganteng/cakep, pula. Beda jauh banget lah sama sebelumnya.

Adek gue yang satu lagi, Gasik, juga sebenernya nggak kalah intelek. Tapi mungkin karena kalah tinggi, jadi pesonanya agak tenggelem. (ini gue ngomong apa, sih?)

Ya gitu intermezzonya.

Kita akhirnya berangkat pake mobil temen Gasik, si Cahya. Kumpul di masjid At-Tin dulu untuk ketemu saudara-saudara yang lain sebelum berangkat ke tempat si calon.

Berhubung di dalem mobil belum pernah ada yang parkir mobil di At-Tin, akhirnya kami salah parkir. Jadi jauuuh banget jalannya. Gue sama Gatra jalan duluan di depan, dan begitu agak jauh, gue menyadari sesuatu.

"Tra, kuenya mana?" tanya gue ke Gatra yang emang tugas bawa kue.

Dia bengong sebentar sebelum bilang, "Kue? Oh iya!"

Akhirnya dia balik lagi ke mobil bareng Cahya.

Gue, Gasik dan yang lain jalan ke At-Tin sampe akhirnya ketemu saudara yang lain. Dan akhirnya menyadari kalo deket At-Tin ada parkiran mobil.

"Sik, Cahya suruh pindahin mobil ke sini aja. Kasian nanti yang lain baliknya jauh lagi ke mobil," kata gue.

Lalu Gasik pun balik ke tempat Cahya markir mobil. Kayaknya dia lupa sama teknologi terbaru bernama handphone.

Nggak lama begitu Gasik ke tempat mobilnya Cahya, Gatra pun dateng bawa kue.

Suasanya baik-baik saja sampe Gasik tiba-tiba nelpon gue.

"Mbak, di situ ada Gatra?" tanyanya.

"Iya ada. Kenapa?"

"KUNCI MOBILNYA CAHYA SAMA GATRAAA.... SURUH BALIK LAGIII...."

"Lah...."

Akhirnya dengan wajah bengong-bengong gagal paham, Gatra pun balik lagi ke parkiran mobil yang berada nun jauh di sana.

Setelah berbagai macam keributan, akhirnya kami semua pergi ke rumah si calon. Sebenernya karena kami bertiga belum pernah ada yang ikut prosesi beginian, jadi agak canggung gimana gitu. Apalagi Gasik yang emang mau ngelamar. Tegang banget lah dia.

Begitu dateng, kami disambut sama keluarga si calon dan dipersilakan masuk ke ruang tamu yang udah digelar kasur...eh, tiker...

Dan berhubung dua keluarga ini bener-bener ngundang rombongan sekampung, otomatis ruang tamu yang mungil itu nggak muat dan tampak sumpek. Tapi biar gimanapun juga, pihak keluarga inti tetep harus di dalem, jadi gue memendam keinginan dalam-dalam untuk nunggu di luar yang lebih sejuk.

Gasik duduk di pojok kiri ruangan, bareng sama bokap gue, sementara gue di belakangnya. Gatra tersingkir karena tempatnya nggak muat, akhirnya dia pun duduk di pojok kanan, deket pintu.

Begitu acara mulai dan masuk ke perkenalan, keluarga si calon memperkenalkan wali dan saudara-saudaranya.

"Saya perwakilan dari Bapak Solihin, lalu ini kakaknya, ini adiknya, bla-bla-bla..." bapak yang jadi juru bicara itu nunjukkin satu-satu orang di samping kiri dan kanannya berurutan.

Sampai kami semua sadar kalau Gatra ada di tengah-tengah mereka. Dan jubirnya tampaknya bingung kenapa bocah jangkung ini nyasar di tengah-tengah saudara-saudaranya. Tapi karena acara terlanjur mulai, akhirnya dia tetep duduk di situ sampe selesai.

Dan ternyata ada saudara gue yang potoin dia waktu salah posisi. Bahahahahak xDD Ada-ada aja bocah...

Gimanapun inteleknya dia sekarang, tampaknya dalemnya sama aja -___-

Juga omongan-omongannya yang nggak masuk akal macam, "mbak, bawa Sapi ke sini dooong... Kangeen..."

Yee... menurut ngana gampang? Kudu bawa-bawa toiletnya juga dongs...

Setelah semuanya selesai, malamnya gue memutuskan untuk nginep di Bambu Apus karena mau pulang juga udah kemaleman dan capek banget. Karena kasurnya cuma satu, jadi kasur gue kuasai dan dua adek gue tidur di samping kasur pake alas selimut tebel.

Gue nggak sadar tau-tau pules. Begitu bangun, gue ngeliat Gatra lagi siap-siap shalat dan Gasik udah balik tiduran lagi, kayaknya udah selesai shalat. Dah tumben-tumbenan ini bangunnya pada pagi-pagi banget.

"Loh, udah subuh?" kata gue sambil kucek-kucek mata. "Kok alarm aku nggak nyala, ya?" kata gue lagi sambil menatap HP gue yang anteng-anteng aja.

Abis itu gue ditabok sama Gasik. "Apaan yang nggak nyala!? Itu dari tadi alarmnya berisik banget, tau!"

Oh. Sepertinya tanpa sengaja gue juga yang bagunin ni bocah dua. Hahaha. Baguslah.

Kalo udah ngumpul lagi begini, serasa balik masa-masa sekolah. Hahaha. Sayang kakak gue belum pulang. Jadi bertigaan doang.

Dan karena jarang-jarang, waktu itu gue minta fotoin bertiga. Dan hasilnya...

Take 1 Gatra tutup mata
Take 2 Gatra nutupin mukanya
Take 3 Gasik ngelirik-lirik
 Kayaknya gue paham kenapa kami jarang poto bareng :v

Tapi akhirnya ada satu yang mayan cakep. Hehehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar