Minggu, 11 Desember 2016

The Genius

Baru saja selesai menamatkan TV series Korea "The Genius" season 1.


Gue bukan mau review soal acaranya, sih. Karena sayang banget kalau itu harus dispoiler. Wahahaha. KEREN BANGET abisnyaaaaa.... Dari yang tadinya cuma tahu dan suka sama Hong Jinho karena kejeniusannya, abis nonton ini jadi hampir suka semua. Because they really are geniuses. Yah, ada beberapa yang cuma masuk kategori 'pintar', sih. Tapi dibanding orang biasa emang mereka jauh di atas rata-rata.

Yang mau gue omongin masih berkaitan, sih. Tapi jelas bukan soal TV seriesnya. Lagipula, gue mau mencoba nulis sesuatu yang ringan-ringan di blog karena postingan gue akhir-akhir ini tampaknya cukup berat.

Setelah dipikir-pikir, dari duluuuuu banget gue emang selalu tertarik sama orang-orang yang punya kemampuan otak di atas rata-rata. Rasa tertariknya bukan ke arah 'sana' sih. Tapi pokoknya tertarik aja, gitu. Kayak temen SD gue dulu yang selalu langganan ranking 1 tanpa ada yang bisa mengganggu gugat. Bahkan gue yang masih SD pun sadar kalau kemampuannya dia sama yang ranking 2 itu lumayan jauh. Jadi kalau dia nggak mendadak sakit perut dan nggak bisa ikut ujian akhir, pasti dia tetep bertengger di peringkat satu.

Waktu kelas 6 SD juga gitu. Tapi ada dua orang yang selalu berebut ranking satu. Dan gue pun mengakui kalau kemampuan mereka emang setara. Lalu diam-diam gue pun mengagumi mereka berdua, yang kebetulan cowok dan cewek. Dan diam-diam gue memasangkan mereka dalam imajinasi gue.

Waktu SMP dan SMA, gue juga punya orang-orang tertentu yang jadi favorit karena kepintarannya. Dari film dan buku-buku juga gue selalu suka sama karakter yang jenius. Kalau karakter yang pinter aja mungkin kurang nampol untuk cerita fiksi. Yang jenius, itu baru sesuatuh!

Sejujurnya gue mau bikin peringkat sendiri karakter-karakter jenius yang gue suka. Tapi namanya pelupa, gue nggak bisa inget semua karakter buku atau film yang pernah gue baca dan gue tonton.

Sementara gue list aja dulu siapa-siapa aja karakternya deh.

Youichi Hiruma (Eyeshield 21)

Komandan dari neraka sebutannya. Ahli strategi tim American Football Devilbats yang jadi otak dari 99% pergerakan timnya (1%nya baru karena Sena :v). Betapa bahagianya gue menemukan ada karakter semacam dia di dunia animanga. Karakter dia terlalu kuat sampai menggeser karakter utama aslinya. Trik-triknya dia selalu bikin gue nggak habis pikir kenapa dia bisa kepikiran sejauh itu. Terutama waktu akhirnya Devilbats kalah sama tim NASA dan justru dapet keuntungan tiket pesawat gratis untuk latihan khusus di Amerika. Ckckck. Pokoknya gimana pun situasinya, bisa berbalik menguntungkan kalau ada Hiruma di baliknya :v

Light Yagami dan Lawliet (Death Note)

Pada dasarnya mereka sama jeniusnya. Makanya sampe berapa belas volume manganya, nggak ada yang bener-bener menang telak. Di filmnya pun, untuk menang dari Light, L harus ngorbanin nyawanya sendiri. Kalo ditanya suka siapa, ya jelas gue lebih suka L yang baik dan doyan makanan manis. Tapi gimanapun karakternya, gue tetep suka cara mereka berpikir untuk memecahkan masalah. Mereka berdua emang jenius sejati.

Newt (The Maze Runner)

Sebenarnya, kalau dalam kisah The Maze Runner sih, semuanya jenius. Secara mereka adalah orang-orang spesial yang dikumpulkan untuk dijadikan percobaan. Dan emang keliatan sih mereka semua pintar. Tapi menurut gue, Newt selangkah lebih jauh dibandingkan temen-temennya yang lain. (Apalagi dibanding Minho yang ngandelin otot :v). Bisa dibilang, dia otak utama dari koloni cowok-cowok yang terjebak dalam labirin itu.

Shikamaru Nara (Naruto)

Si pemalas dengan IQ 200. Tapi sayangnya orang-orang jarang yang sadar kalau dia itu jenius karena emang sikapnya yang males-malesan kalo disuruh apa-apa. Kejeniusan dia baru keliatan waktu ujian chunin dan waktu terpaksa bertarung sama musuh-musuhnya.Dan penampilan dia yang paling keren adalah waktu ngelawan salah satu anak buahnya Orochimaru.

Artemis Fowl (Artemis Fowl)

Kejeniusan dia agak sulit digambarkan. Karena awal-awal baca novelnya aja gue dudah ibikin pusing. Adegan yang paling wow buat gue mungkin waktu dia menyimpan semua rahasia peri dalam satu disk dan berhasil dapetin disk itu lagi meski ingatannya udah hilang. (Lupa detilnya gimana, tapi asli itu keren banget.) Ini semacam Light Yagami yang membuang deathnotenya sampe dia nggak dicurigain lagi, dan berhasil dapetin deathnote-nya balik meski semua ingatannya soal deathnote hilang.

Dr. Sheldon Lee Cooper (The Big Bang Theory)
Sejujurnya gue bingung mau masukin nama dia ke list karakter jenius yang gue suka apa nggak. Soalnya gue sendiri meragukan dia itu jenius apa nggak. Masalahnya, meski dia itu emang pintar keterlaluan, tapi hampir dari semua episode filmnya gue merasa kalau dia itu pintar teori doang. Makanya kalo pas ada masalah-masalah yang sepele, dia malah bikin jadi tambah ribet. Ya... tau sih emang TV seriesnya genre komedi. Dan justru di situ titik lucunya. Tapi akhirnya tetep gue masukin karena emang ada beberapa episode yang nunjukin kejeniusan dia, sih.

Gue nge-list nama-nama ini sambil liat referensi dari website-website lain. Dan gue nggak percaya dari segitu banyak website yang ngebahas karakter jenius dalam anime, NGGAK ADA SATU PUN YANG MASUKIN NAMA YOUNII (Youichi Hiruma) please!! Padahal kalaupun nanti gue bikin ini jadi urutan, dia akan selalu berada di peringkat pertama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar