Rabu, 30 Maret 2016

Am I Being Too Conservative or Technology is Going Too Fast?

Ceritanya gue abis beli HP baru karena HP gue yang sekarang udah tinggal menunggu ajal saja. Lalu, entah gimana akhirnya gue mulai memikirkan perkembangan teknologi secara lebih serius #tsaah

Gue kebetulan emang orang yang lumayan bisa ngerawat barang. Semua barang-barang yang gue beli, bisa awet sampai bertahun-tahun (terutama elektronik dan kecuali kalau gue beli barang pecah belah. Itupun bukan gue yang mecahin, tapi antara sapi ato sisil. Dan mereka jahat banget karena gak pernah mau ngaku)

"Salah sendiri naro gelas di atas meja...."
EMANG TEMPATNYA DI SITU!!!! KUCIIIINGGG!!!! #EMOSI



Semenjak punya laptop sendiri, gue cuma pernah ganti satu kali. Itupun baru beli akhir-akhir ini. Semenjak megang HP dari akhir SMP, gue udah pernah megang satu HP monochrome, tiga HP polychrome, dan dua smartphone termasuk yang gue pake sekarang.

Dan gak ada satupun dari barang-barang itu yang bener-bener rusak. Pada akhirnya gue harus ganti laptop/HP untuk mengikuti perkembangan teknologi. Buat gaya-gayaan? Ya ampun, sama sekali enggak kepikiran ke situ, deh.

Waktu ganti laptop pun, bukan karena laptop lama gue rusak. Laptop lama gue kondisinya masih super baik, tapi dia udah gak bisa lagi menerima OS yang baru. OS yang dulu gue pake itu Windows XP dan laptop gue sangat kompatibel dengan OS itu. Tapi pada akhirnya Windows XP sama sekali enggak bisa dipake lagi, dan gue terpaksa ganti OS ke Windows Seven. Yang terjadi adalah, laptop gue kehilangan kecepatannya. Gue pun terpaksa mengurangi software-software yang ada hingga tersisa software yang bener-bener penting doang. Hingga akhirnya, laptop gue kemasukan banyak virus karena waktu itu antivirusnya terpaksa gue non-aktifkan. Pas mau bersihin dari virus lagi, laptop gue bener-bener enggak bisa bergerak setelah diinstal anti-virus. Ya maklum, RAMnya masih 1GB (dan pada masa gue beli, kapasitas ini sudah sangat cukup).

Tapi meski udah separah itu, gue tetep gamau beli laptop baru. Lah laptop gak rusak masa beli baru?


Awalnya gue kira, masalah akan beres kalau gue tambah RAMnya. Toh slot RAM dalam laptop gue masih belum kepake. Setelah beli RAM, semua akan baik-baik saja. Seperti kata pepatah, setelah mendung pasti akan cerah juga.

NO.

Ternyata dunia teknologi tidak sedangkal pikiran gue. RAM yang dipake laptop gue adalah DDR2, dan pada jamannya, ini merupakan keluaran terbaru. Lalu sekarang semua laptop udah pake DDR3 dan gue kesulitan nyari RAM DDR2. Kalaupun ada, harganya dua kali lipat dari DDR3, dan itu mahal banget sumpah. Setelah gue merelakan duit gue dirampok pun, abang-abangnya bilang “Wah, ternyata yang DDR2 stoknya kosong, mbak.”

MASNYAAAA GIMANAA SIIIHHH! PEHAPEEEEEE!!!

Gue bahkan sempet pesen dan ninggalin nomor telepon kalo-kalo si masnya dapet DDR2 cabutan dari laptop bekas gitu. Dan sampai bulan terbelah di langit Amerika, telepon dari si mas-masnya tak kunjung datang.

Akhirnya karena kebutuhan pekerjaan yang mendesak, gue pun memutuskan untuk beli laptop baru. Iya, pake DDR3, dan entah sampai kapan DDR3 ini ada stoknya di pasaran, sebelum digantikan DDR4,5,6,7….sampai sejuta.

Sampe sekarang, laptop lama gue masih ada di rumah. Nganggur. Dan Cuma dipake buat nonton doang, karena layarnya lebih gede dari yang baru ini.

Masalah HP pun kejadiannya sama kayak laptop. Punya monochrome, tiba-tiba muncul polychrome dan monochrome tak lagi kompatibel untuk fitur-fitur tertentu. Lalu muncul HP yang mulai bisa akses internet. Dan gue gak mungkin gak punya karena saat itu tugas dll udah mulai dikumpul via email dsb. Gue bertahan dengan HP berakses internet ini cukup lama meski Blackberry dan Android mulai menjamur. Saat itu gue belum merasa perlu punya smartphone karena tugas-tugas masih lewat email dan FB. Lewat HP yang sekarang juga gue masih bisa akses ke sana lah….

Lalu gue jadi orang yang paling ketinggalan info karena temen-temen yang udah pake android mulai malas SMS orang satu persatu untuk ngasi info. Mereka memilih membuat grup BBM atau semacamnya untuk menyebar informasi hanya sekali untuk semua. Saat itu, gue hanya bergantung sama temen deket gue yang masih berbaik hati SMS gue kalau ada rapat penting atau apa.
Tapi pada akhirnya gue kesel juga karena cuma gue doang yang misinformasi. Sekali lagi, gue menyerah pada teknologi dan ganti HP jadi android juga.

HP android gue bertahan cukup lama sampai aplikasi whatsapp mulai bertingkah. TIAP BULAN MINTA UPDATE!! HIH!! Sama nasipnya seperti laptop lama gue, HP seken yang gue beli pun akhirnya menyerah. Kapasitas cuma 125 MB dipaksa nerima aplikasi yang tiap update makin berat aja sizenya :< Padahal waktu itu gue rajin banget bersihin chat di whatsapp. Bahkan sampai pada akhirnya untuk nerima SMS pun gak muat lagi. Gue akhirnya ganti HP setelah HP lama gue teriak-teriak “NO SPACE!! NO SPACE!! PLIS JANGAN SIKSA SAYA!!”

Karena emang gantinya juga dadakan, gue pun beli HP seken (lagi) yang ditawarin temen adek gue. HP gak terkenal yang kapasitas internalnya lumayan gede lah untuk nampung macem-macem. Saat itu gue cuma mikir, yang penting murah dan kapasitasnya gede, biar gak usah ganti-ganti lagi.
TERNYATAAAAAA, emang karena mereknya juga gak terpercaya, akhirnya baterenya soak dan harus direstart puluhan kali dalam sehari. Maunya ganti batere baru. TAPI KAGA ADA YANG JUAAAAALLLL!!!!

Barang-barang gue masih awet semua, tapi gue DIPAKSA beli barang baru oleh tangan-tangan tak terlihat bernama teknologi 


Gue udah install semua software yang gue butuhkan di laptop lama. Tapi gue terpaksa install yang baru di laptop baru. Mau install software yang sama pun, ternyata udah update versi terbaru. GAK SAMA! GAK TAU CARA MAKENYA! ENAKAN YANG LAMA! Hati gue teriak-teriak begitu. Dapet instalasi versi lama pun, EH TAUNYA GAK KOMPATIBEL SAMA OS YANG BARU.

SERBA SALAH, MEN!

HP jadul yang dulu bisa tahan 3-4 hari tanpa di-charge. Makin lama, makin sebentar. Sekarang tahan setengah hari aja udah untung :<

Dulu, kalau batere HP abis, bisa langsung cabut SIMcard dan pinjem HP temen di saat darurat. Sekarang, repot banget karena tiap SIMcard harus disinkronisasi sama HPnya. Belum lagi harus import data dari HP lama ke yang baru. Belum lagi install aplikasi macem-macem.

Gue beli buku sampe ngabisin setengah gaji gue tapi masih ngerasa itu sepadan. Ngabisin 1,6JT buat beli HP baru, RASANYA KAYAK DIRAMPOK!! 



People said technology means to make people more comfortable. Honestly, I’m not really comfortable with all of this….

Daripada bertukar email, gue lebih suka bertukar surat atau kartu pos lewat snail mail.

Daripada mendesign foto digital memakai aplikasi android, gue lebih suka cetak fotonya langsung dan buat scrapbook.

Daripada nyari HP dengan fitur kamera yang bagus, gue lebih suka bawa-bawa kamera gue ke mana-mana.

Daripada nyatet di notes HP, gue lebih suka tulis tangan di buku catatan kecil yang designnya lucu.

Daripada baca cerita di internet atau aplikasi lain, gue lebih suka megang dan baca buku.

Daripada main games di HP, gue lebih suka main puzzle atau bola bekel.

The real things feels so different and I love it

Mungkin pada dasarnya gue emang orang yang konservatif jadul dan sulit mengikuti perkembangan janin….eh jaman…. Tapi apa kalian enggak pernah berpikir kalau teknologi berkembang terlalu cepat?

Mungkin seharusnya gue pindah ke pedalaman Badui aja kali ya....

5 komentar:

  1. INI APAAAH? SUMVAH AYEE NGAKAK POOLLLLLL XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini cerita kegalauan seorang Nana yang mungkin lebih cocok tinggal di pedalaman....

      Hapus
  2. Antara kasian sama pengen ketawa, Na :)))

    Tapi emang bener sih, Na. Yaaaah... pada akhirnya, semua akan kembali pada zaman gak ada listrik, gak ada teknologi.

    Manusia akan kembali akrab dengan kuda, surat, kurir surat, *apa sih ki*
    *abaikan komen ngaco* :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya gituuuuu :D
      Kangen deh nungguin tukang pos nganterin surat :))

      Hapus
    2. Hm. Kalau tukang suratnya punya tampang oke, bisa jadi ntar yang ditunggu bukan cuma suratnya aja :)))

      Zaman sekarang kalo ada yang keren dikit, langsung jadi viral. Hahaha

      Hapus