Kamis, 03 Juli 2014

Beef Steak? Atau Opor Ayam?

Baru-baru ini gue ditraktir makan-makanan mahal sama editor. Katanya sebagai perayaan berakhirnya Indonesia Open 2014, dan atas kerja keras gue dan Laila (satu jurnalis yang ikut ngeliput Indonesia Open bareng gue). Jarang-jarang kan gue bisa makan mahal, hahahaha, apalagi steak. Asli, steak yang mahal dan kualitas restoran, bukan steak yang 20 ribuan yang biasa gue makan, hehehe.

Sebagai orang awam yang dateng ke restoran kelas atas, biasanya sih udik, nggak tau table manner dan blah blah blah. Tapi gue nggak dooong~ Gue expert! Berkat seri 'My Kitchen Rules' yang selalu gue pantengin senin-rabu di indopisyen :p Berkat acara masak yang digelar di Australia itu, gue nggak kagok pas pelayan nanya, "Steaknya mau yang mana? Sirloin apa tenderloin? Dengan lemak atau tidak? Kentangnya mashed atau chips? Sausnya apa?"

Dengan pedenya gue jawab dengan lancar, "Sirloin yang tanpa lemak, pakai mashed potato sama mushroom sauce."

Lalu mbaknya nanya lagi, "Tingkat kematangannya?"

"Well done, please." --> perhatian, ini gue ngomong 'well done'nya dengan logat Aussie dooong~ norak, sumpah.



Biarpun kata chef-chef berpengalaman di TV itu beef steak paling enak yang medium rare, bagi gue daging yang masih merah itu.....yuck.....dan mau medium rare kek, mau medium kek, tetep aja tengahnya masih merah/pink.

Tapi biarpun bisa jawab dengan baik, bukan berarti gue bisa makan dengan table manner yang baik. Sebagai muslim, nggak boleh dong makan pake tangan kiri. Jadi abis motong dagingnya, garpu di tangan kiri harus gue pindah ke kanan dulu sebelum bisa makan. Repot juga ternyata makan pake pisau dan garpu itu. Mana pas makan kentang berantakan ke mana-mana sampe jatuh ke meja pula. Terus, di piring ada potongan jagung rebus yang membuat gue bingung makannya gimana. Karena satu-satunya cara yang gue tau untuk makan jagung rebus adalah pake tangan, ya gue makannya pake tangan dong. Ternyata waktu nanya kakak gue di rumah, cara makan jagung begitu yang bener adalah, tusuk bagian tengah jagung yang agak lunak pake garpu, terus iris jagungnya pake garpu, terakhir makan deh dengan diserok pake garpu.

HALAH, REPOT.

Gimana kalo jagungnya susah di iris? Gimana kalo potongan jagungnya malah mencelat ke meja? Gimana kalo irisan jagungnya nggak menyatu dan berantakan? Gimana caranya makan irisan jagung yang berantakan pake garpu?

Table manner itu memang menyiksa diri sendiri. Udah tau cara makan yang gampang malah dibikin susah. Bikin tambah laper aja -____-

Lalu selesai makan, mulailah kebiasaan buruk gue, membandingkan makanan luar dengan makanan Indonesia. Setelah dibandingkan, gue jauh lebih suka opor ayam pake bawang goreng dibandingin steak sapi seharga ratusan ribu itu. Karena, rata-rata masakan barat itu dagingnya nggak di-marinate dulu (bahasa kitanya, diungkep). Iya sih, ngungkep ayam/daging itu butuh waktu lama. Tapi itulah cara masak daging yang paling standar di Asia. Kalo nggak diungkep, pasti rasa dagingnya ya macam steak yang gue makan itu. Hambar. Kekuatan rasa di steak itu cuma sausnya. Kalo nggak ada ya udah, bye-bye aja. Sementara hampir semua makanan Indonesia dagingnya berasa sampe ke dalem, jadi meski nggak pake saus macem-macem, udah enak.

Gila, gue nggak bisa masak yang macem-macem aja udah bisa ngomong banyak soal makanan, hahahaha. Bener-bener deh ini pengaruh MKR oke banget. Ilmunya banyak banget. Soal kapan mau dipraktekin, ya nanti-nanti ajalah ya.

Dari dulu sih gue emang doyan nonton acara masak. Ketularan emak kayaknya. Dulu acara favorit kita itu 'Gula-Gula' yang pembawa acaranya Bara Pattiradjawane. Abis dia kalo masak bener-bener santai dan menikmati banget. Mana hasil kue-kuenya bikin ngiler semua, hahaha.

Sekarang, MKR jadi acara favorit karena selain masakannya oke-oke, pesertanya lucu-lucu. Terutama yang season 4. Hampir semua peserta gue suka karena mereka lucu-lucu. Gue sampe nggak bisa nentuin siapa favorit gue.

Sam & Chris. Setelah dipikir-pikir, mungkin mereka favorit gue di MKR season 4. Sam itu tipe orang yang selalu senyum apa pun keadaannya sampe akhirnya dapet julukan 'Smiley Sam'. Sementara Chris mukanya selalu murung, bikin gue mikir kalo dia banyak masalah, padahal mukanya emang begitu. Chris ini ternyata banyak juga fans-nya sampe kalo pas dia lagi ngomong banyak dalam satu episode, cewek-cewek pada histeris di twitter xD (iyah, biasanya dia jarang ngomong, tapi sekalinya ngomong dalem banget). Yang bikin gue paling ngakak adalah adegan saat Ashlee & Sophia (peserta paling suombong sejagad raya) ngomong "Any way that we can't win this cook off is when the kitchen headquarters burns down." Lalu waktu masak, Chris bales dengan satu kalimat menyakitkan dan menyayat hati "I can smell the kitchen headquarters burning down," dengan muka lempeng.

Luke & Scott. Dua cowok personal trainer yang terobsesi dengan makanan sehat. Makanan yang mereka bikin hampir nggak ada yang pake daging berlemak kecuali terpaksa dan selalu mengandalkan bahan-bahan tanpa kalori. Ajaibnya, mereka selalu bisa bikin rasanya jadi enak. Dan mereka adalah peserta yang terlalu baik dan nggak pernah punya masalah sama peserta lain. Bahkan saat dikasih makanan yang ancur untuk dicicipin sementara yang lain dapet bagian yang bagus pun, mereka nggak sakit hati.
Josh & Andi. Suami-istri super kompak. Mr. Recipe & Mrs. Innovative. Pasangan golongan A&B yang akur (padahal kita tau itu hampir mustahil, hahaha). Waktu Josh bingung sama masakan yang dia bikin nggak sesuai hasilnya sama resep yang ada di kepalanya, Andi yang memperbaiki hasil masakan mereka pake kreasinya (gue takjub mereka bisa bikin cake tanpa gula-karena gulanya ilang dan nggak ketemu-dan hasilnya tetep enak). Sementara waktu Andi yang bingung, Josh bisa nyelametin dengan mikir trik dari resep-resep yang dia tau. Lucunya, pasangan ini tereliminasi cuma gara-gara Andi nggak konsen waktu masak. Sampe akhirnya Josh bilang kalo dia lagi hamil. Awwww~ how cute. Kata Josh, "We're not losing, we just decided to leaving."
Dan & Steph. Pemenang MKR season 4!! Hurray!! I really think they deserved it. Mereka adalah peserta yang selalu dapet nilai rendah di awal-awal kompetisi dan paling keliatan perkembangannya sampe akhir. Yang gue suka dari mereka adalah..... mereka selalu dapet nilai terbaik pas masak makanan INDONESIA! Nasi goreng, ikan bumbu bali, babi guling, dll. Pasangan ini juga paling adem diliat. Nggak pernah berantem dan saling percaya satu sama lain :)
Jake & Elle. Ade-kakak paling kocak yang ada di MKR. Selama masak mereka selaluuuu berantem. Dan berantemnya kocak. Elle: "Jake, you can't do that! Do this first!" Jake: "Yes. Mom...." Elle: "I'm not your mom, Jake! Shut up!". Ngeliat adegan berantem mereka memang hiburan tersendiri. Meski berantem mulu, mereka akrab kok. Awalnya, gue kira gue nggak akan suka sama Jake, soalnya ni bocah suombooong dan belagu banget, rambutnya juga melintir nggak jelas dan agak geli. Tapi gue malah jadi suka banget sama doi karna ternyata dia kocak dan geblek. Suatu kali, satu tim dikasih tantangan, yang bisa masak cuma satu orang dan yang satu cuma bisa kasih perintah. Jake dapet kesempatan untuk masak sendiri dan Elle tinggal perintah-perintah. Tapi Jake malah bilang, "Sssst...ssstt....It's Jake kitchen..." dengan gaya kocaknya. Lalu, Elle cuma bisa bengong.
Kerrie & Craig. Emak-bapaknya peserta-peserta lain yang ikut MKR. Mereka baiiiik banget. Bahkan pernah ngasih adonan pasta untuk Josh yang lagi sial karena adonan pastanya nggak jadi-jadi. Sayang mereka malah ada di posisi nggak aman dan Josh & Andi malah aman. Josh sampe nangis nggak mau di posisi aman sementara Kerrie & Craig nggak. Tapi emak-bapak ini menenangkan Josh dan bilang kalo mereka nggak apa-apa.

Mick & Matt. Bapak dan anak yang lucuuuuuu~ Sejujurnya gue suka tim ini cuma karena Matt manis banget :p Tapi mereka emang jago masaknya. Mick jago bikin main course sementara Matt jago banget bikin dessert yang bikin ngiler semua yang nonton.

JENNA & JOANNA!! THE DESSERT QUEEN! Image mereka emang dessert, sweets, and pink! Dua cewek-cewek yang jago masak! Joanna nguasain main course, sementara Jenna nguasain dessert. Jenna emang cengeng dan nangis terus kalo apa yang dia rencanain nggak sesuai sama hasilnya. Tapi gue nggak bisa sebel sama Jenna, karena dia percaya dirinya rendah banget, padahal punya kemampuan. Untung Joanna selalu ngasih semangat ke dia sampe akhirnya mereka bisa melangkah jauh di kompetisi ini.

Jenna, you're sooo cute xD


Sebenernya masih ada beberapa peserta lagi, tapi gempor juga kan kalo gue masukin semuanya, hahahaha. Gue juga berharap ada peserta berdarah Asia yang ikutan MKR dan menang, karena masakan Asia itu emang yang paling enak (biasssss!). Sayang, peserta berdarah Asia yang ada di MKR season 4 ini bener-bener pain in the ass. Suombongnya pol-polan, tukang cari musuh, dan tukang berantem.
Ya...walaupun emang jago, sih.....

Ashlee & Sophia. Cewek-cewek keturunan Vietnam dan Kamboja. Kalo mereka kagak belagu dan sombong, gue bakal dukung mereka deh. Sayang mereka cari musuh mulu kerjaannya. Untung akhirnya mereka dikalahin sama peserta yang mereka remehin banget, aka SAM & CHRIS! Nari hula-hula beneran gue waktu mereka kalah xD Terus mereka kalah lagi di kesempatan kedua, di comeback kitchen, sama musuh abadi mereka, dua emak-emak berdarah Italia, Angela & Melina. Dua tim ini beneran pernah berantem di meja makan gara-gara Ashlee & Sophia ketawa ngeremehin waktu Melina lagi ngomong. Sinting!
Intinya, gue jatuh cinta banget sama MKR season 4 ini sampe akhirnya donlot 46 episotnya. Banyak kejadian-kejadian lucu, menyebalkan, mengharukan, sesuatu yang bikin aaaawww so sweeeet, dan lain-lain. Nonton videonya berkali-kali juga gue nggak bosen, abis banyakan kocaknya sih x'D

Sekarang gue juga ngikutin season 5 yang masih tayang di tipi. Walaupun gue udah kespoiler siapa yang menang gara-gara gue nggak sengaja buka webnya, tapi gue masih dukung dua tim.

Uel & Shanelle. Akhirnya ada juga orang Asia yang masuk MKR lagi. Dan kali ini orangnya baik-baik, hahahaha. Apalagi Uel berdarah Indonesia dan Shanelle Singapura. Awalnya sih mereka lebih suka masak makanan barat, tapi kayaknya akhir-akhir ini mereka sadar kalo mereka lebih jago bikin masakan asia (yaeyalah).
Carly & Tresne. Cewek-cewek yang terlalu baik. Mirip Luke & Scott, tapi jauh lebih baiiik. Saking baiknya, jadi kocak. Terutama Carly. Dia nggak suka mengkritik masakan tim lain karna kata emaknya nggak baik ngomong yang jelek-jelek soal orang lain. Jadi sebelum ngritik, dia minta maaf dulu ama emaknya, terus nutup muka pake dua tangan karena takut udah ngelanggar nasehat emak. Ada tim lain yang dapet nilai jelek? Ini anak ikutan nangis dooong..... Ampe Pete & Manu, dua juri di MKR, bilang kalo mereka baru kali ini nemu manusia macam Carly.
Ini bahasannya malah banyakan tentang MKR daripada yang gue tulis di judul, hahaha. Tapi bener deh, ini acara seru banget! Yang dirumahnya punya channel DIVA Universal, coba ditonton dulu tiap senin-rabu jam 17.00 atau 22.00 :)

5 komentar:

  1. Lo jadi ketagihan nonton acara masak-masak gini ya, Na... -_-
    Jadi inget pas lo nonton Mastechef Indo (dengan segala drama yang ada) heboh aja di tuiter...
    Ya, boleh lah, kalo lo mau eksperimen masakan, gue ntar jadi testernya (dengan catatan eksperimen masakan yang layak dimakan, wakakka)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya yang ini orang-orangnya lucu bangeeeet~
      Dramanya nggak selebay masterchef, tapi beneran entertaining. Berasa kayak nonton film seri karna karakternya ter-develop dengan baik xD Bahkan sampe gatel pengen bikin fanficnya.

      Males ah......mending buat gue...

      Hapus
  2. Coba Nana dibagi ya donlotannya. Mau nonton nih jadinya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siniiiii~ gue racunin!! xD
      Biar lo mau belajar masak juga :p

      Hapus