Kamis, 03 Mei 2012

Tipe-tipe menawar barang

Gue ini aslinya bukan orang yang suka menganalisis atau memperhatikan sesuatu secara detail. Hidup gue berjalan biasa-biasa saja tanpa perlu memikirkan hal yang menurut gue enggak penting. Bahkan kalau gue lagi fokus untuk jalan lurus untuk nyari bis pulang dari kampus, gue sampe enggak sadar kalau orang-orang di sekitar situ lagi heboh ngeliatin bajaj yang terbalik di samping gue (kisah nyata). Atau malah, kadang sasaran analisis gue suka salah, malahan terkesan apa banget saking enggak pentingnya, seperti yang mau gue tulis hari ini.

Tipe-tipe menawar barang!

Setelah gue banyak memperhatikan cara orang menawar barang, gue jadi tau beberapa cara jitu untuk menawar barang, meskipun yah... enggak semudah itu dipraktekin juga sih.

Berhubung Indonesia itu negara yang menganut sistem 'memanfaatkan kesempatan', menawar adalah kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang di Indonesia. Untuk yang otaknya agak lemot dan enggak ngerti apa hubungannya 'memanfaatkan kesempatan' sama 'nawar barang' segera merapat, sini gue jelasin.

Memanfaatkan kesempatan itu maksudnya melihat peluang emas dan digunakan untuk merauk untung sebanyak-banyaknya.

Gimana? udah liat hubungannya?

Bagi yang merasa belum nyambung, sini gue jelaskan dengan contoh.

Abang-abang di depan rumah jual ketoprak paling mahal Rp 7000,- tapi di sekitar taman mini harganya bisa melonjak sampai Rp 10000-15000. Kalau di deket event besar yang harga makanan dalam event itu super duper mahal, kemungkinan harganya bisa melonjak sampai Rp.25.000.

Udah ngerti hubungannya?

Kalau belum, mari yuk belajar membaca...

INI. IBU. BUDI.
INI. BAPAK. BUDI.

Mari kembali ke topik, tentunya dengan harga yang berubah seenak udel pedagang menurut situasi dan kondisi, seseorang harus pintar menawar. 

Berikut adalah tipe-tipe menawar yang gue tau:

1. Tanya harga dan bandingin harga dengan toko/tempat lain
Ini yang paling sering digunakan oleh ibu-ibu kalau lagi nawar di pasar. Biasanya sih ngomongnya diketus-ketusin, mungkin supaya penjual merasa tidak berdaya untuk adu bacot dengan si ibu. 
Sebenarnya tipe kayak gini masih bisa dibagi lagi, antara penawar yang benar-benar tahu harga dan main tembak, alias bohong. Kalau yang tahu harga, biasanya nawarnya masih dalam batas wajar, setengah harga yang disebutkan penjual ditambah sedikit. Yang bohong? gini nih...

"Bang, ini tas berapaan?"

"150 ribu aja buat ibu, mah..."

"Mahal amat?! Perasaan di tempat laen cuma 40 rebu!"

Penjual bengong, "Wah, dimana tuh bu? Boleh minta alamatnya? Saya beli stok disana aja deh besok-besok." 

2. Tipe poker face 
Tipe ini menurut gue tipe tukang tawar yang paling enggak bisa dihadapin sama penjual. Enggak keliatan mau beli apa enggak, mau beli nawarnya amit-amit, kalo enggak dikasih pasti langsung ngeloyor tanpa ngomong apa-apa. Singkatnya, enggak mempan bujukan. Biasanya tipe kayak gini enggak pake basa basi nanya harga segala, dia langsung tembak harga yang dia mau. Dan biasanya (entah kenapa) tipe kayak gini yang paling sering dapet apa yang dia tawar tanpa perlu waktu lama.

"Bang, ini singlet 5 ribu ya." (Perhatian, ini bukan kalimat pertanyaan, melainkan paksaan)

"Wah belum dapet, mbak...naik dikit lah."

"5 ribu. Beli 2."

"Dua, lima belas aja deeh..."

Si mbak-mbak poker face ngeloyor pergi setelah melihat singlet yang ia pegang sambil pasang mimik enggak butuh.

"Mbak, tiga belas aja deh mbak! Oooi, biar jadi mbak.... dua belas deh! Duh, iya deh mbak, mbak, sini!"

Cerita pun berakhir bahagia dengan 2 singlet di genggaman seharga sepuluh ribu rupiah saja.

3. Tipe melas
Ini sebenernya tipe yang jarang ada. Mungkin ada beberapa orang yang memang diberkahi untuk bisa menerapkan cara ini. Biasanya sih yang berhasil itu cewek-cewek ABG yang masih cling. Kalo penjual di melasin sama makhluk-makhluk begini, ya takluk juga. Sayangnya kalo orang yang enggak tepat tapi maksain diri untuk nerapin cara ini, hasilnya malah sebaliknya. Si penjual malah menganggap kalau itu orang bener-bener mau beli barang dagangannya dia, jadi dia bakal kekeuh untuk enggak nurunin harga, soalnya si penjual yakin kalo orang ini pergi, pasti bakal balik lagi saking pengennya. Buat yang punya muka pas-pasan mending enggak usah pake cara ini.

4. Tipe sok kenal/akrab
Tipe ini kadang ada yang jujur ada yang bohong juga. Kalo yang jujur biasanya harganya enggak terlalu jauh dari harga yang ditawarkan si penjual. Misalnya saja si penawar bilang kalau kemarin ibunya beli di toko itu juga, tapi harganya enggak semahal itu. Terus, dia dititipin beli lagi sama ibunya, jadi dikasih uang pas. Kalau yang begini sih pasti dikasih sama abangnya. Yang bohong?

Dari empat tipe di atas, gue sama sekali enggak diberkahi satupun kemampuan kayak gitu. Gue ini payah banget soal meraba-raba harga normal sama berpura-pura terlihat enggak butuh padahal gue pengen banget. Sekalinya gue nawar, pasti langsung dikasih, itu artinya harga normalnya masih jauh dari harga yang gue tawar. Dem. 

Kalian termasuk tipe yang mana? Kalo gue sih maunya jadi tipe yang kedua, tapi sayang gue ini orang yang terlalu ekspresif, jadi susaaah D:

Atau mungkin ada tipe selain yang gue sebutin? Tell me! :D

pic taken from : nyunyu.com (kebetulan nyari dari gugel dan pas banget, meski yang tipe poker face enggak ada, hehe)
Kalo soal tulisannya sih gue mikir sendiri, sori gue bukan tukang plagiat.

5 komentar:

  1. Jadi inget pas kemaren di konsernya laruku.

    Temen mau beli pulpy orange, ternyata harganya 20rb. Saya hanya berkomentar "Kelewatan" (maklum juga sih, soalnya kan di event konser)

    Trus pas jalan, ada stand penjual nasi goreng. Si ibu penjualnya nawarin nasi goreng, "Nasi goreng nasi goreng. 50rb aja".
    Nah, saya yang kebetulan lewat stand itu, langsung reflek bilang, 'Begh, mahal bener. Mau naik haji kali yah."
    Eh, kyanya si ibu denger komentar saya. Si ibunya langsung bilang, "Nasi gorengnya 10rb 10rb." ---> Harganya langsung turun drastis, hahahha

    BalasHapus
  2. nasi goreng 50 rebuu? Di restoran kelas atas aje harganya lebih murah dari itu =_=

    Tapi baguslah sindirannya berhasil, kalo tetep bebel & pura2 budeg tu baru keterlaluan, haha :3

    BalasHapus
  3. kreatif na dan kocak! lo bisa aja dah, emg bawaan goldar B kali ya.. maunya yg beda2 dan di luar imajinasi orang lain..

    gw termasuk yg mana yak.. umm.. kayaknya semua pernah gw coba, wkwkwkk

    BalasHapus
  4. latihan jadi penulis, harus banyak explor, ahahaha :3

    ah iya, lo jago nawar ya mi, gak kayak gue.... huhuhuhu :/

    BalasHapus
  5. Coba keberuntungan kamu bersama TikusPoker dengan win rate 82% dijamin player vs player.
    Game yang tersedia Aduq,BandarQ,Capsa Susun, Domino, Bandar Sakong, Poker, Bandarpoker
    Bonus turnover 0,5%, Bonus Referal 15% (Seumur Hidup)
    Info lebih lanjut PIN BBM: D8D6FCFC
    WA : +855-972-815-419 LINE : TIKUSPOKER

    BalasHapus