Rabu, 18 Mei 2011

My very-random-life

Gue kembalii... huahahahaha~
Iih, akhir-akhir ini gue rajin banget nulis blog :3

Sebelumnya, gue lagi enggak mood posting sesuatu tentang skripsi. Biarkan dia berjalan semaunya. Siapa tau tiba-tiba gue nemu buku referensi yang 'tepat' dan langsung ngebut ngerjainnya. Meski dengan kalimat barusan gue telah menjelaskan secara harfiah kalo skripsi gue mandeg dan sampe sekarang belun nemu buku acuan sih...

Nah, karena satu dan lain hal, gue terdesak masalah keuangan. Ini sama sekali nggak ada hubungannya sama skripsi. Karena keadaan yang sangat terdesak itu, gue memutuskan untuk cari objekan ngajar lagi. Tapi karna objekan privat Bahasa Jepang tampaknya lagi sepi peminat, gue pun iseng-iseng aja ikut temen gue daftar di bimbel. Kebetulan dua bimbel yang kita datengin emang lagi butuh banget pengajar (masa-masa UAN & SNM-PTN). Jadi, tanpa banyak cing-cong, kita berdua langsung ditelpon besoknya untuk tesnya. Gue masuk di bimbel 1 dan temen gue masuk di bimbel 2. Temen gue nggak bisa ngangkat telpon waktu bimbel 1 telpon dia, dan dia keburu diterima di bimbel 2. Sedangkan gue, keburu penuh jadwal di bimbel 1, akhirnya gue gak dateng tes bimbel 2. Sejak saat itu, kita berdua meniti dua jalan yang berbeda....



Kakak bagian manajemen di bimbel 1 ngeh nya gue daftar untuk jadi tentor English aja, padahalgue bilang gue mau English & MTK. Akhirnya, gue dipersilahkan ngajar MTK tanpa tes terlebih dahulu. Aheeyy!

Kenapa gue ngambil MTK juga?
jawabannya simpel, gue suka matematika.
Kenapa gue justru ngambil English yang udah jelas2 gak suka?
Simpel, karena gue PD gue bisa.

Dan karena dari kedua pelajaran itu enggak ada yang bener2, "Gue PD gue bisa dan gue suka" maka gue ambil aja dua2nya. (calon murid mulai menjauh perlahan)

Untunglah selama ngajar 3 minggu ini semuanya lancar-lancar aja. Meski perlu gue katakan dengan jujur kalo gue terpaksa belajar Matematika SMA dari awal karena gue udah 4 tahun enggak nyentuh materinya lagi. Akhirnya gue menyanggupi ngajar persiapan SNM-PTN, tapi untuk SIMAK-UI gue tolak... karena tinggkatan soal Matematikanya bukan untuk pelajar pecinta Matematika tapi berakhir di jurusan Bahasa Jepang, kayak gue.

Untuk ngajar English gue rasa enggak ada masalah. Untungnya insting gue soal grammar ternyata enggak parah-parah amat. Yah, seenggaknya dengan jadi tentor English, gue sekalian latihan untuk TOEFL akhir semester nanti.

Untuk saat ini, baru pengalaman 'suka' aja sih yang gue rasain. Kayak waktu bocah-bocah itu kaget pas gue ngajar dua subjek yang sama sekali enggak berhubungan. Matematika sama English gitu... yang wajar itu Fisika sama Matematika, ato Bahasa Indonesia sama English. Masih nyambung deh...  Bahkan Biologi sama Matematika masih lebih nyambung daripada dua subjek yang gue ambil.

Yang lebih kacau, muka mereka tambah bengong waktu gue bilang gue dari jurusan Bahasa Jepang. Tampaknya seluruh hidup gue, gue jalani dengan amat random.

Tadinya, gue ngajar bimbel hanya untuk memenuhi kebutuhan gue sehari-hari yang kini sangat mendesak (sekarang masih itu sih tujuannya). Tapi sedikitnya, gue juga belajar banyak dari tempat bimbel ini. Selain belajar bersosialisasi, gue juga belajar ngatur bocah (kadang jadi babysitter juga kalo pas ngajar anak SD). Dan gue bilangin aja, ngajar les itu jauuuhhh lebih menyenangkan daripada ngajar di kelas formal SD/SMP/SMA. Satu perbedaan yang paling mencolok dari dua perbandingan itu adalah, kalo di kelas formal, kebanyakan anak tidak merasa perlu untuk belajar. Sedangkan di tempat les paling enggak 50% bocah merasa butuh untuk belajar (jumlah itu sudah lebih dari cukup untuk membuat suasana belajar jadi kondusif).

Asal anak-anak nya asik, belajar juga pasti asik kok.

Eh iya, gue kayaknya mau mengundurkan diri jadi tentor matematika selesai program SNM-PTN ini. Gue sadar, seserius apapun gue belajar, gue belum tentu bisa ngejar ketinggalan gue di materi tertentu (terutama logaritma). Percuma juga kan gue bisa semua materi kalo yang satu itu nggak bisa... Nanti gue kicep pas ditanya, gimana?

Seperti biasa, selesai dengan tidak elegan...
pic taken from google

15 komentar:

  1. Keren! Lo bisa ngajar Matematika? *_* Gw kayaknya butuh temen belajar bareng kalau2 nanti gw bener jadi daftar S2. Gw ngeles sm lo aja kali ya.. Hehe.

    Hebat Na, beranekaragam bgt hidup lo. Ga banyak org yg bs kayak lo, random lo menghasilkan sesuatu! That's the point. Ajegile, bahasa Inggris aja kalo disuruh ngajar anak SMA gw ga pede, apalagi Matematikaaa (masih shock). Dan mengajar les/kursus memang asik! Semangat Bu Guru Nana~ :D

    BalasHapus
  2. Et, lo mau ngambil s2 jurusan apa mi? Apa hubungannya sama gw? :/
    Kalo matematika kan gue ngajarnya mtk dasar bwt snm-ptn. Kalo gue dikasih ngajar mtk ipa, bisa mati keriting @_@
    sebenernya bukan murni keinginan gw sih, cuma karna faktor terpaksa. Tapi gw bersyukur sekarang udah mulai bisa nikmatin :3 Eigo SMA gak terlalu susah kok... Gak separah tes toefl yg jelas, hehehe :>

    BalasHapus
  3. gw pengen ambil S2 antrop! >,< tp mau jurusan apapun pas ujian pasti ada matematikanya.. =_= suugaku wa atashi no nigate desu!

    bagus kalo lo bisa nikmati semua yg ada.. sore wa ii koto desho~ :D sebetulnya kita bukannya ga bisa ya, tapi ga pede... umm...

    BalasHapus
  4. eehh.. emangnya kalo ngambil S2 ujiannya tetep matematika SMA gt? gue nggak tau~ tapi kalo masih mtk sma sih, insyaallah bisa mi :)
    matematika itu asik lo~ apalagi kalo udah nemu jawabannya lol

    rata2 sih gitu.. kalo gue... hemm... mungkin terlalu nekat. Tapi kalo udah di depan mata, ya mau nggak mau harus dijalanin, kan? hehe

    BalasHapus
  5. bener2 ndak nyambung~ mtk,bhs.inggris,tapi kuliahnya di bhs.jepang~ XDD
    tapi justru disitulah serunya... hehe

    BalasHapus
  6. iya... cukup seru liatin reaksi para bocah XD tapi soal pelajarannya.. euhh.. enggak bisa dibilang seru kok, lans.

    BalasHapus
  7. kayaknya pada nikmatin ya jd guru les...jd pengen, wkwkw dulu cuma pernah ngajar privat doang

    BalasHapus
  8. enaknya jadi guru les, anaknya paling cuma beberapa XD kalo ngajar di sekolah kebanyakan. Tapi privat juga enak kok :3 asal ga dapet anak yang bebel2 amat aja ohohoho

    BalasHapus
  9. wahaha jd pgn cepet2 balik ke indonesia...eh iya yak les bhs jpn skrg rada sepi? yg laku apa, korea?

    BalasHapus
  10. heeh~ korea laku banget tuh setz, balik2 lo langsung ngajar korea, dijamin banyak objekan, ohohoho. entahlah... gue juga bingung kenapa akhir2 ini sepi... padahal dulu masih banyak yang antusias :(

    BalasHapus
  11. kayanya sejalan ama trend musik di kalangan ababil deh...haha iya gw ambil sertifikat topik (kayak noryoku-nya korea) ah, mayan nanti bs ngobyek

    BalasHapus
  12. hemmm... kalo dipikir-pikir iya juga sih... terus, apa gue harus berharap biar lagu2 jepang ngetop lagi di kalangan ababil? :/ ahh~ asik nih setsu jadi bisa banyak bahasaaaa #ngiriberat

    BalasHapus
  13. iya nih setsuko enak bgt bisa banyak banget bahasa.. >,< aku iriii~ aku ingin belajar bahasa lain juga nih.. ikut bokap ke Oman aja apa yah, jd guru di sana trus gw belajar bahasa Arab! fufufu~

    BalasHapus
  14. iieeeeeee zenzen...
    skrg gw malah jadi setengah2...
    bhs jepang makin nurun, bhs korea juga ga naek2 huaaa

    BalasHapus
  15. aku ingin belajar bahasa belandaaaaa.... tapi gaapa setsu... bahasa itu, asal udah bisa ngomong, cukup :3

    BalasHapus